10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara membuat surat keterangan sehat

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat yang Perlu Dipahami

Cara membuat surat keterangan sehat menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan agar dipahami dengan baik. Hal tersebut menjadi syarat wajib jika ingin melamar sebuah pekerjaan di perusahaan tertentu. Jika sudah memahami dengan baik, maka akan mudah membuatnya.

Dokumen yang diperlukan untuk membuatnya adalah KTP baik asli maupun fotokopi, Pas foto berwarna 3 x 4, biaya administrasi yang sekitar Rp. 10-50 ribu, tergantung dari tempat mengurusnya. Jangan memberikan uang lebih jika pengurusan tidak benar.

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat merupakan sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh penyedia layanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Tujuannya adalah untuk menyatakan kondisi badan yang sehat secara jasmani maupun sehat secara rohani. 

Surat tersebut sering digunakan sebagai dokumen untuk melamar pekerjaan serta membuat maupun memperpanjang surat izin mengemudi atau SIM. Dokumen tersebut juga seringkali dibutuhkan jika ingin melanjutkan pendidikan, atau mengikuti berbagai acara penting.

Maka dari itu cara membuat surat keterangan sehat menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami. Perlu menjadi perhatian bahwa terdapat beberapa syarat dalam membuat surat tersebut yang harus ditaati agar proses pengurusan dapat lebih mudah. 

Perlu menjadi perhatian untuk membuat dokumen tersebut, Anda tidak bisa diwakilkan, sehingga harus Anda sendiri yang datang ke puskesmas ataupun rumah sakit untuk mengurusnya. Terdapat beberapa hal yang juga yang harus diperhatikan. 

Pastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan. Sebelum mendatangi rumah sakit maupun puskesmas, Anda harus memastikan kondisi badan dalam keadaan vit. Hal tersebut akan memberi kemudahan untuk Anda. Berikut cara membuat surat keterangan sehat.

1. Mendatangi Fasilitas Kesehatan

Setelah memastikan kondisi badan dalam keadaaan sehat, Anda bisa langsung mendatangi berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit umum daerah, atau puskesmas. Jangan lupa untuk membawa berbagai dokumen yang harus disediakan untuk mempermudah administrasi. 

2. Mendaftarkan Diri

Jika sudah sampai ke fasilitas kesehatan, Anda bisa langsung mendaftarkan diri dengan menyerahkan berbagai berkas sebagai persyaratan, dan jangan lupa untuk membayar biaya administrasinya. Waktu terbaik untuk mengurus dokumen tersebut adalah pagi hari. 

Hal itu bertujuan agar Anda tidak terkena antri, dan pengurusan bisa lebih cepat selesai. Nantinya Anda akan mendapatkan nomer antrean. Maka dari itu, perhatikan cara membuat surat keterangan sehat.

3. Melakukan Pemeriksaan

Jika sudah giliran nomer antian, Anda akan dipanggil menu ruang periksa. Dalam ruangan tersebut, dokter yang bertugas akan memberikan berbagai pertanyaan terkait riwayat kesehatan Anda secara umum sekaligus mengecek kondisi kesehatan saat ini. 

Pemeriksaan yang dijalani adalah pemeriksaan fisik, berat badan, tekanan darah, golongan darah, kesehatan telinga, kesehatan mata, riwayat penyakit dan lainnya. Hal tersebut akan sangat spesifik, sehingga dokter dapat memutuskan akan memberikan surat atau tidak. 

4. Mendapatkan Surat Keterangan Sehat

Setelah semua prosedur pemeriksaan telah selesai, dokter akan mencatat serta menandatangani surat keterangan tersebut. Beberapa rumah sakit mempunyai formatnya sendiri-sendiri, sebagian ada yang diketik lalu diprint, sebagian juga ada yang langsung ditulis dan ditandatangani. 

Namun, perlu menjadi perhatian, dalam cara membuat surat keterangan sehat jika kondisi fisik tidak mendukung, maka dokter tidak akan memberikan surat tersebut. Maka dari itu, penting sekali untuk memastikan kondisi fisik terlebih dahulu sebelum pergi ke dokter.

5. Menyimpan Dokumen

Setelah mendapatkannya, Anda bisa langsung menyimpan dokumen tersebut di tempat yang aman. Kami sarankan untuk langsung photo copy dan melakukan scan di hp. Tujuannya agar data tidak mudah hilang dan tetap aman tersimpan.

Perlu menjadi perhatian, bahwa setiap dokumen tersebut hanya berlaku beberapa hari saja. Jika masa berlaku nya sudah habis dan Anda masih membutuhkannya. Maka wajib untuk membuat dokumen yang baru. Cara membuat surat keterangan sehat harus dipelajari dan dipahami dengan benar. 

Dokumen tersebut mempunyai banyak manfaat, sehingga diharapkan semua orang yang membuatnya bisa menggunakannya dengan kebutuhan masing-masing. Sebab, terdapat hukum yang akan menindak lanjuti jika lalai dalam penggunaan surat tersebut.

Cara membuat surat keterangan sehat akan sangat membantu Anda untuk melengkapi berkas penting agar bisa melamar kerja di sebuah perusahaan, atau mengikuti berbagai kegiatan, dan bisa juga untuk syarat melanjutkan pendidikan tertentu.

Bagikan Artikel: