contoh surat lamaran kerja job fair

3 Contoh Surat Lamaran Kerja Job Fair Beserta Tips Penulisannya

Seiring dengan semakin kompetitifnya dunia kerja, partisipasi dalam job fair menjadi salah satu cara efektif untuk mencari pekerjaan yang diidamkan. Job fair adalah ajang di mana perusahaan-perusahaan menghadirkan peluang kerja bagi para pencari kerja potensial. Untuk dapat bersaing dalam job fair tersebut, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian perusahaan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips dan struktur yang dapat Anda terapkan ketika menuliskan surat lamaran kerja job fair. Tidak hanya itu, kami juga akan berikan contoh surat lamaran kerja job fair dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dapat membantu Anda membuat surat lamaran yang menarik perhatian perekrut potensial.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Job Fair

Menulis surat lamaran kerja yang efektif merupakan langkah penting untuk mendapatkan perhatian perusahaan di sebuah job fair. Di bawah ini kami akan memberikan tips kepada Anda tentang cara membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian dan memudahkan perusahaan memahami kualifikasi Anda, di antaranya sebagai berikut:

1. Pahami Tujuan Surat Lamaran Kerja

Tujuan utama yang harus Anda pahami dari penulisan surat lamaran kerja adalah untuk mempresentasikan diri Anda dengan jelas kepada perusahaan dan mengungkapkan minat serta kualifikasi Anda terhadap posisi yang sedang dibuka.

2. Susun Surat Lamaran dengan Format yang Jelas

Surat lamaran kerja harus memiliki struktur yang jelas dan terorganisir. Format yang umum digunakan meliputi pengenalan diri, pengungkapan minat, penjelasan kualifikasi, dan penutup. 

3. Tuliskan Paragraf Pengantar yang Menarik

Jelaskan mengapa Anda tertarik pada perusahaan tersebut dan posisi yang sedang dibuka. Pastikan untuk menonjolkan keahlian khusus yang Anda miliki yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.



4. Jelaskan Kualifikasi dan Pengalaman Anda

Berikan contoh konkret tentang bagaimana kualifikasi dan pengalaman Anda dapat mendukung kebutuhan perusahaan. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu umum dan abstrak. Sebagai gantinya, berikan data dan fakta yang dapat memperkuat klaim Anda.

5. Tampilkan Motivasi dan Kemampuan Anda

Jelaskan mengapa Anda percaya perusahaan tersebut merupakan tempat yang cocok untuk mengembangkan karier Anda. Sampaikan pula kemampuan dan keahlian yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan. 

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time yang Menarik beserta Tips Penulisannya

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja Job Fair

Pada saat menghadiri job fair, salah satu hal yang penting adalah menyiapkan surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian perusahaan yang diinginkan. Surat lamaran kerja menjadi salah satu aspek penting dalam mencari pekerjaan, karena surat tersebut mencerminkan kemampuan dan minat Anda dalam posisi yang diinginkan. Berikut adalah struktur penulisan surat lamaran kerja yang dapat diikuti saat menghadiri job fair.

1. Judul atau Penerima Surat

Tulis judul surat lamaran kerja di bagian atas surat. Misalnya, “Surat Lamaran Kerja: [Posisi yang Dilamar]”. Di bawah judul, tuliskan alamat perusahaan yang ditujukan, nama perusahaan, dan alamat lengkapnya.

2. Salam Pembuka

Mulai surat dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Kepada Yth.” diikuti dengan nama perusahaan atau pihak yang bertanggung jawab atas penerimaan lamaran kerja. Jika tidak mengetahui nama yang tepat, gunakan salam pembuka umum seperti “Bapak/Ibu”.



3. Pengenalan Diri

Setelah salam pembuka, perkenalkan diri dengan jelas. Tuliskan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email aktif. Jika memiliki profil profesional yang relevan, misalnya lulusan baru atau berpengalaman di bidang tertentu, cantumkan informasi ini di bagian pengenalan diri.

4. Menunjukkan Minat dan Motivasi

Berikan penjelasan singkat tentang minat dan motivasi Anda dalam melamar posisi yang sedang dibuka. Gambarkan alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut, serta bagaimana Anda berharap dapat berkontribusi di dalamnya. Sampaikan dengan jelas dan meyakinkan bahwa Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang sedang dilamar.

5. Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Jelaskan secara singkat riwayat pendidikan Anda, termasuk institusi, jurusan, dan tahun kelulusan. Kemudian, sampaikan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang sedang dilamar. Cantumkan nama perusahaan, posisi yang diemban, serta tanggung jawab dan pencapaian yang relevan. Jika Anda merupakan lulusan baru tanpa pengalaman kerja sebelumnya, fokuskan pada keahlian atau proyek-proyek yang relevan yang telah Anda lakukan selama studi.

6. Keahlian dan Kualifikasi

Jelaskan keahlian dan kualifikasi yang dimiliki sesuai dengan persyaratan posisi yang dilamar. Sebutkan kemampuan khusus, seperti bahasa asing, keahlian komputer, atau sertifikasi yang dimiliki yang dapat memberikan keuntungan tambahan bagi perusahaan.

7. Penutup

Tutup surat dengan kalimat yang mengungkapkan harapan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara. Berikan ucapan terima kasih atas perhatian dan waktu yang diberikan oleh pihak perusahaan. Sertakan informasi kontak yang bisa dihubungi dan jangan lupa menandatangani surat lamaran kerja Anda.

8. Lampiran

Jika diperlukan, cantumkan lampiran seperti riwayat hidup (CV), transkrip nilai, atau portofolio yang relevan. Pastikan lampiran-lampiran tersebut diurutkan dengan rapi dan disebutkan di bagian penutup surat.

Setelah Anda membuat surat lamaran kerja job fair sesuai dengan struktur di atas, pastikan juga surat lamaran kerja yang telah Anda tulis sudah dengan tata bahasa yang baik, jelas, dan terstruktur. Agar surat lamaran kerja job fair tersebut dapat menarik perhatian recruiter.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate, Lengkap dengan Struktur dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Job Fair 

Membuat surat lamaran kerja untuk job fair membutuhkan perhatian khusus agar dapat menarik perhatian recruiter. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Gunakan Format Terorganisir

Pastikan surat lamaran Anda memiliki format yang terstruktur dengan baik. Ini harus mencakup bagian pengantar, isi utama, dan penutup. Gunakan font dan format yang mudah dibaca dan profesional.

2. Gunakan Pembukaan Umum yang Kuat

Awali surat Anda dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Yth. Bapak/Ibu HRD”. Jika Anda tahu nama recruiter yang akan membaca surat Anda, gunakan nama mereka untuk memberikan kesan personal. Selain itu, singkatkan alasan Anda menulis surat tersebut, yaitu untuk melamar pekerjaan dalam job fair yang sedang berlangsung.

3. Nyatakan Mengapa Anda Berada di Sana

Jelaskan dengan jelas mengapa Anda memutuskan untuk mengikuti job fair tersebut. Apa yang menarik Anda untuk menghadiri acara tersebut? Sertakan informasi mengenai perusahaan atau industri yang Anda minati.

4. Memberikan Beberapa Informasi Pengalaman Kerja

Di bagian isi utama, jelaskan pengalaman kerja atau keterampilan yang Anda miliki yang relevan dengan posisi atau industri yang Anda targetkan. Ceritakan prestasi atau tugas khusus yang Anda lakukan dalam pekerjaan sebelumnya yang menunjukkan kemampuan Anda.

5. Sertakan Beberapa Prestasi

Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi atau pencapaian khusus yang dapat memperkuat profil Anda. Prestasi ini dapat berupa penghargaan, sertifikasi, atau hasil kerja yang signifikan yang Anda capai.

6. Akhiri Dengan Ringkasan yang Kuat

Tutup surat dengan ringkasan singkat mengapa Anda adalah kandidat yang ideal untuk perusahaan atau posisi yang Anda lamar. Tekankan lagi minat Anda terhadap perusahaan tersebut dan menyatakan keinginan Anda untuk berbicara lebih lanjut dalam wawancara.

Bagaimana Penulisan Alamat Perusahaan Pada Surat Lamaran Kerja Job Fair?

Penulisan alamat perusahaan pada surat lamaran kerja yang ditujukan untuk job fair sebaiknya mencantumkan informasi alamat lengkap perusahaan beserta kontak yang dapat dihubungi. Di bawah ini adalah contoh penulisan alamat perusahaan pada surat lamaran kerja untuk job fair:

John Doe
Jl. Jendral Sudirman No. 123
Jakarta Selatan, 12345
john.doe@email.com
(021) 123-4567

Tanggal: 22 November 2023

Yth. Human Resources Department
XYZ Corporation
Jl. HRD Plaza No. 567
Jakarta Pusat, 67890

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Magang yang dapat Menarik Perhatian Recruiter

Contoh Surat Lamaran Kerja Job Fair

Berikut ini merupakan contoh format surat lamaran kerja job fair dengan posisi sekretaris yang mungkin dapat Anda jadikan acuan dalam penulisan surat lamaran kerja.

contoh surat lamaran kerja job fair

Apabila contoh di atas masih belum menggambarkan tentang diri Anda, di bawah ini kami lampirkan beberapa contoh surat lamaran kerja lewat job fair lainnya yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Job Fair Bahasa Indonesia

Jakarta, 22 November 2023

Yth. HRD PT. Yaop Sejahtera Bersama
Jalan Swadaya 1 No.76 RT 05 RW 03
Sumur Batu
Jakarta Pusat, 11765

Dengan hormat,
Saya, Aji Darmawan merasa sangat antusias untuk mengajukan lamaran kerja di PT. Yaop Sejahtera Bersama dalam rangka job fair yang sedang berlangsung. Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan yang terkenal dengan reputasi yang sangat baik di industri ini.
Saya adalah lulusan Universitas VWX dengan gelar S. Ak dan memiliki pengalaman kerja sebelumnya di PT. Sehati Kita Happy. Pengalaman kerja tersebut telah memperkuat keterampilan saya dalam bidang yang relevan dengan posisi yang saya lamar. Saya memiliki pengetahuan yang kuat dalam akuntansi dan keuangan, serta kemampuan analisis yang baik.
Saya sangat tertarik dengan perusahaan ini karena reputasinya yang luar biasa dalam memberikan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan. Saya yakin bahwa dengan kemampuan saya, saya dapat berkontribusi secara signifikan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Berikut adalah beberapa informasi tambahan tentang diri saya:
Nama : Aji Darmawan
Nomer Telfon: 08991818xxxx
email: ajidarmawan@iniemail.com
Alamat : Jl Mekar Wangi No 345, Jakarta Selatan
Tanggal Lahir: Jakarta, 15 Juni 1996
Universitas: Universitas VWX
Pengalaman Kerja Sebelumnya: PT. Sehati Kita Happy

Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan membahas bagaimana saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi PT. Yaop Sejahtera Bersama. Terlampir, saya sertakan resume saya untuk referensi Anda.
Terima kasih atas perhatian Anda, dan saya sangat menantikan kesempatan untuk bergabung dalam perusahaan ini.

Hormat saya,
Aji Darmawan

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Job Fair Bahasa Inggris

Jakarta, 22 November 2023

PT. Yaop Sejahtera Bersama
Jalan Swadaya 1 No. 76
RT 05 RW 03 Sumur Batu
Jakarta Pusat, 11765

Dear Hiring Manager,
I am writing to express my strong interest in the opportunities available at PT. Yaop Sejahtera Bersama, as advertised during the recent job fair. With a background in Accounting (S.Ak) from Universitas VWX, I am excited about the prospect of contributing my skills and dedication to your esteemed company.
In my previous role at PT. Sehati Kita Happy, I gained valuable experience in financial analysis, budgeting, and data management. I also had the opportunity to collaborate with cross-functional teams to drive process improvements and enhance overall efficiency. My attention to detail and analytical skills have allowed me to consistently deliver accurate and timely results.
I am particularly drawn to PT. Yaop Sejahtera Bersama due to its reputation for innovation and commitment to excellence. I believe my skills in financial analysis and my ability to work collaboratively make me a strong fit for your organization. I am eager to contribute to your team’s success and learn from the talented professionals at your company.
Enclosed is my resume, which provides additional details about my work history and qualifications. I welcome the opportunity to discuss how my skills and experiences align with the needs of PT. Yaop Sejahtera Bersama in more detail. Please feel free to contact me at 08991818xxxx or ajidarmawan@iniemail.com to schedule an interview.
Thank you for considering my application. I look forward to the possibility of joining your team and contributing to the continued success of PT. Yaop Sejahtera Bersama.

Sincerely,
Aji Darmawan

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Job Fair Lulusan SMK

Jakarta, 22 November 2023

Yth. HRD PT. Yaop Sejahtera Bersama
Jalan Swadaya 1 No. 76
RT 05 RW 03, Sumur Batu
Jakarta Pusat, 11765

Dengan hormat,
Saya, Aji Darmawan, lulusan SMK Terdepan, dengan ini mengajukan lamaran kerja untuk posisi yang tersedia di PT. Yaop Sejahtera Bersama. Saya sangat tertarik dengan perusahaan Anda yang memiliki reputasi baik dalam industri ini.
Sebagai lulusan SMK, saya telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan, khususnya dalam bidang [sebutkan bidang/program keahlian Anda]. Selama di sekolah, saya aktif dalam berbagai proyek yang melibatkan [sebutkan keterampilan atau pengalaman relevan Anda]. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman praktik kerja di [sebutkan nama perusahaan atau tempat praktik kerja] yang telah meningkatkan pemahaman saya tentang dunia kerja.
Saya memiliki komitmen tinggi untuk belajar dan berkembang. Saya percaya bahwa dengan keterampilan dan semangat kerja yang saya miliki, saya dapat berkontribusi secara positif untuk kesuksesan PT. Yaop Sejahtera Bersama. Saya sangat antusias untuk memiliki kesempatan untuk berbicara lebih lanjut dengan Anda dalam wawancara.
Terlampir, saya sertakan daftar riwayat hidup (CV) dan dokumen pendukung lainnya. Saya siap memberikan informasi lebih lanjut mengenai pengalaman dan kualifikasi saya.
Atas perhatian dan kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT. Yaop Sejahtera Bersama dan menjadi bagian dari tim yang berdedikasi untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.

Hormat saya,
Aji Darmawan

Baca juga: Tips Melamar Kerja di Job Fair

Tips Follow Up Lamaran Kerja Yang Dikirim Pada Saat Event Job Fair


Follow-up lamaran kerja yang dikirim saat event job fair adalah langkah penting untuk menunjukkan ketertarikan dan komitmen Anda terhadap posisi yang Anda lamar. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan follow-up yang efektif:

1. Hubungi  dengan Cepat

Setelah mengirimkan lamaran Anda pada job fair, sebaiknya Anda menghubungi perusahaan atau recruiter dengan cepat. Tunggu beberapa hari, biasanya 3-5 hari setelah mengirim lamaran sebelum melakukan follow-up. Ini akan memberikan waktu kepada perusahaan untuk mengevaluasi lamaran Anda.

2. Tetap Sederhana dan Singkat

Saat melakukan follow-up, pastikan pesan Anda tetap sederhana dan singkat. Sampaikan bahwa Anda telah mengirimkan lamaran untuk posisi tertentu pada job fair dan menyatakan ketertarikan Anda terhadap perusahaan tersebut. Jelaskan bahwa Anda ingin mengetahui status lamaran Anda dan apakah ada langkah selanjutnya yang perlu Anda ikuti.

3. Jadilah Profesional

Selalu pertahankan tingkat profesionalisme yang tinggi dalam komunikasi Anda. Gunakan bahasa yang sopan dan hormat, baik dalam panggilan telepon maupun dalam email. Hindari tekanan atau permintaan yang terlalu kuat. Sederhananya, tunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang berpengetahuan, berkomitmen, dan profesional.

Referensi:

  • Greg Ott. Diakses pada 2023. The Right Way to Follow Up After a Career Fair (Email Template Included!).
  • Ruth Mayhew. DIakses pada 2023. How to Make Your Cover Letter General for Career Fairs.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!