apa itu perencanaan karir

Apa itu Perencanaan Karir? Langkah Penyusunan dan Manfaatnya

Untuk dapat meningkatkan karir tentunya perlu dimiliki perencanaan karir, lalu apa itu perencanaan karir?

Bagi seorang pekerja, jabatan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya setiap orang pasti menginginkan jabatan yang diinginkan serta memiliki jabatan setinggi mungkin. 

Jadi ketika masuk pada sebuah perusahaan, kemungkinan akan menimbulkan pertanyaan karir apa yang menjadi tujuannya. Dan jika tujuan tersebut tidak tercapai kemungkinan akan menimbulkan ketidak semangatan dalam bekerja atau bahkan mengundurkan diri.

Mengenal Apa itu Perencanaan Karir?

Apa itu perencanaan karir dari segi pengertiannya terdiri dari dua kata yaitu perencanaan dan karir. Perencanaan yaitu sebuah proses penentuan langkah atau rencana yang akan dilakukan di masa yang akan datang. 

Sementara karir yaitu semua pekerjaan atau posisi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dipegang seseorang selama masa kerjanya dan ikut andil dalam keberlangsungan, keteraturan serta kesuksesan perusahaan tersebut. 

Jadi perencanaan karir merupakan suatu perencanaan mengenai kemungkinan seseorang untuk dapat mengidentifikasi serta mengambil langkah untuk mencapai tujuan karirnya berupa kenaikan pangkat atau jabatan sesuai dengan persyaratan dan kemampuannya.

Pada prinsipnya perencanaan karir merupakan tanggung jawab perorangan karena pribadi pegawailah yang lebih mengenal berbagai hal yang berkaitan dengan kebutuhannya. 

Dengan perencanaan karir maka setiap individu dapat mengevaluasi kemampuan serta minatnya, mempertimbangkan kesempatan karir alternatif, merencanakan berbagai kegiatan pengembangan praktis dan menyusun tujuan karir.

Apa itu perencanaan karir juga dapat diartikan sebagai perjalanan kerja karyawan selama berada dalam perusahaan tersebut. Seorang karyawan dapat merencanakan karirnya saat dimulai bekerja sampai berhenti. 

Keberlangsungan karir seseorang ditentukan oleh karyawan tersebut. Namun, perusahaan juga akan melakukan evaluasi kinerja karyawan. 

Penilaian kinerja adalah proses penilaian prestasi kerja karyawan yang mampu memberikan umpan balik kepada karyawan dan perusahaan. 

Baca juga: Bolehkah perusahaan menahan ijazah karyawannya

Langkah-Langkah Menyusun Rencana Karir dan Manfaatnya

Setelah mengetahui pengertian apa itu perencanaan karir, berikut ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menyusun rencana karir.

  1. Penilaian Diri

Dalam perencanaan karir bertanya dan memahami diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Dengan begitu mampu mengetahui berbagai kesempatan, kendala, pilihan, kemampuan, konsekuensi, bakat, serta hal lainnya yang berhubungan dengan peluang karir.

  1. Menentukan Tujuan Karir

Ketika seseorang sedah mampu mengenal dan menilai dirinya, serta mengetahui arah dari berbagai kesempatan kerja, maka dapat dipastikan tujuan karir bisa ditentukan lalu kemudian diraih.

  1. Mempersiapkan Rencana

Mempersiapkan rencana merupakan salah satu langkah penyusunan dari apa itu perencanaan karir. Dimana rencana-rencana tersebut dibuat dan disusun dalam rangka mencapai tujuan karir yang diinginkan.

Baca juga: Keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja

  1. Melaksanakan Rencana

Suasana perusahaan sangat mendukung dalam mengimplementasikan rencana karir. Sehingga manajemen tingkat atas harus mampu mengajak semua tingkatan manajemennnya untuk membantu bawahannya dalam meningkatkan karir mereka.

Dengan adanya yang disebut apa itu perencanaan karir tentunya memberikan berbagai manfaat positif diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mendorong semangat kerja karyawan untuk terus tumbuh dan berkembang, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perusahaan.
  • Menurunkan tingkat perputaran karyawan karena perhatian terhadap karir individual dalam perencanaan karir yang sudah ditentukan dapat meningkatkan loyalitas pada perusahaan tempatnya bekerja.
  • Memberikan informasi kepada individu dan perusahaan yang baik berkaitan jalur potensial karir di perusahaan tersebut.
  • Memenuhi kebutuhan perusahaan akan sumber daya manusia potensial di masa yang akan datang.
  • Menyediakan fasilitas bagi penempatan internasional, pasalnya dengan perencanaan karir dapat membantu mengidentifikasikan serta mempersiapkan penempatan di luar negeri.
  • Mengembangkan pegawai yang bisa dipromosikan juga merupakan manfaat lainnya dari apa itu perencanaan karir.
  • Membuka jalan bagi karyawan berprestasi, karena dengan adanya perencanaan karir dapat memberikan keberanian kepada karyawan untuk melangkah lebih maju pasalnya mereka memiliki tujuan karir yang spesifik.
  • Menciptakan beragam angkatan kerja, ketika mereka diberikan perencanaan karir, karyawan dengan latar belakang yang berbeda bisa belajar mengenai organisasi untuk dapat meningkatkan kemampuan diri serta mengembangkannya.
  • Membantu dalam pelaksanaan rencana kegiatan yang telah disepakati, adanya perencanaan karir dapat membantu karyawannya untuk menduduki jabatan penting. Sehingga berbagai rencana-rencana kegiatan dapat tercapai.
  • Adanya perencanaan karir dapat membuat manager, karyawan, serta departemen lainnya menjadi lebih berhati-hati dengan kualifikasi serta kualitas karyawannya.

Sesulit apapun dalam meniti karir, perencanaan karir diperlukan bagi karyawan untuk selalu siap meraih berbagai peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. 

Orang-orang yang berhasil dan berprestasi pada setiap pekerjaannya di sebuah perusahaan biasanya sangat memperhatikan apa itu perencanaan karir. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.