10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara membuat CV di canva

Cara Membuat CV di Canva Termudah untuk Melamar Pekerjaan

Panduan dan cara membuat CV di canva menjadi hal yang banyak dilakukan pencari kerja. Terutama jika ingin membuat curriculum vitae menggunakan platform online. Tentunya Canva telah dijadikan sebagai suatu rekomendasi.

Pada dasarnya kegiatan melamar pekerjaan dapat menjadi aktivitas yang sulit. Apalagi jika tidak menyiapkan dengan benar dalam melengkapi setiap tahapan. Kalau belum berpengalaman merancang CV, kemungkinan besar juga kesulitan.

Tapi jangan khawatir karena ada langkah tersendiri membuat dengan mudah. Pastikan supaya Anda mengikuti tahapan tepat dalam platform Canva itu sendiri. Tidak lain supaya proses lamaran pekerjaan tersebut lebih lancar.

Kita sudah mengenal Canva dijadikan sebagai website editing gratis. Pada kebutuhan desain grafis termasuk resume ternyata bisa membantu dengan baik. Anda dapat memanfaatkan untuk pembuatan yang berkualitas dan meloloskan pelamar.

Baca juga: Situs untuk download template CV Gratis

Cara Membuat CV di Canva Sebagai Dokumen Lamaran Kerja

Disebabkan oleh platform ini mudah dipakai, wajar apabila semua orang segera memahaminya. Anda hanya perlu memastikan kalau mengetahui langkah pembuatan dengan baik. Termasuk aturan tepat beserta isi yang sudah direncanakan.

1. Membuat Akun Canva

Untuk cara membuat CV di canva diawali apabila sudah memiliki akun. Jadi, penting mendaftar akun Canva terlebih dahulu dengan masuk situs resminya. Kemudian memastikan nama lengkap, pekerjaan dan akun medsos.

Klik signup dan konfirmasi pembuatan akun menggunakan alamat email. Pada tahap kali ini, pembuatan akun telah selesai dilakukan. Tentunya bisa bersiap diri untuk membuat curriculum vitae setelah sukses punya akun.

2. Memilih Menu Making Curriculum Vitae

Langkah selanjutnya yakni dengan memilih menu membuat Curriculum Vitae. Anda tidak akan kesulitan disebabkan sudah menjadi salah satu fitur. Klik saja pembuatan desain dengan mengetik resume pada search bar.

Cara membuat CV di canva dapat segera dilakukan jika menemukan fitur tersebut. Kelebihannya membuat resume dapat dikatakan cukup mudah. Bukan hanya itu, tapi apabila dimanfaatkan sebagai CV tentunya sangat baik.

3. Mulai Kreasi CV

Tahapan penting lainnya adalah mulai membuat kreasi CV yang Anda inginkan. Tentunya telah dijadikan sebagai suatu poin penting disini. Kreasi perlu dilakukan dengan mudah dan akan dibantu disebabkan adanya template.

Cara membuat CV di canva tambah mudah dengan template. Terlebih ada gambar, warna, font maupun desain yang bisa diubah sesuai preferensi. Bahkan kalau ingin diubah dari nol tentunya dapat dilakukan.

4. Mengisi Bagian CV

Anda harus mampu mengisi bagian CV dengan baik sesuai tujuan dari data awal. Kita sebelumnya melakukan melakukan rancangan desain visual. Kali ini harus mengisi kontennya yang tidak lain bentuknya text.

Dalam cara membuat CV di canva, tambahkan untuk bagian kiri. Jangan lupa memilih add a little bit of body text jika muncul. Perlu memasukkan kontak, skill, pengalaman kerja yang relevan.

Pastinya masih dapat mengganti font, ukuran maupun warna teks supaya tambah menarik. Jangan lupa menambahkan logo perusahaan tempat sebelumnya bekerja. Jika telah selesai, bisa disimpan menjadi JPG, PNG atau SVG.

5. Finishing

Penting supaya melakukan finishing CV sebagai tahapan paling utama lainnya. Tentunya pada cara membuat CV di canva telah menjadi tahapan krusial lainnya. Pastikan memakai grouping sehingga kerapiannya tetap terjaga baik.

Pilih aja semua desain elemen maupun tulisan dan dijadikan satu grup. Sebelumnya harus memastikan dulu apabila semuanya telah sesuai keinginan. Tentu perlu agar selalu terlihat proporsional, tertata dan profesional.

6. Menyimpan dan Mengirimkan Pada Rekruiter

Langkah menyimpan tentunya selalu dilakukan apabila proses pembuatan curriculum vitae sukses. Biasanya dapat menggunakan format JPG atau PDF. Lalu setelah memilih formatnya, dapat menyimpan dengan klik logo Save.

Apabila telah dimiliki, kumpulkan bersama dengan dokumen lamaran kerja lainnya. Tentunya bisa dipakai untuk setiap lamaran dan lowongan. Semua cara membuat CV di canva tersebut bisa diikuti lagi apabila dibutuhkan.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja Untuk SMK

Kemudahan dalam membuat curriculum vitae tersebut dirasakan begitu baik. Meski begitu harus ada kepastian kalau memperhatikan tahapan yang tepat. Tentu demi tujuan menciptakan CV berkualitas dan menarik perhatian rekruiter.

Tidak menutup kemungkinan membutuhkan contoh apabila ingin membuat lebih baik. Pastinya bukan menjadi masalah karena telah terdapat contoh kita tiru. Tapi jika ingin memakai template Canva juga tersedia sangat lengkap.

Apabila ingin semakin berhasil fungsinya, pastikan dibuat lebih teliti. Terutama untuk menyiapkan supaya CV tersebut dapat semakin profesional. Lalu setiap cara membuat CV di canva yang telah diikuti dipastikan bekerja.

Bagikan Artikel: