contoh surat lamaran kerja magang

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Magang yang dapat Menarik Perhatian Recruiter

Surat lamaran kerja magang merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang ingin melamar posisi magang di suatu perusahaan, organisasi, atau lembaga. Tujuan dari surat ini adalah untuk mengajukan permohonan magang serta menjelaskan keahlian, minat, dan motivasi pelamar dalam mengikuti program magang tersebut.

Mendapatkan pengalaman kerja melalui magang menjadi satu langkah penting bagi banyak mahasiswa atau fresh graduate dalam memulai karir yang hendak dibangun. Salah satu tahap awal yang harus dilakukan adalah menulis surat lamaran kerja magang yang baik dan menarik. 

Surat lamaran kerja magang yang dapat menarik perhatian recruiter biasanya ditulis dengan baik, terstruktur dengan rapi, dan mengandung informasi yang relevan serta menarik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis tentang cara membuat surat lamaran kerja magang yang dapat membantu Anda mendapatkan posisi magang yang diinginkan.

Struktur dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Magang

Mendapatkan kesempatan untuk magang di perusahaan impian Anda dapat menjadi langkah awal yang baik dalam membangun karier profesional. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk melamar magang adalah menulis surat lamaran kerja yang baik. 

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate, Lengkap dengan Struktur dan Cara Membuatnya

Di bawah ini merupakan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat surat lamaran kerja magang yang efektif dan menarik perhatian pihak perusahaan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1.Header Surat

Mulailah surat lamaran Anda dengan header yang mencakup informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan untuk memberikan informasi kontak yang dapat dihubungi dengan mudah oleh pihak perusahaan.

2. Penyebutan Posisi dan Nama Perusahaan

Jelaskan dengan jelas posisi magang yang Anda lamar dan nama perusahaan yang dituju di bagian pembukaan surat. Misalnya, “Dengan hormat, saya bermaksud melamar magang sebagai Asisten Pemasaran di PT Contoh Perusahaan.”

3. Pengantar dan Penjelasan Diri

Buat pengantar singkat tentang diri Anda dan alasan Anda tertarik untuk magang di perusahaan tersebut. Ceritakan tentang pendidikan Anda, pengalaman sebelumnya, dan keterampilan yang relevan yang akan Anda bawa ke perusahaan. Jelaskan juga mengapa Anda tertarik pada bidang atau departemen tertentu di perusahaan tersebut.



4. Penekanan pada Keunggulan Pribadi

Berikan penjelasan tentang keunggulan pribadi Anda yang dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Misalnya, jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keahlian dalam penggunaan perangkat lunak tertentu, atau kemampuan analitis yang kuat, sebutkan hal-hal tersebut dengan jelas dan kaitkan dengan tugas-tugas yang mungkin Anda hadapi selama magang.

5. Penekanan pada Motivasi dan Kecerdasan

Sampaikan motivasi Anda untuk magang dan keinginan untuk belajar dan berkembang di lingkungan kerja yang sesuai dengan minat Anda. Bicarakan tentang keterampilan dan pengetahuan khusus yang ingin Anda peroleh selama magang dan bagaimana hal tersebut akan mendukung tujuan karier Anda di masa depan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Penutup

Tutup surat dengan menyatakan apresiasi Anda atas perhatian yang diberikan dan menyatakan kesiapan Anda untuk menghadiri wawancara atau memberikan informasi tambahan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menyertakan salam penutup, seperti “Hormat saya,” atau “Terima kasih atas perhatian yang diberikan.”

7. Tanda Tangan

Setelah menulis salam penutup, berikan ruang untuk tanda tangan Anda di bawahnya. Pastikan untuk menandatangani surat lamaran dengan tinta yang sesuai.

8. Lampiran

Jika Anda memiliki dokumen pendukung, seperti CV atau portofolio, lampirkan dokumen-dokumen tersebut bersama surat lamaran Anda. Pastikan untuk menyebutkan lampiran yang Anda sertakan di surat agar penerima surat tahu apa yang diharapkan.

Baca juga: Contoh CV Social Media Specialist Yang Disukai HRD!



Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Surat Lamaran Kerja Magang

Saat menulis surat lamaran kerja magang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar surat lamaran Anda terlihat profesional dan menarik bagi pihak perusahaan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Format dan tata letak: Gunakan format surat bisnis yang standar, dengan tata letak yang rapi dan terstruktur. 
  • Kepribadian dan gaya penulisan: Gunakan bahasa yang sopan, tetapi juga menunjukkan semangat dan minat yang tulus terhadap perusahaan dan magang yang Anda lamar.
  • Penelitian tentang perusahaan: Lakukan penelitian mendalam tentang perusahaan yang Anda lamar. Ketahui visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. 
  • Menyoroti keahlian dan pengalaman yang relevan: Jelaskan keahlian dan pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan magang yang Anda lamar. 
  • Tujuan magang yang jelas: Jelaskan apa yang ingin Anda pelajari dan capai selama magang, serta bagaimana hal itu dapat mendukung perkembangan karier Anda di masa depan.
  • Mengutip referensi: Jika Anda memiliki referensi atau rekomendasi dari orang yang relevan, sertakan dalam surat lamaran Anda. 
  • Mengikuti petunjuk yang diberikan: Bacalah dengan cermat petunjuk yang diberikan oleh perusahaan terkait format atau persyaratan khusus untuk surat lamaran magang. 
  • Mengecek dan menyunting: Pastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa yang buruk, atau kalimat yang ambigu. 

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan salam penutup yang sopan dan informasi kontak yang dapat dihubungi. Selain itu, berikan ucapan terima kasih atas pertimbangan yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Baca juga: 12 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Lengkap dengan Tips dan Syaratnya!

Contoh Surat Lamaran Kerja Magang yang Baik dan Benar

Pada era yang serba kompetitif seperti saat ini, memiliki pengalaman magang dapat menjadi langkah awal yang penting untuk memasuki dunia kerja. Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah menyusun surat lamaran kerja magang yang baik dan benar. 

Surat lamaran kerja magang yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan kesempatan magang di perusahaan yang Anda impikan. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja magang yang sesuai dengan standar dan dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dalam melamar pekerjaan magang.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang di Kementerian

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat]
Kementerian [Nama Kementerian]
Gedung [Nama Gedung]
Jalan [Alamat Kementerian]
Kota [Nama Kota]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Lengkap Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Surel: [Alamat Surel Anda]

Dengan ini mengajukan permohonan untuk dapat mengikuti program magang di Kementerian yang Bapak/Ibu pimpin. Saya merupakan mahasiswa semester akhir di [Nama Perguruan Tinggi/Universitas] jurusan [Jurusan Anda].

Saya tertarik untuk mengikuti program magang di Kementerian karena berbagai alasan. Pertama, Kementerian memiliki reputasi yang baik dalam memberikan pengalaman kerja yang berharga dan kesempatan untuk berkembang. Saya percaya program magang di Kementerian akan memberikan pengetahuan yang mendalam tentang berbagai aspek pekerjaan di bidang [Bidang Kementerian yang diminati].

Selama studi, saya telah memperoleh pemahaman yang kuat mengenai [Bidang yang diminati], baik melalui perkuliahan maupun proyek-proyek kuliah yang relevan. Saya juga aktif dalam organisasi [Nama Organisasi] di mana saya terlibat dalam berbagai kegiatan yang melibatkan [Bidang yang diminati]. Hal ini memperkuat minat saya untuk berkontribusi dan belajar lebih dalam di lingkungan Kementerian.

Saya meyakini bahwa keterampilan [Nama Keterampilan yang Dimiliki] dan pengetahuan yang saya peroleh selama studi akan menjadi nilai tambah dalam menjalankan tugas magang di Kementerian. Selain itu, saya memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, kerja tim yang solid, dan keterampilan komunikasi yang efektif.

Saya melampirkan CV dan transkrip akademik sebagai bukti pendidikan dan prestasi yang saya peroleh selama ini. Saya juga siap untuk menghadiri wawancara apabila diperlukan.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih. Saya berharap dapat bergabung sebagai magang di Kementerian dan berkontribusi secara positif dalam mencapai tujuan dan misi lembaga ini.

Hormat saya,

TTD
[Nama Lengkap Anda]

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang Program Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu Pimpinan
[Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya [Nama Anda] mengajukan permohonan untuk dapat melaksanakan magang di bawah Program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Saya adalah mahasiswa/i aktif di [Nama Perguruan Tinggi] jurusan [Jurusan] dengan nomor induk mahasiswa [Nomor Induk Mahasiswa]. Saya tertarik untuk mengikuti program magang ini sebagai bagian dari pengembangan keterampilan dan pengetahuan saya dalam dunia kerja yang sesuai dengan bidang studi saya.

Saya memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan dan manfaat Program Kampus Merdeka, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata. Saya berharap dapat terlibat dalam lingkungan kerja yang sesuai dengan minat dan keahlian saya, yang akan memperluas wawasan dan keterampilan saya dalam bidang yang relevan.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa saya tertarik untuk mengikuti program magang ini:

  • Kesempatan Belajar: Saya yakin bahwa program ini akan memberikan kesempatan belajar yang berharga bagi saya. Saya ingin mendapatkan wawasan praktis tentang bagaimana industri bekerja dan menerapkan pengetahuan yang saya peroleh selama kuliah.
  • Pengembangan Keterampilan: Saya percaya bahwa melalui magang ini, saya akan dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang diperlukan di dunia kerja, seperti kemampuan komunikasi, kerjasama tim, dan pemecahan masalah.
  • Jaringan Profesional: Saya menyadari pentingnya jaringan profesional dalam dunia kerja. Saya berharap dapat bertemu dan berinteraksi dengan para profesional di bidang yang sama, yang dapat membantu saya dalam membangun jaringan dan mencari peluang karir di masa depan.

Saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan permohonan ini dengan baik. Saya siap menghadiri wawancara atau tes seleksi yang mungkin diperlukan. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]
[Nama Lengkap]

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang di Stasiun TV

Kepada Yth.,
Manajer HRD [Nama Stasiun TV]
[Alamat Stasiun TV]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama: [Nama Lengkap Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

Dengan ini, saya bermaksud mengajukan permohonan magang di [Nama Stasiun TV]. Saya tertarik untuk belajar dan berkontribusi dalam industri penyiaran dan produksi program televisi yang prestisius seperti Stasiun TV Anda.

Saya adalah seorang mahasiswa/i yang aktif dan bersemangat di bidang komunikasi dan penyiaran. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di [Nama Universitas] jurusan [Nama Jurusan] dan berencana untuk memperoleh pengalaman praktis yang berharga di dunia media.

Berikut adalah alasan saya tertarik untuk magang di [Nama Stasiun TV]:

  • Minat Saya dalam Industri Media: Saya memiliki ketertarikan yang kuat dalam industri media, terutama di bidang televisi. Saya ingin mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses produksi program TV dan berkontribusi dalam menciptakan konten yang menarik dan berkualitas.
  • Kreativitas dan Inovasi: Saya memiliki bakat dalam menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif. Saya percaya bahwa kontribusi saya dalam menyampaikan ide-ide segar dan solusi yang kreatif akan menjadi aset berharga bagi tim produksi Stasiun TV Anda.

Saya telah melakukan penelitian yang mendalam tentang Stasiun TV Anda dan terkesan dengan reputasi yang telah dibangun oleh tim yang berdedikasi dan program-program berkualitas yang dihasilkan. Saya yakin bahwa magang di [Nama Stasiun TV] akan memberikan kesempatan berharga bagi perkembangan karir saya.

Sebagai lampiran, saya sertakan riwayat hidup (CV) saya yang merinci pendidikan, pengalaman, dan keterampilan yang relevan. Saya juga siap untuk menghadiri wawancara jika dianggap perlu.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap permohonan ini. Saya berharap dapat bergabung dengan Stasiun TV Anda sebagai magang dan berkontribusi dalam mencapai kesuksesan bersama.

Hormat saya,

[Nama Lengkap Anda]

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang Bakti BCA

Kepala Bagian Rekrutmen
PT Bank Central Asia (BCA)
Jl. Jenderal Sudirman No. 10
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], ingin mengajukan lamaran kerja magang di Bakti BCA sesuai dengan informasi yang saya peroleh dari situs web resmi BCA. Saya sangat tertarik dengan program magang yang BCA tawarkan, karena saya yakin bahwa ini akan memberikan pengalaman berharga dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan saya di bidang perbankan.

Saya adalah mahasiswa/i [Nama Universitas/Institusi] jurusan [Jurusan/Studi]. Dalam perkuliahan saya, saya telah mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu perbankan, keuangan, dan manajemen. Saya memiliki pengetahuan dasar tentang sistem perbankan, analisis keuangan, serta penanganan dan pelayanan nasabah.

Selain itu, saya telah mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang memperluas pemahaman saya tentang dunia perbankan. Saya aktif di dalam organisasi mahasiswa dan telah menjadi anggota dalam tim yang bertanggung jawab dalam mengatur keuangan kegiatan-kegiatan tersebut. Pengalaman ini telah membantu saya mengasah keterampilan komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan.

Saya memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan berkontribusi di lingkungan kerja yang profesional seperti BCA. Saya percaya bahwa program magang di Bakti BCA akan memberikan peluang yang berharga bagi saya untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan operasional perbankan. Saya berharap dapat belajar dari praktisi yang berpengalaman dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia perbankan.

Dalam melamar program magang ini, saya telah memperhatikan persyaratan yang tercantum di situs web resmi BCA. Saya melampirkan dokumen-dokumen yang diminta, termasuk surat lamaran ini, daftar riwayat hidup (CV), transkrip nilai, dan fotokopi KTP. Saya juga siap untuk mengikuti tahapan seleksi yang ditentukan oleh BCA.

Saya menyadari bahwa menjadi bagian dari Bakti BCA adalah sebuah tanggung jawab besar. Saya meyakinkan Anda bahwa saya memiliki kemampuan, dedikasi, dan semangat yang diperlukan untuk memberikan kontribusi yang berarti. Saya berharap dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai peluang magang ini dan bagaimana saya dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan BCA.

Terima kasih atas perhatian yang diberikan. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim Bakti BCA dan menjadi bagian dari pengembangan masa depan perbankan di Indonesia.

Hormat saya,
[Nama Anda]

5. Contoh Surat  Lamaran Kerja Magang Magenta BUMN

Kepada,
HRD Program Magenta BUMN
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Perihal: Lamaran Magang Program Magenta BUMN

Yth. HRD Magenta BUMN,

Dengan hormat,
Saya [Nama Anda] bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja magang di perusahaan BUMN. Saya tertarik dengan program Magenta BUMN yang terkenal dengan reputasi yang baik dan komitmen kuat terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.

Saya adalah seorang [Mahasiswa/Mahasiswi] di [Nama Universitas] jurusan [Jurusan]. Melalui program Magenta BUMN, saya berharap dapat memperoleh pengalaman praktis yang berharga dalam lingkungan kerja yang profesional dan dinamis. Selain itu, program magang ini juga memberikan kesempatan bagi saya untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan yang telah saya pelajari di bangku kuliah.

Saya memiliki minat khusus dalam [Bidang Magang yang Diinginkan]. Saya percaya bahwa program Magenta BUMN akan memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam tentang bidang tersebut. Saya sangat antusias untuk belajar dari para profesional di Magenta dan berkontribusi secara aktif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Selain minat yang kuat, saya juga memiliki kemampuan [sebutkan kemampuan yang relevan] yang dapat saya terapkan selama menjalani program magang di Magenta BUMN. Saya memiliki keahlian dalam [sebutkan keahlian yang relevan], serta mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan siap untuk belajar hal-hal baru yang dapat mendukung perkembangan karir saya di bidang [Bidang Magang yang Diinginkan].

Demikianlah surat lamaran kerja magang ini saya sampaikan. Saya sangat berharap agar dapat diberikan kesempatan untuk bergabung dalam program Magenta BUMN. Terlampir, saya sertakan dokumen pendukung seperti CV, transkrip nilai, dan foto terbaru.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih. Saya sangat berharap untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan bertemu dengan Anda untuk membahas lebih lanjut mengenai kemungkinan magang di Magenta BUMN.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Magang dari Perusahaan dan Universitas

Dengan mengikuti contoh surat lamaran kerja magang di atas, Anda dapat menyusun surat lamaran yang baik dan benar. Pastikan untuk menyesuaikan surat lamaran tersebut dengan posisi magang yang Anda lamar, menambahkan detail yang relevan, dan menjaga kesesuaian bahasa serta tata bahasa yang baik. Semoga surat lamaran Anda sukses dan Anda mendapatkan kesempatan magang yang Anda impikan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!