10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Apakah Surat Keterangan Sehat Masih Dibutuhkan Saat Melamar Kerja?

Apakah Surat Keterangan Sehat Masih Dibutuhkan Saat Melamar Kerja?

Untuk pelamar kerja, apakah surat keterangan sehat masih dibutuhkan saat melamar kerja tergantung dari perusahaan tempat Anda melamar. Sebab, setiap perusahaan memiliki berbagai persyaratan yang berbeda-beda. Jadi, tidak semua membutuhkan dokumen tersebut. 

Namun, jika hendak melamar kerja di sebuah perusahaan tertentu, ada baiknya untuk menyiapkan surat tersebut untuk jaga-jaga, apabila benar-benar dibutuhkan. Jika tidak ada dokumen pendukung, hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan. 

Apakah Surat Keterangan Sehat Masih Dibutuhkan Saat Melamar Kerja? Simak Fungsinya

Perlu menjadi perhatian dokumen tersebut sangat berguna untuk melamar pekerjaan sebagai dokumen tambahan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi para perusahaan. 

Jadi, jika Anda bertanya, apakah surat keterangan sehat masih dibutuhkan saat melamar kerja jawabannya adalah masih. Maka dari itu, Anda bisa lekas mempersiapkannya dengan baik dan benar.

Perlu menjadi perhatian syarat dan cara pembuatan dokumen tersebut cukup mudah, jadi bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit mana saja, dan bisa dilakukan kapan saja. Anda hanya harus mempersiapkan berbagai dokumen pentingnya. 

Apakah surat keterangan sehat masih dibutuhkan saat melamar kerja sebenarnya masih menjadi penting di berbagai perusahaan. Sebab, keterangan sehat yang berasal dari dokter merupakan faktor terpenting apalagi pada sebuah jabatan tertentu. 

Syarat untuk pembuatan dokumen tersebut adalah photocopy KTP dan KK, serta menyediakan pas photo bergambar ukuran 3 x 4. Dalam biaya administrasinya juga cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar 30- 70 ribu saja tergantung dari tempat pemeriksaannya. 

Apakah surat keterangan sehat masih dibutuhkan saat melamar kerja akan ditentukan bagi setiap perusahaan tempat Anda melamar. Namun, tidak ada salahnya jika mempersiapkan hal tersebut.

Selain hal tersebut, dokumen ini juga dibutuhkan untuk mengurus perpanjang SIM atau surat izin mengemudi. Hal tersebut dikarenakan, setiap pengemudi harus dalam keadaan sehat, yang di mana tidak memiliki riwayat penyakit yang serius, sehingga dapat berkendara dengan baik. 

Hal tersebut menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk diperhatikan. Jadi, sebelum mengurus perpanjangan SIM, sebaiknya Anda membuat dokumen keterangan sehat terlebih dahulu, agar proses pengurusan SIM menjadi lebih mudah dan cepat. 

Selain itu, jika Anda ingin bepergian untuk tugas kantor, khususnya ke luar negeri, dokumen tersebut sangat dibutuhkan. Apalagi jika negara tujuan masih membatasi Covid-19. Terdapat berbagai syarat tertentu untuk membuat surat keterangan sehat yang terbebas dari covid-19. 

Lanjut dengan fungsi lain, yaitu untuk dokumen tambahan jika Anda ingin melanjutkan pendidikan di sebuah institusi. Perlu menjadi perhatian, bahwa dokumen pendukung tersebut menjadi syarat yang sangat penting agar diperhatikan. Sehingga bisa mendukung Anda untuk lolos seleksi. 

Perlu menjadi catatan, terdapat jangka waktu dalam dokumen tersebut yang wajib diperhatikan. Umumnya surat keterangan sehat bisa berlaku 1 sampai 2 minggu. Maka dari itu, diharapkan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya.

Apakah surat keterangan sehat masih dibutuhkan saat melamar kerja akan terlihat saat perlengkapan dokumen berlangsung. Biasanya dapat melalui email ataupun secara langsung di kantor.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatannya

Perlu menjadi perhatian, pada rumah sakit dan puskesmas mengalami perbedaan prosedur yang harus Anda pahami. Jadi, tidak bingung saat sudah berada di tempat. Dianjurkan untuk datang lebih pagi, untuk menghindari antrean panjang. 

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah persyaratan non dokumen yang harus dipenuhi. Seperti, pembuatan surat tidak bisa diwakilkan, harus memenuhi panggilan atau mengikuti semua anjuran dokter. Jika melanggar maka tidak bisa mendapatkan surat tersebut. 

Persyaratan dokumen harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, agar bisa mendapatkan pelayanan seperti yang lain. Perlu diingat, bahwa terdapat biaya administrasi yang harus dipenuhi. Sehingga jangan lupa untuk membawa uang ketika periksa. 

Biaya tersebut ditentukan berdasarkan tempat yang Anda pilih. Satu hal lagi, biaya tersebut tidak ditanggung oleh BPJS maupun Asuransi jenis apapun. Jadi, pastikan menyisihkan uang cash untuk membayar biaya administrasinya. 

Jika sudah selesai dengan berbagai kegiatan tersebut, jangan lupa untuk langsung photo copy dan juga scan surat untuk menghindari kehilangan atau dokumen tercecer. Hal ini sangat penting, mengingat banyak orang yang teledor dalam menjaga dokumennya.

Perlu menjadi perhatian, dokumen tersebut masih mempunyai banyak fungsi untuk Anda. Maka dari itu, apakah surat keterangan sehat masih dibutuhkan saat melamar kerja tergantung dari perusahaannya.

Bagikan Artikel: