10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Dijamin Work, Begini Cara Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Cara mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate kadang susah – susah gampang. Bila Anda sudah bosan menganggur dan ingin dapatkan pekerjaan yang diinginkan, wajib dilakukan secepatnya. Meskipun pada kenyataannya mencari pekerjaan sekarang ini tampak sulit, sebab setiap tahunnya selalu ada persaingan dalam dunia kerja.

Bisa saja dari orang yang baru lulus kuliah atau sekolah (fresh graduate) dan orang yang sudah berpengalaman di bidang pekerjaan. Oleh sebab itu, mungkin Anda bisa buat strategi yang matang supaya proses lamaran pekerjaan dapat diterima.

Kadang, proses mencari pekerjaan ini bisa membuat Anda stress dan pusing karena tidak segera mendapatkannya. Ditambah lagi, ada banyak saingan yang membuat Anda tidak langsung terpilih sebagai kandidat, tentu akan menguras tenaga dan pikiran.

Tips dan Cara Mendapatkan Pekerjaan Bisa Segera Diterapkan

Untuk Anda yang sudah bosan menganggur, dan ingin dapatkan pekerjaan, ada beberapa tips yang wajib dilakukan supaya dalam waktu cepat bisa bekerja. Setelah Anda mengetahui cara untuk mendapatkan pekerjaan di bawah ini, tidak perlu ragu untuk segera menerapkannya secara langsung.

  1. Cari bidang pekerjaan sesuai dengan skill Anda

Supaya bisa dapatkan pekerjaan, ada faktor penentu dan paling penting mesti Anda perhatikan. Perusahaan jelas membutuhkan karyawan yang sudah mengerti dalam bidangnya, bukan mereka yang sekedar ingin coba – coba.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan pekerjaan untuk seorang fresh graduate yang hanya paham ilmu, namun masih minim penerapannya? Tentu saja hal tersebut dapat dilatih, sebab Anda sudah memilih dasar keilmuannya. 

Yang kadang menjadi masalah ialah bila Anda seorang lulusan hukum, kemudian memilih untuk masuk kerja dalam bidang perkebunan di lapangan.

Jelas saja kedua bidang tersebut tidak ada hubungannya, tetapi lain halnya bila Anda sudah memiliki pengalaman dalam bidang perkebunan sebelumnya. 

Meskipun Anda berasal dari jurusan keilmuan yang tidak sesuai, namun tidak menutup kemungkinan pengalaman dan keahlian Anda dapat menjadi modal untuk pihak perusahaan mempertimbangkannya kembali.

  1. Perbanyak teman dan relasi

Cara mendapatkan pekerjaan berikutnya dapat mendukung Anda memperolehnya lebih cepat. Seperti contoh ada perusahaan yang tengah membuka lowongan pekerjaan, mungkin Anda bisa langsung dapatkan informasi tersebut dari teman maupun relasi yang ada di dalamnya. Jadinya, Anda hanya perlu persiapkan diri menjadi lebih baik dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Di sisi lainnya, mungkin saja ada atasan dari relasi Anda yang sedang membutuhkan seorang karyawan di posisi baru. Lalu, teman Anda akan merekomendasikan sehingga akan mempermudah Anda melalui tahapan penyaringan sebagai kandidat resmi perusahaan.

Dengan cara tersebut, Anda sudah bisa melihat bagaimana peran relasi yang luas ini dapat memberikan kesempatan bekerja yang lebih baik lagi. Anda bisa perbanyak relasi dan tetap menjaga hubungan baik bersama dengan teman agar dapat informasi cara mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

  1. Wajib tingkatkan skill dan kemampuan diri

Dalam dunia kerja, Anda butuh skill atau kemampuan yang terdiri dari soft skill dan juga hard skill. Untuk soft skill ini seperti halnya mampu bekerja dalam tim, kemampuan beradaptasi, berbicara, memanajemen orang lain. Sementara untuk hard skill ini sesuai dengan bidang keilmuan Anda, di antaranya bisa keahlian berkomunikasi bahasa asing, teknologi dan lainnya.

Sangat penting bagi Anda untuk mengembangkan kedua jenis kemampuan tersebut. Cara mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih mudah ialah dengan memperbanyak keahlian dan akan dipertimbangkan oleh perusahaan saat Anda melamar.

Bila Anda mempunyai perjalanan studi terbaik namun tidak ada skill apapun, jelas saja akan kalah dengan kandidat lainnya yang lebih berpengalaman dan skill luar biasa. Anda bisa langsung tingkatkan skill dengan mengikuti sejumlah pelatihan dan juga workshop.

  1. Ikut serta dalam job fair

Job fair masih menjadi salah satu cara mendapatkan pekerjaan yang digemari hingga saat ini. Ketika ikut serta dalam job fair, pastikan Anda memperhatikan seluruh persyaratan dengan detail, mulai dari pakaian yang digunakan hingga penulisan resume.

Keuntungan dari job fair dibandingkan dengan cara mencari kerja yang lainnya, yakni jobseeker bisa langsung bertemu dengan HRD perusahaan. Namun, jelas saja dibutuhkan pengorbanan saat mengikuti job fair, seperti keluar biaya untuk transportasi, printing dokumen dan lainnya.

Cara mendapatkan pekerjaan di atas bisa segera Anda lakukan dan terapkan sekarang juga demi meraih impian bekerja dengan bidang keilmuan yang sesuai.

Bagikan Artikel: