contoh tulisan di amplop lamaran kerja

Contoh Tulisan di Amplop Lamaran Kerja yang Perlu Diketahui

Jangan abaikan tentang beragam contoh tulisan di amplop lamaran kerja. Karena dilihat-lihat memang sepele, tapi kebanyakan para pemula pasti melakukan kesalahan di bagian ini. Maka, Anda jangan melakukan kesalahan tersebut.

Umum memang setiap fresh graduate yang baru saja menulis surat lamaran kerja mengalami kesalahan. Tapi sekarang informasi bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jika melakukan kesalahan, sifat Anda yang memang tidak teliti dan kurang sabar.

Maka dari itu, pastikan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, coba lihat contoh tulisan di amplop lamaran kerja. Nanti jika sudah benar dan tidak ada kesalahan, silakan langsung kirim.

Baca juga: Cara menulis alamat surat lamaran pekerjaan

Mengenal Amplop Lamaran Kerja Sesuai Standar

Di era yang serba digital seperti sekarang, memang banyak perusahaan yang memberlakukan kebijakan pengiriman bekas lamaran via online, yaitu e-mail.

Tapi tidak sedikit pula perusahaan masih menerapkan sistem pengiriman berkas lamaran kerja langsung menggunakan dokumen fisik dan dibungkus dengan amplop.

Masih ada kaitannya dengan surat dan dokumen lamaran kerja, contoh tulisan di amplop lamaran kerja juga perlu Anda ketahui. Karena ini sangat penting untuk dipelajari bagi fresh graduate yang pertama kali mengirimkan lamaran kerja.

Umumnya, amplop untuk lamaran kerja adalah berwarna cokelat. Pada bagian penutup, ada talinya yang terdapat pengaitnya di badan amplop.

Agar nanti dokumennya tidak hilang, Anda perlu mengaitkan tali tersebut ke sela-sela pengait atau kancing, serta diikat dengan kuat.

Namun, ada pula jenis amplop yang tidak ada pengaitnya dan Anda perlu mengelemnya agar semua dokumen yang ada di dalam tidak berceceran.

Jika Anda masih bingung ukurannya, amplop tersebut memiliki ukuran F4. Jika tidak ada perubahan harga, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp1000.

Anda bisa mendapatkannya satuan di tempat fotokopi kecil di sekitar rumah. Bisa juga membeli 1 pack jika mencarinya di toko alat tulis.

Lebih baik membeli 1 pack saja, karena kemungkinan besar Anda juga tidak hanya mengirimkan lamaran kerja ke satu tempat, tapi ke banyak tempat.

Jika sudah menyiapkan amplop untuk menampung semua dokumen lamaran yang diperlukan, maka lihat contoh tulisan di amplop lamaran kerja agar tidak ada kesalahan.

Biasanya yang ditulis pada bagian depan amplop itu ada 3 bagian. Jadi, perhatikan informasi berikut untuk mengetahui detailnya.

Baca juga: Surat lamaran kerja management trainee

Contoh Tulisan di Amplop Lamaran Kerja yang Benar

Bagi orang yang masih awam dan pertama kali mengirimkan surat lamaran, jangan lewatkan untuk melihat contoh tulisan di amplop lamaran kerja. Ini penting sebagai referensi Anda saat mengirimkan berkas lamaran kerja.

Amplop kerja memang ada banyak jenisnya, tapi lebih baik pilih yang berwarna cokelat ukuran F4 dan polos.

Lalu, bagian depannya jangan lupa untuk ditulis beberapa hal penting. Tulisan yang ada di amplop itu penting, karena memuat informasi yang sangat krusial.

Ada 3 element yang ada pada amplop dan wajib untuk ditulis oleh pelamar pekerjaan. Apa sajakah itu?

  1. Posisi Lamaran dan Jurusan

Untuk tulisan pertama yang ada di amplop sebelah kanan atas itu berisi tentang posisi lamaran yang ingin Anda masuki. Kemudian ada juga jurusan Anda sendiri.

Tujuan menuliskan ini agar staff yang bertugas menerima surat lamaran, mudah menyortir berkas. Karena sudah ditujukan dengan jelas di amplop. Contohnya seperti berikut :

Posisi : Marketing 

Jurusan : S1 Ekonomi

  1. Informasi Pelamar Kerja

Lalu untuk tulisan yang kedua ada informasi atau identitas dari pelamar, yaitu Anda. Biasanya diletakkan pada sebelah kiri atas. Berjejer dengan posisi lamaran dan gelar.

Untuk identitas, cukup tuliskan nama lengkap sesuai KTP, alamat, email, dan juga nomor hp yang aktif. Untuk alamat, tulis domisili kota saja dan kode pos.

  1. Alamat Perusahaan yang Dituju

Lalu yang terakhir di bagian bawah amplop sebelah kanan, tuliskan alamat perusahaan yang dituju. Pastikan bahwa alamat yang ditulis benar. Disertai juga sapaan untuk HRD. Berikut contohnya :

Kepada Yth.

Bpk/Ibu HRD

PT. Permata Hijau

Jl. Pahlawan Merdeka No. 17

Semarang

Aturan yang mungkin sering dilupakan oleh para pelamar dan harus Anda ketahui. Selain mengetahui contoh tulisan di amplop lamaran kerja, jangan sampai amplop terlipat. Serta, gunakan tinta hitam yang jelas ketika menulisnya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.