Cara mempromosikan diri untuk freshgraduate

Berikut 7 Cara Mempromosikan Diri untuk Freshgraduate

Cara mempromosikan diri untuk freshgraduate sangat bermanfaat untuk Anda yang baru lulus dan mencari pekerjaan. Meskipun prosedur dan metode yang digunakan oleh setiap perusahaan membuat melamar pekerjaan menjadi cukup sederhana sekarang, hal ini justru akan menyulitkan banyak pelamar. 

Alasannya adalah karena mau tidak mau mereka harus bersaing dengan semakin banyak orang karena sistem online adalah cara terbaik untuk mempromosikan diri. Menjadi referensi utama sangat menarik.

Faktor yang paling krusial bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan lewat Jobstreet adalah kreativitas. Khususnya, kreativitas dalam promosi diri agar penyedia tertarik pada Anda untuk berpartisipasi di tahap selanjutnya. Parahnya lagi, Anda harus kreatif dalam menyusun kalimat untuk menarik SDM dalam 300 karakter.

Baca juga: Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini

Cara Mempromosikan Diri untuk Freshgraduate dengan Langkah Mudah

Ada beberapa cara mempromosikan diri untuk freshgraduate. Untuk Anda yang saat ini masih berjuang mencari pekerjaan, ulasan dibawah ini bisa bermanfaat untuk Anda. Oleh karena itu simak selengkapnya pembahasannya.

  1. Berikan Data Diri Secara Singkat

Jelaskan secara singkat siapa Anda dan keterampilan yang telah Anda capai. Selain itu, Anda harus menjelaskan mengapa bisnis harus mempekerjakan Anda sebagai karyawan. Hanya 300 karakter yang dapat digunakan untuk menulis promosi singkat ini.

Karena promosi singkat ini akan menjadi kesan awal para perekrut perusahaan, Anda dapat menggambarkannya secara ringkas, dengan cara mempromosikan diri untuk freshgraduate perusahaan akan lebih tertarik kepada Anda.

  1. Gunakan Tulisan yang Berkualitas

Menulis lamaran kerja dalam dialek bahasa Indonesia yang sesuai dapat menarik perekrut untuk meninjaunya. Kemampuan untuk menulis promosi sendiri dengan menggunakan tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang tepat atau salah ketik.

Selain itu, Anda harus menulis kalimat yang jelas yang sederhana untuk dipahami pembaca. Karakter dan kecerdasan pelamar dianggap tercermin dalam pola bahasa surat lamaran.

  1. Pastikan Keahlian Anda Sesuai dengan Posisi yang Anda Lamar

Cara mempromosikan diri untuk freshgraduate selanjutnya adalah memastikan keterampilan Anda selaras dengan posisi yang Anda cari adalah strategi selanjutnya bagi lulusan baru untuk memasarkan diri mereka di jobstreet.

Perusahaan dan perekrut biasanya hanya mempertimbangkan pelamar yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk membuka lowongan. Anda dapat menjelaskan secara singkat kemampuan dan latar belakang profesional Anda. 

Jelaskan keahlian Anda bahkan jika Anda adalah lulusan baru tanpa pengalaman profesional. Terlepas dari kenyataan bahwa orang lain juga sering memiliki keterampilan ini.

  1. Menghindari Kalimat Umum

Hindari menyimpulkan kalimat Anda dengan frasa seperti, “Saya harap Anda akan diterima.” Korporasi tidak akan memberikan evaluasi khusus ini.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengakhiri surat lamaran kerja Anda dengan ucapan terima kasih, dan jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak Anda (nomor telepon atau alamat email) agar perekrut dapat menghubungi Anda.

Baca juga: Contoh tulisan di amplop lamaran kerja

  1. Presentasikan dengan Menarik

Cara mempromosikan diri untuk freshgraduate adalah dengan melakukan Presentasi yang efektif adalah pendekatan lain untuk tampil menonjol di resume Anda. Ini termasuk pemosisian tulisan yang menarik secara visual serta desain yang bersih dan menarik. 

Di CV Anda, jauhi penggunaan emoji atau clip art sebagai hiasan. Untuk CV yang menarik secara visual, memanfaatkan berbagai alat dan template desain yang tersedia secara online.

  1. Menggunakan Digital

Karena format digital lebih bermanfaat, hanya sebagian kecil pemberi kerja yang juga menginginkan resume dalam bentuk cetak. Tunjukkan perekrut resume Anda untuk menunjukkan kemahiran Anda dengan teknologi. 

Anda bisa menyimpan resume melalui format PDF, dengan kemudahan ini Anda bisa dengan mudah mengakses kembali pada saat membutuhkannya. 

Gunakan layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive untuk menyimpan dokumen pendukung seperti portofolio atau file yang diperlukan. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari pengiriman beberapa file satu per satu ke perekrut dan mereka dapat memeriksa isinya secara instan tanpa mengunduh.

  1. Pastikan Informasi yang Tercantum Akurat

Memverifikasi semua informasi yang disebutkan adalah langkah terakhir dan paling penting untuk dilakukan. Anda dapat memverifikasi keakuratan informasi dalam surat pengantar, termasuk nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan pengalaman.

Jangan lupa bahwa resume berfungsi sebagai kesempatan Anda untuk memperkenalkan diri kepada calon pemberi kerja, jadi jangan malu menulis dengan percaya diri. Awasi tujuan Anda dan hasrat Anda untuk mendapatkan pekerjaan ideal Anda.

Mencari pekerjaan saat ini tidaklah mudah, namun Anda akan berhasil jika Anda menggunakan cara mempromosikan diri untuk freshgraduate yang sudah kami jelaskan di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!