cara melamar kerja di bank tabungan negara (BTN)

Seperti Apa Cara Melamar Kerja di Bank Tabungan Negara (BTN)?

Kami akan menjelaskan cara melamar kerja di Bank Tabungan Negara (BTN) untuk Anda yang ingin mendaftar. Terlebih lagi bank satu ini jadi salah satu bank besar yang ada di Indonesia.

Tentunya sebagai calon pelamar harus banyak mencari informasi tentang lowongan kerja yang ingin diajukan. Hal ini dikarenakan akan berhubungan langsung dengan pengajuan posisi serta persyaratannya.

Jika memang memiliki kecocokan dari posisi yang dilamar dengan kriteria pelamarnya. Maka, cara melamar kerja di Bank Tabungan Negara (BTN) bisa diikuti langkah-langkahnya sebelum akhirnya diterima sebagai pegawai.

Simak Cara Melamar Kerja di Bank Tabungan Negara (BTN)!

Ada beberapa tahapan dari cara melamar kerja di Bank Tabungan Negara (BTN). Di bawah ini merupakan rangkaian prosesnya yang harus anda tahu dan coba ketika ingin melakukan pendaftaran.

  1. Langkah pertama adalah dengan mendaftarkan diri secara langsung di website resminya https://recruitment.btn.co.id
  2. Daftarkan diri anda jika belum memiliki akun di website tersebut dengan mengisi form pada bagian pendaftaran user id. 
  3. Jika sudah, lakukan log in melalui alamat email yang sudah didaftarkan dan dikirimkan untuk melakukan proses aktivasi. 
  4. Setelah user id aktif, tahap selanjutnya adalah dengan mengisi Curiculum Vitae (CV) yang dilengkapi dengan daftar riwayat hidup di bagian akun profil websitenya.
  5. Carilah lowongan yang tersedia dan apa saja posisinya.
  6. Tentukan apakah kriteria anda selaras dengan persyaratan atau posisi yang ingin diajukan dilihat dari kualifikasinya.
  7.  Terus lakukan update secara langsung pada laman portal website untuk mengetahui segala informasinya yang akan diumumkan pada bagian menu inbox profil akun.

Penting bagi anda untuk memperhatikan kualifikasi sebelum mengajukan posisi pada website. Karena itu akan berkaitan dengan proses seleksi kandidat nantinya dan siapa pelamar yang terpilih.

Baca juga: Bagaimana Cara Melamar Kerja di Bank Rakyat Indonesia (BRI)?

Lamaran Hanya Melalui Website Resmi BTN

Mungkin beberapa diantara Anda ada yang memiliki pertanyaan seperti apakah lamaran bisa diantarkan secara langsung? Apakah akan berbeda dengan proses recruitment di dalam website Bank Tabungan Negara (BTN)?

Untuk proses pendaftaran atau pengajuan lamaran kerja secara langsung tidak dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan seluruh proses rekruitmen tidak dilakukan secara langsung, melainkan melalui website online di https://recruitment.btn.co.id.

Sehingga, tak perlu harus datang langsung ke kantor atau cabang Bank Tabungan Negara (BTN) ini. Oleh karenanya, penting bagi pelamar agar mengetahui cara melamar kerja di Bank Tabungan Negara (BTN).

Selain itu, karena proses rekruitmen berlangsung secara online, jadi tidak akan ada penambahan biaya. Jika ada tambahan biaya, pastikan kembali tempat yang anda lamar apakah sesuai atau tidak.

Baca juga: Ketahui Cara Melamar Kerja di Bank OCBC Berikut Ini!

Bolehkah Mendaftar Lebih Dari Satu Posisi?

Bagi para pelamar adakah ketentuan terkait dengan jumlah posisi yang ingin diajukan? Jawaban dari pertanyaan ini menarik untuk diulas karena biasanya para pelamar ingin mencoba lebih dari satu posisi.

Apalagi untuk para pelamar yang memiliki kualifikasi berdasarkan lowongan posisi di BTN. Jadi, tak heran jika pertanyaan ini kerap diajukan sebagai bentuk pencadangan bila memang pada salah satu posisi diterima.

Namun, sayangnya di BTN tidak menerima pengajuan posisi lebih dari satu. Sehingga, untuk satu pelamar hanya diizinkan agar memilih satu posisi yang ingin di apply sesuai kemampuannya.

Jika memang ingin melamar di posisi lain, maka bisa mencobanya setiap 6 bulan selanjutnya. Cara melamar kerja di Bank Tabungan Negara (BTN) melalui website juga praktis, tak harus datang langsung. 

Baca juga: Cara Melamar Kerja di Bank Mega Terbaru 2023

Persyaratan Ini Harus Sesuai dengan Calon Kandidat

Lalu untuk persyaratannya seperti apa? Terkait dengan persyaratan ini tidak jauh berbeda dengan bank lainnya. Berikut persyaratan dari Bank Tabungan Negara (BTN) yang perlu anda tahu.

  1. Harus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) bukan Warga Negara Asing (WNA)
  2. Laki-laki atau perempuan diperbolehkan mendaftar sesuai dengan posisi yang tersedia
  3. Berusia maksimal 26 tahun belum berumur 27 tahun ketika sedang proses rekruitmen
  4. Untuk pendidikan minimal S1 dari Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan Tinggi Negara yang terkemuka dengan nilai IPK minimal 3,00-4,00 sesuai standarnya
  5. Tinggi badan pria minimal 160 cm dan perempuan 155 cm
  6. Berpenampilan menarik dengan berat badan proporsional
  7. Bersedia menjalankan sesuai kontrak kurang lebih selama 5 tahun

Baca juga: Cara Melamar Kerja di Bank BNI Beserta Syaratnya

Itulah beberapa persyaratan sebelum anda mendaftar di dalam websitenya. Cara melamar kerja di Bank Tabungan Negara (BTN) harus disesuaikan dengan persyaratan sesuai dengan kriteria yang disebutkan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!