10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

masa berlaku surat keterangan sehat

Masa Berlaku Surat Keterangan Sehat yang Wajib Diketahui

Terdapat masa berlaku surat keterangan sehat yang harus Anda ketahui, mengingat pada saat masa berlaku sudah habis, dokumen tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Jadi, Anda harus membuat surat yang baru untuk dapat melengkapi dokumen penting. 

Surat keterangan sehat merupakan Pernyataan dokter berupa tulisan yang akan diberikan kepada para pasien. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan fisik sesuai dengan aturan serta syarat yang berlaku.

Dokumen tersebut sering kali menjadi salah satu syarat dalam berbagai urusan seperti melamar pekerjaan melanjutkan pendidikan serta Mengikuti berbagai acara penting. Pemeriksaan yang dilakukan menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan.

Masa Berlaku Surat Keterangan Sehat

Karena menyangkut kesehatan kondisi fisik serta jasmani seseorang berdasarkan pemeriksaan yang sudah dilakukan. Dokumen tersebut menjadi salah satu bukti fisik tentang kesehatan yang dikeluarkan oleh lembaga kesehatan.

Maka dari itu Anda perlu mengetahui masa berlaku Surat Keterangan Sehat agar bisa digunakan sebaik-baiknya dalam segala kebutuhan. Tujuannya untuk melengkapi dokumen penting. hal tersebut tidak bisa disepelekan. 

Maka dari itu, lebih baik membuat dokumen tersebut dalam waktu yang sudah dibutuhkan, sehingga tidak melewati masa berlakunya. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar Anda tidak membuang waktu dua kali hanya untuk membuat dokumen tambahan melalui puskesmas maupun rumah sakit. 

Setelah mengikuti berbagai prosedur pemeriksaan, maka Anda akan mendapatkan dokumen tersebut. Umumnya, masa berlaku surat keterangan sehat adalah 1-2 minggu, tergantung dengan rumah sakit atau puskesmas tempat Anda membuatnya. 

Terdapat berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk membuat surat keterangan sakit. Pertama adalah fotokopi kartu tanda penduduk atau KTP serta pas foto berwarna ukuran 3 x 4 syarat dokumen tersebut merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi.

Serta terdapat berbagai syarat non dokumen seperti pembuatan surat tidak dapat diwakilkan oleh orang lain, Anda harus mendatangi Puskesmas atau Rumah Sakit secara langsung, harus dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani.

Anda juga wajib mengikuti berbagai tes kesehatan yang diselenggarakan oleh dokter sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Perlu menjadi perhatian bahwa dalam membuat dokumen tersebut Anda harus membayar biaya administrasi

Umumnya biaya administrasi sebesar 30 sampai Rp60.000 terdapat berbagai keterangan Nan yang ada di dalam dokumen tersebut seperti nama umur jenis kelamin pekerjaan berat badan alamat tinggi badan tekanan darah golongan darah.

Serta riwayat penyakit pada berbagai Surat Keterangan Sehat jika tidak ada keterangan spesifik maka dalam paragraf penutup nya hanya akan dituliskan keterangan agar surat yang dibuat dapat dipergunakan dengan seperlunya.

Selanjutnya pada bagian penutup akan tercantum lokasi serta tanggal pembuatannya dan nama dan tanda tangan dokter yang sudah memeriksa Anda.

Tips Membuat Surat Keterangan Sehat

Selain memperhatikan masa berlaku Surat Keterangan Sehat, terdapat berbagai tips untuk membuat dokumen tersebut. Pertama Anda dapat datang ke rumah sakit atau atau Puskesmas terdekat di waktu pagi agar pelayanan semakin cepat.

Pada umumnya setiap rumah sakit buka dalam waktu 24 jam. Namun, dalam pelayanannya hanya dari pagi sampai siang saja, sekitar pukul 7 sampai 12 jam, jadi usahakan untuk datang saat Fasilitas Kesehatan tersebut sudah buka agar pemeriksaan bisa cepat selesai.

Tips selanjutnya adalah pastikan Anda membawa uang lebih untuk membayar biaya administrasinya. Lanjut dengan tips lain, pastikan saat hendak melakukan pemeriksaan, Anda dalam keadaan sehat baik secara jasmani maupun Rohani. 

Perlu menjadi perhatian, setiap informasi yang sudah tercantum di dalam surat tersebut, akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari rumah sakit serta dokter jaga. Maka dari itu, penggunaan surat harus sesuai dengan ketentuan, tidak boleh sembarangan. 

Jika kedapatan membuat dokumen palsu, maka akan ada hukuman sesuai dengan pasal yang berlaku. Setelah dokumen tersebut jadi, pastikan Anda mengecek dengan benar, agar tidak ada indikat pemalsuan dokumen atau hal lainnya, perhatikan hal tersebut.

Jika masa berlaku sudah habis dan masih membutuhkan sebaiknya bikin lagi di puskesmas maupun rumah sakit terdekat. Anda juga harus memahami masa berlaku surat keterangan sehat karena hal tersebut merupakan faktor paling penting. 

Bagikan Artikel: