10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

berapa biaya membuat surat keterangan sehat

Berapa Biaya Membuat Surat Keterangan Sehat?

Mengenai berapa biaya membuat surat keterangan sehat dapat disesuaikan dengan tempatnya. Jika Anda mengunjungi puskesmas maka biaya administrasinya sekitar 10- 60 ribu. Berbeda dengan rumah sakit yang biaya administrasinya dari 30 – 70 ribu.

Jadi semua tergantung dengan tempatnya. Surat keterangan sehat merupakan sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh para dokter yang berasal dari institusi kesehatan. Perlu menjadi perhatian, bahwa dokumen tersebut dapat diperoleh dari institusi di mana saja.

Jadi tidak bergantung pada domisili yang ada di KTP Anda. Perlu menjadi catatan, bahwa dokumen tersebut berisi mengenai pernyataan dokter yang menyatakan bahwa Anda dalam kondisi sehat baik secara jasmani maupun Rohani sesuai dengan pemeriksaan yang dilakukan. 

Perhatian Ketentuan Surat Keterangan Sehat

Sebelum proses pembuatan surat, terdapat berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi. Setiap institusi kesehatan memiliki berbagai persyaratan serta prosedur yang berbeda. Meski begitu, terdapat berbagai persyaratan umum yang berlaku pada setiap institusi kesehatan. 

Anda cukup membawa KTP atau kartu keluarga asli jika belum mempunyai KTP. Terdapat berbagai ketentuan dalam berapa biaya membuat surat keterangan sehat serta pembuatannya. Pertama pemohon harus dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. 

Jika mempunyai riwayat penyakit, harus diadakan pemeriksaan secara lebih detail pada poli sesuai riwayat penyakitnya. Jangan lupa untuk membawa photo copyannya, serta pas foto berwarna ukuran 3 x 4. 

Untuk dapat melengkapi data sesuai rumah sakit, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai persyaratannya termasuk biaya membuat surat keterangan sehat dalam RS tersebut.

Surat tersebut umumnya digunakan sebagai syarat tambahan saat akan melamar sebuah pekerjaan, melakukan perjalanan dinas di dalam negeri maupun luar negeri, melanjutnya pendidikan serta mengikuti acara penting. Berapa biaya membuat surat keterangan sehat memang harus diperhatikan.

Jika pada pemeriksaan tersebut dapat disesuaikan dengan minimal kondisi Anda, maka baru bisa melakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur dokter tempat Anda memeriksa. Kedua, dalam proses pembuatannya tidak bisa diwakilkan oleh orang lain, jadi harus Anda sendiri yang mengurusnya. 

Pemeriksaan harus dilakukan oleh diri sendiri, begitu pula dengan pengurusan berkas termasuk berapa biaya membuat surat keterangan sehat di RS tersebut. Ketiga, Anda wajib mengikuti berbagai prosedur pemeriksaan kesehatan oleh dokter, jika menolak maka dokter mempunyai hak untuk tidak menerbitkan surat keterangan sehat. 

1. Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Anda bisa langsung datang ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat. Kemudian, lakukan pendaftaran di loket dengan membawa berkas yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan puskesmas maupun rumah sakit tertentu. Nantinya Anda akan mendapatkan nomer antrean.

Jika sudah giliran, Anda akan melakukan berbagai pemeriksaan kesehatan. Setelah selesai dengan berbagai pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Bisa langsung melakukan pembayaran biayanya di loker pembayaran atau kasir. 

Setelah melakukan pembayaran tersebut, Anda baru bisa mengambil surat keterangan sehat tersebut di loket pengambilan. Selesai terkait berapa biaya membuat surat keterangan sehat.

2. Perhatikan Prosedur Pengurusan Dokumen

Perlu menjadi perhatian bahwa terdapat perbedaan pengurusan dokumen pada puskesmas dan rumah sakit. Jika di puskesmas prosedurnya sama seperti pada umumnya. Berbeda dengan rumah sakit yang mempunyai prosedur yang berbeda-beda. 

Di rumah sakit, Anda harus mengunjungi customer service terlebih dahulu untuk dapat melakukan pendaftaran. Perlu menjadi perhatian, bahwa pembuatan dokumen tersebut tidak bisa menggunakan BPJS atau semacamnya, jadi harus tetap membayar biaya administrasi. 

Setelah menunggu, nantinya dokter akan memanggil dan melakukan berbagai pemeriksaan yang diperlukan. Jika semua hal aman, surat akan langsung diberikan pada bagian cs dan tidak perlu khawatir berapa biaya membuat surat keterangan sehat.

3. Contoh Surat Keterangan Sehat

Pada dokumen yang dibuat oleh puskesmas, terdapat nama, alamat serta nomor suratnya, kemudian data diri Anda, umur, jenis kelamin serta alamat sesuai domisili atau tempat tinggal saat ini. Lanjut dengan hasil pemeriksaannya yang memuat tinggi, berat badan, tekanan darah, golongan darah. 

Serta riwayat penyakit yang diderita oleh pasien. Tidak beda jauh dengan surat yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Namun, perbedaanya ada pada penulisan kalimat akhirnya pada bagian pernyataan oleh dokter. Tanggal dokumen dibuat, nama dokter serta tanda tangannya. 

Perlu menjadi perhatian, apalagi memiliki riwayat penyakit tertentu maka harus ada pemeriksaan lebih lanjut, jika hal tersebut dibutuhkan. Mengenai berapa biaya membuat surat keterangan sehat akan disesuaikan dengan rumah sakit, tempat Anda memeriksa. 

Bagikan Artikel: