cara melamar kerja di spbu pertamina

Rahasia Cara Melamar Kerja di SPBU Pertamina

Pertamina merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang gencar membuka lowongan.

Salah satu jenis lowongan yang gencar dibuka oleh bumn ini adalah petugas di SPBU.

Biasanya, lowongan ini menjadi incaran para pencari kerja. Berikut ini cara melamar kerja di SPBU pertamina, yuk simak!!!

Syarat dan Dokumen yang Diperlukan untuk Melamar Kerja di SPBU

Dilansir dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat bekerja di SPBU yaitu:

  • Perempuan / Laki-laki
  • Tinggi Badan minimal 155 cm untuk Perempuan dan 160 cm untuk Laki-laki
  • Umur maksimal 30 tahun untuk Supervisor dan Admin
  • Umur maksimal 25 tahun untuk Operator SPBU
  • Pendidikan minimal D3 untuk Supervisor dan Admin
  • Siap kerja shift
  • Siap ditempatkan di SPBU manapun
  • Bisa bekerja dalam Team
  • Berpenampilan menarik dan komunikatif

Berikut dokumen yang perlu dilengkapi untuk melamar kerja di SPBU:

  • CV
  • SKCK
  • SIM
  • Fotocopi KTP
  • Fotocopi Kartu Keluarga
  • Fotocopi Ijazah Pendidikan Terakhir
  • Surat Keterangan Sehat
  • Surat Lamaran Pekerjaan
  • Pas foto 3 x 4 (2 lembar)

Baca juga: Ternyata Cara Melamar Shopee Food Driver Mudah, Lho!

Tips Melamar Kerja di SPBU

Untuk bisa lolos dalam proses rekrutmen di SPBU, tentu ada beberapa tips yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Berikut tips melamar kerja di SPBU untuk Anda.

1. Cari Informasi Mengenai Lowongan yang Dibuka di SPBU

Anda dapat mencari informasi mengenai lowongan yang dibuka di SPBU dengan mengunjungi situs web resmi SPBU Pertamina, mengikuti akun media sosial mereka, atau berlangganan newsletter jika tersedia.

Segala informasi yang dimuat akan membantu Anda mengetahui posisi apa saja yang sedang dibuka dan kapan waktu penerimaan lamaran akan dibuka.

2. Perhatikan Kriterianya

Ketika Anda menemukan lowongan yang sesuai, perhatikan dengan cermat persyaratan dan kriteria yang dibutuhkan. Pastikan Anda memenuhi persyaratan tersebut, termasuk kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang diperlukan.

Apabila Anda tidak memenuhi kriteria tersebut, lebih baik mencari posisi yang lebih sesuai dengan latar belakang Anda.



3. Siapkan Dokumen Lamaran

Sebelum Anda melamar, pastikan untuk menyiapkan semua dokumen lamaran yang diperlukan dengan baik. Ini biasanya mencakup CV yang mencantumkan pengalaman kerja, pendidikan, sertifikat yang relevan, dan kontak referensi.

Selain itu, Anda juga bisa menulis surat lamaran yang menyoroti mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Lengkapi juga dokumen-dokumen wajib yang diminta, seperti fotokopi KTP, Ijazah, KK, SKCK, dan sebagainya.

Pastikan dokumen-dokumen tersebut rapi dan mudah dibaca rekruter.

Baca juga: Sudah Tahu 2 Cara Melamar Kerja di Alfamart, Mudah, Kok!

Cara Melamar Kerja di SPBU Pertamina

1. Kunjungi Situs Resmi SPBU Pertamina

Anda dapat mengunjungi situs resmi SPBU Pertamina di recruitment.pertamina.com.

2. Cari Lowongan Pekerjaan

Terdapat beberapa lowongan kerja yang dapat Anda pilih sesuai kualifikasi. Dari nama perusahaan, jenis program, tipe pekerjaan, hingga waktu lowongan kerja tersebut diposting, semua dimuat dalam website tersebut dan Anda dapat menyesuaikannya dengan loker yang Anda butuhkan.

3. Registrasi Data/Buat Akun di Website Karier Perusahaan

Buat akun dengan isi data diri Anda secara lengkap, seperti nama, nomor KTP atau NIK, alamat email, konfirmasi alamat email, password, konfirmasi password, dan ceklis kolom menyetujui ketentuan & persyaratan yang berlaku.



4. Baca Ketentuan dan Persyaratan

Sebelum Anda melanjutkan meng-klik button “DAFTAR”, pastikan Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan serta persyaratan yang telah ditentukan.

5. Lamar secara Online

Anda cukup mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di website Pertamina. Formulir pendaftaran tersebut mencakup data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan.

Setelah mengisi formulir pendaftaran, Anda perlu mengunggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti CV, KTP, ijazah, SKCK, dan segala dokumen yang diharuskan di upload pada laman pendaftaran tersebut.

6. Kirim Lamaran dan Tunggu Jadwal Wawancara

Setelah mengunggah dokumen persyaratan, Anda perlu menunggu proses seleksi. Jika Anda lolos seleksi, Anda akan dipanggil untuk mengikuti tes dan wawancara.

Baca juga: Cara melamar kerja di SPBU Vivo

Kapan Harus Melamar Kerja di SPBU Pertamina?

Banyak pelamar yang mempertanyakan, kapan waktu yang tepat untuk melamar kerja di SPBU Pertamina? Apakah sebaiknya melamar kerja sebelum SPBU tersebut beroperasi atau setelah beroperasi?

Dalam unggahan video Youtube, yang berjudul “Cara Melamar Kerja Operator SPBU Pertamina terbaru 2023 ! trik dan tips Rahasia” terdapat komentar yang di tanyakan oleh seorang warganet. Dimana dalam komentarnya dirinya menanyakan:

Assalamualaikum bang mau nanya kapan waktu yang tepat masukin lamaran ke SPBU yang buka , apakah sebelum opening atau sesudah? Ujar @jamaludinjamal7210

Sumber: Youtube

Menurut Angga Nopia selaku pembuat video “Cara Melamar Kerja Operator SPBU Pertamina terbaru 2023 ! trik dan tips Rahasia” menjelaskan jika waktu terbaik untuk melamar kerja di SPBU Pertamina adalah ketika SPBU tersebut masih dalam pembangunan, karena umumnya sebelum pembukaan, pihak SPBU akan mengadakan training terlebih dahulu dulu.

Hal ini dapat dilakukan pada SPBU yang baru akan beroperasi dan masih dalam tahap pembangunan. Dimana sangat disarankan untuk Anda melamar saat pembangunan SPBU telah berlangsung 70%.

Jika tidak terdapat kantor operasional untuk menyerahkan lamaran kerja Anda, cobalah untuk menghubungi security SPBU tersebut agar lamaran Anda dapat diterima.

penjelasan kapan sebaiknya melamar kerja di SPBU
Sumber: Youtube

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Di SPBU Sebagai Operator Paling Disukai HRD

Berapa Lama Kontrak kerja di SPBU Pertamina?

Masa kontrak kerja di SPBU Pertamina dimulai dengan masa training yang berlangsung selama 3 bulan. Pada periode training ini, karyawan akan mengikuti berbagai pelatihan dan pembekalan yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan baik di SPBU.

Setelah menyelesaikan masa training ini dengan sukses, karyawan dapat menjadi pegawai tetap di SPBU Pertamina, dan masa kontrak kerja mereka akan tergantung pada kesepakatan dan kebijakan perusahaan.

Periode kontrak kerja setelah masa training biasanya dapat bervariasi tergantung pada jabatan dan peran karyawan, dan dapat dijelaskan lebih lanjut oleh pihak manajemen SPBU Pertamina.

Berapa Gaji di SPBU Pertamina?

Dikutip dari ayobandung.com, gaji di SPBU Pertamina untuk para karyawan bervariasi sesuai dengan jabatan dan tingkat tanggung jawab yang mereka emban.

Posisi Manager SPBU mendapatkan kompensasi tertinggi dengan rentang gaji yang mencapai Rp 8.000.000 hingga Rp 22.500.000, sedangkan Asisten Manager di SPBU menerima gaji sekitar Rp 10.000.000.

Bagi Supervisor, gaji berkisar antara Rp 5.000.0000 hingga Rp 9.000.000. Kemudian untuk operator SPBU menerima gaji mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000.

Baca juga: Cara Melamar Kerja di SPBU Shell

Referensi:

  • Adminsosnaker. Diakses pada 2023. Lowongan Kerja SPBU GIRIPENI.
  • PT PERTAMINA (PERSERO). Diakses pada 2023. Recruitment Pertamina.
  • Dudung Ridwan. Diakses pada 2023. Pegang Uang Tiap Hari Tampak Mengasyikkan, Ternyata Segini Gaji Operator SPBU Pertamina.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!