Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini

Jelaskan Mengapa Kamu Orang yang Tepat untuk Pekerjaan Ini

Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini? Adalah pertanyaan umum selama wawancara. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah bakat Anda lebih unggul dari pesaing dan apakah Anda sesuai dengan persyaratan pekerjaan dan budaya perusahaan. Jadi, bagaimana tanggapan Anda? Simak penjelasan selengkapnya.

Selama wawancara kerja, salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah apakah Anda dipekerjakan untuk posisi yang Anda lamar. Bagaimana Anda akan menjawab jika seseorang meminta Anda untuk “Jelaskan mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan ini”? Oleh karena itu, cari tahu bagaimana menjawab pertanyaan ini secara efektif.

Bagaimana Menanggapi Pertanyaan, ” Jelaskan Mengapa Kamu Orang yang Tepat untuk Pekerjaan Ini?”

Tujuan dari pertanyaan semacam ini adalah untuk meyakinkan manajer perekrutan bahwa Anda adalah kandidat yang ideal untuk pekerjaan itu. Akibatnya, tanggapan Anda harus menunjukkan mengapa Anda adalah kandidat terbaik. 

1. Biasakan Diri dengan Bisnis dan Posisi yang Dicari

Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini, seperti yang ditanyakan oleh HRD? Pemahaman Anda tentang organisasi dan posisi yang Anda lamar akan dievaluasi. 

Fokuskan tanggapan Anda pada aspek-aspek positif perusahaan, mulai dari visi dan tujuan, budaya tempat kerja, branding karyawan yang Anda kenal dan menarik minat Anda untuk bekerja di sana, dan bahkan barang-barang mutakhir yang menurut Anda mengesankan.

Kemudian Anda dapat membahas tanggung jawab dan kewajiban dari posisi yang Anda lamar. Sangat penting bagi Anda untuk merespons dengan cara ini sehingga HRD menyadari keakraban Anda secara menyeluruh dengan posisi dan pekerjaan yang Anda lamar. 

2. Tekankan Keterampilan Berguna Anda

Kesempatan Anda untuk memamerkan keahlian Anda akan datang selama proses wawancara kerja. Dengan kata lain, sayang ditolak jika Anda tidak berkompeten dalam “memasarkan dan menjual” Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini, jawablah dengan jawaban yang tepat dan lugas. 

Namun, pengetahuan dan kemampuan yang Anda tekankan, semuanya harus berkaitan dengan jabatan yang Anda cari. Selain itu, Anda dapat menambahkan dengan nada serius bahwa semua keahlian Anda akan bermanfaat bagi bisnis dan akan sangat membantu pertumbuhannya.

Bagaimana jika Anda lulusan baru tanpa pengalaman atau bidang keahlian sebelumnya? Masih ada prospek jika Anda dapat menentukan kualitas lain yang membedakan Anda, seperti soft skill yang banyak diminati oleh mereka yang memegang posisi yang Anda tuju, pengalaman magang, atau temuan penelitian.

3. Jelaskan Bagaimana Anda dapat Membantu Perusahaan

Cobalah jujur dengan setiap tanggapan yang Anda buat, namun pertahankan ketegasan Anda. Mengatakan bahwa ambisi profesional Anda sesuai dengan visi dan misi organisasi akan menunjukkan motivasi kuat Anda untuk mencapainya.

Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini. Sebagai gambaran, katakanlah Anda memiliki komitmen yang kuat terhadap pekerjaan Anda dan secara konsisten ingin memaksimalkannya. Anda dapat membantu meningkatkan produktivitas bisnis jika Anda melakukan upaya terbaik dan berdedikasi untuk itu.

Baca juga: Cara menulis alamat surat lamaran pekerjaan



4. Tulus dan Yakin

Tim HRD biasanya memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang psikologi, yang membantu mereka memahami sepenuhnya perilaku manusia. Mereka memimpin organisasi dalam melakukan proses perekrutan dan seleksi untuk pekerja baru sebagai hasilnya.

Mengingat pendidikan mereka, masuk akal bahwa mereka dapat membedakan apakah seseorang mengatakan yang sebenarnya atau tidak berdasarkan nada suara, bahasa tubuh, pilihan kata, dan bahkan ekspresi wajah mereka. Atau apakah individu yang diwawancarai untuk pekerjaan itu adalah orang yang percaya diri atau tidak?

Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini. Anda harus memastikan untuk memberikan tanggapan yang jujur dan meyakinkan untuk setiap pertanyaan perekrut.

Tidak peduli berapa kali Anda mengajukan pertanyaan yang sama dengan cara yang berbeda, jika Anda selalu menjawab dengan jujur, Anda akan selalu memberikan jawaban yang sama. Sebaliknya, jika Anda berbohong, Anda mungkin “terpeleset” dan salah menjawab pertanyaan yang sebenarnya hanyalah pernyataan ulang dari pertanyaan sebelumnya.

Baca juga: Contoh tulisan di amplop lamaran kerj

5. Uji Tanggapan Anda di Depan Cermin

Anda harus mempersiapkan wawancara kerja beberapa hari sebelumnya, jika memungkinkan. Tujuannya adalah agar Anda dapat dengan percaya diri dan lancar menanggapi pertanyaan pewawancara.

Berlatih di depan cermin adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan. Berolahraga di depan cermin tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri Anda, tetapi juga mempertajam fokus Anda, memungkinkan Anda memberikan respons yang ringkas dan to the point.

Dalam proses melamar pekerjaan Anda harus memahami beberapa pertanyaan. Salah satunya jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan ini, dengan begitu Anda bisa berkesempatan untuk diterima dalam perusahaan yang diinginkan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.