Cara melamar kerja di point cafe Indomaret

Syarat dan Cara Melamar Kerja di Point Cafe Indomaret

Cara melamar kerja di point cafe Indomaret ini banyak sekali dicari para pencari kerja. Seperti lowongan kerja pada umumnya, lowongan tersebut juga diperuntukkan baik untuk laki-laki atau perempuan. Berikut ini syarat dan cara melamar kerja di point cafe indomaret, yuk simak!!!

Apa Itu Point Cafe Indomaret?

Dilansir dari Point Coffe, point cafe merupakan Coffee Shop dengan konsep “Grab & Go” untuk menyajikan kopi berkualitas yang segar. Point Coffe merupakan salah satu produk dari Pt Indomarco Prismatama atau yang biasa disebut dengan Indomaret merupakan jaringan minimarket franchise yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Minimarket ini menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari.

Syarat Melamar Kerja di Point Cafe Indomaret

Dilansir dari Indomaret Group, berikut ini syarat melamar kerja di point cafe yaitu:

  1. Pria/Wanita
  2. Umur 18-25 tahun
  3. Berpenampilan menarik, sehat jasmani rohani, tidak bertato, dan khusus pria tidak bertindik
  4. Jujur dan cekatan
  5. Mahasiswa/i aktif
  6. Domisili atau kampus di sekitar lokasi
  7. Bersedia bekerja sesuai hari dan jam kebutuhan store
  8. Bersedia menerima uang jajan melalui aplikasi i-Saku
  9. Bersedia mendaftar i-Saku Full Service yang dapat dilakukan melalui aplikasi i-Saku dengan panduan sebagai berikut: Petunjuk Pendaftaran Full Servis i-Saku
  10. Mengunggah video berdurasi maksimal 30 detik, berisi :
    Perkenalan diri
    Mengucapkan salam kepada konsumen
    Berjalan tampak full body (tampak depan, belakang, samping kiri, samping kanan)
    Suara terdengar jelas
  11. Berikut adalah dokumen yang harus Anda sediakan jika dihubungi oleh perusahaan:
    Fotokopi Tranksrip Nilai
    Fotokopi Kartu Mahasiswa (KTM)
    Fotokopi KTP
    Fotokopi KK

Baca Juga : Gaji Barista Point Café Indomaret dan Tugasnya

Cara Melamar Kerja di Point Cafe Indomaret

1. Kunjungi Situs Resmi Indomaret

Buka situs web resmi Indomaret www.indomaret.co.id dan cari bagian “Karir” atau “Lowongan Kerja”. Di sana, Anda akan menemukan informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.



2. Pilih Lowongan yang Sesuai

Telusuri daftar lowongan pekerjaan yang tersedia dan pilih yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda. Pastikan Anda membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat untuk memahami persyaratan dan tanggung jawab yang diperlukan.

3. Daftar atau Login Akun

Jika sudah memiliki akun, Anda dapat masuk ke akun tersebut. Jika belum, Anda perlu mendaftar akun di situs web Indomaret. Ini biasanya melibatkan mengisi formulir dengan informasi pribadi Anda.

4. Isi Formulir Lamaran

Setelah masuk ke akun atau mendaftar, Anda akan diminta untuk mengisi formulir lamaran pekerjaan. Formulir ini biasanya mencakup informasi tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan informasi kontak Anda.

5. Unggah CV dan Surat Lamaran

Biasanya, Anda akan diminta untuk mengunggah CV dan surat lamaran. Pastikan CV dan surat lamaran Anda terkini dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

6. Kirim Lamaran

Setelah mengisi formulir lamaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan, pastikan untuk mengirimkan lamaran Anda melalui situs web. Biasanya, ada tombol “Kirim” atau “Submit” yang harus Anda klik.



7. Tunggu Tanggapan

Setelah mengirimkan lamaran, Anda perlu menunggu tanggapan dari pihak Indomaret. Mereka akan menghubungi Anda jika Anda terpilih untuk proses seleksi lebih lanjut, seperti wawancara atau tes.

8. Persiapkan Diri untuk Wawancara

Jika Anda dipanggil untuk wawancara, persiapkan diri dengan baik. Pelajari tentang Point Cafe Indomaret, pertimbangkan pertanyaan yang mungkin diajukan, dan bawa dokumen-dokumen yang relevan seperti sertifikat pendidikan dan pengalaman kerja.

9. Ikuti Proses Seleksi

Ikuti tahapan seleksi dengan baik, termasuk wawancara dan tes yang mungkin diperlukan. Tunjukkan kemampuan dan motivasi Anda dalam proses ini.

10. Tunggu Hasil Akhir

Setelah selesai proses seleksi, tunggu hasil akhir dari pihak Indomaret. Jika Anda diterima, mereka akan memberikan informasi lebih lanjut tentang tata cara penerimaan dan tanggal mulai kerja.

Baca juga: Berapa gaji barista Kopi Kenangan? Temukan jawabannya disini!

Tugas Barista Indomaret

1. Menyiapkan Minuman

Anda akan bertanggung jawab untuk meracik dan menyajikan berbagai jenis minuman, terutama kopi. Ini mencakup menggiling biji kopi, mengekstrak espresso, mengukur dan mencampur bahan-bahan minuman seperti susu, sirup, gula, dan lainnya sesuai dengan pesanan pelanggan.

2. Mengoperasikan Mesin Kopi

 Anda akan harus menguasai penggunaan mesin kopi espresso, termasuk mengatur suhu, tekanan, dan waktu ekstraksi untuk menciptakan kopi dengan kualitas terbaik.

3. Menghias Minuman

Beberapa minuman kopi mungkin memerlukan hiasan atau pola di atas crema kopi. Keterampilan dalam membuat latte art bisa menjadi nilai tambah.

4. Melayani Pelanggan

Anda akan berinteraksi langsung dengan pelanggan saat mereka memesan minuman. Anda harus ramah, cepat, dan dapat menjawab pertanyaan tentang menu dan minuman yang ditawarkan.

5. Mengelola Stok Bahan Baku

Memastikan stok biji kopi, susu, sirup, gula, dan bahan-bahan lainnya selalu tersedia dan dalam kondisi yang baik.

6. Mengelola Keuangan

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus mengelola uang tunai dan peralatan kasir untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

7. Menjaga Kebersihan

Melakukan tugas-tugas kebersihan di area kerja Anda, termasuk membersihkan mesin kopi, alat-alat, dan area penyiapan minuman.

8. Mengikuti Prosedur Keamanan dan Kebersihan

Selalu mematuhi pedoman keamanan makanan dan minuman, termasuk memastikan bahwa semua minuman disajikan dengan aman dan higienis.

9. Melayani Makanan Ringan

Di beberapa cabang Indomaret, Anda juga mungkin bertugas untuk melayani makanan ringan atau camilan lainnya kepada pelanggan.

10. Menangani Keluhan Pelanggan

Mengatasi keluhan atau masalah pelanggan dengan sopan dan mencari solusi yang memuaskan.

Baca juga: Gaji Barista Pemula Yang Wajib Anda Ketahui

Keuntungan Bekerja di Point Cafe Indomaret

Karyawan Indomaret akan memperoleh beberapa keuntungan atau hak istimewa selain gaji pokok, yaitu :

  • Gaji pokok yang umumnya tergantung oleh posisi dan juga wilayah penempatan
  • Tunjangan Hari Raya (THR)
  • Gaji tambahan lembur
  • Tunjangan toko khusus

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe dan Cara Membuatnya


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.