tips menggunakan adobe illustrator dengan maksimal

5 Tips Menggunakan Adobe Illustrator dengan Maksimal

Jika suka design, Anda harus tahu tips menggunakan adobe illustrator dengan maksimal. Memang, adobe illustrator merupakan salah satu program terbaik untuk membuat design dan menggambar. Program ini biasanya bisa diunduh secara gratis untuk laptop atau PC.

Adobe illustrator sebenarnya sudah banyak digunakan oleh para ahli di bidang animator atau ilustrasi. Hal ini pasti menginspirasi para pemula untuk memakai program yang sama dalam pembuatan ilustrasi. Hanya saja tidak semua orang bisa memaksimalkan pemakaiannya.

Memang untuk memakai program ini, Anda harus benar – benar memahami bagaimana tips menggunakan adobe illustrator dengan maksimal. Dengan memakai tipsnya, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana menggunakan semua tools untuk menghasilkan ilustrasi terbaik.

Bagi para pemula di bidang pembuatan ilustrasi, tentu suatu hari nanti ingin menjadi ahli yang ilustrasi buatannya sangat menakjubkan. Itu sebabnya memahami dan mencoba memakai beberapa tips berikut ini sangat penting dilakukan.

5 Tips Menggunakan Adobe Ilustrator dengan Maksimal

Biasanya program ini sudah tersedia otomatis di PC atau laptop. Namun jika belum ada, sebaiknya unduh dulu programnya di PC  atau laptop. Setelah itu coba lakukan beberapa tips untuk memaksimalkan pemakaian programnya berikut ini. 

  1. Belajar memakai shape

Anda bisa memaksimalkan program ini melalui belajar memakai tools shape terlebih dulu. Shape digunakan untuk membuat bentuk – bentuk sederhana sebagai dasar gambar atau ilustrasinya. Misalnya dengan membuat bentuk lingkaran, segitiga, kotak dan lainnya.

Coba biasakan diri memakai shape terlebih dahulu, karena jika memakai tools ini, Anda tidak harus membuat bangun sederhana secara manual. Selain untuk mempersingkat waktu, shape akan membantu pembuatan bentuk – bentuk sederhana menjadi lebih rapi dan proporsional.

  1. Memanfaatkan pen tool

Kemudian tips menggunakan adobe illustrator dengan maksimal lainnya adalah melalui pemakaian pen tool. Setelah terbiasa membuat bentuk – bentuk sederhana dengan tool shape, mungkin Anda sudah tahu bahwa shape belum tentu bisa menciptakan semua bentuk.

Itu sebabnya Anda harus memakai pen tool. Alat ini berfungsi untuk membuat bentuk yang tidak bisa dibuat oleh shape. Misalnya bentuk yang lebih aneh atau bukan merupakan bangunan datar sederhana. Namun perlu ketelitian dan hatti – hati saat memakai pen tool.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambar atau ilustrasi yang rapi. Cara memakai pen tool sama dengan cara memakai pulpen. Gerakkan saja pen tool memakai mouse ke arah sesuai dengan keinginan untuk membentuk sesuatu.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan canva

  1. Zoom in dan zoom out saat menggambar

Jika ingin tahu apakah gambarnya sudah sangat bagus dan mendetail atau tidak, Anda juga harus membiasakan diri memakai fitur zoom in dan zoom out. Jadi gambar atau ilustrasinya bisa diperbesar atau diperkecil tergantung kebutuhan saat sedang menggambar.

Tips menggunakan adobe illustrator dengan maksimal ini sebenarnya mudah dilakukan, jika laptop memiliki fitur layar sentuh pasti mudah zoom seperti saat memakai hp. Namun jika tidak ada fitur layar sentuh, Anda hanya perlu klik 2 kali untuk zoom in atau zoom out.

  1. Menggunakan gradasi

Lalu pastikan juga untuk memanfaatkan gradasi. Fitur ini ada untuk membantu memberikan warna pada gambar atau ilustrasinya. Gradasi juga bisa membuat warna tampak lebih muda atau tua tergantung keinginan. Kemudian bisa juga memberi warna hanya di beberapa tempat.

Namun gradasi ini hanya bisa dipakai untuk memberikan 1 warna. Jika ingin lebih dari 1 warna, Anda bisa memakai mesh tool.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan photoshop

  1. Memakai tools clipping mask

tips menggunakan adobe illustrator dengan maksimal lainnya adalah dengan memakai clipping mask. Tool ini biasanya dipakai untuk menambahkan teks ke dalam gambarnya dengan mudah, meskipun sebenarnya fungsi utama dari clipping mask adalah untuk menambah objek lain.

Bahkan meskipun ilustrasinya sudah selesai diunduh, Anda tetap bisa melakukan perbaikan dengan menambah objek melalui clipping mask. Begitu juga jika lupa menambahkan teks ke dalam gambarnya.

Menjadi ahli di bidang pembuatan ilustrasi bisa mulai dilakukan dengan menguasai adobe illustrator tersebut. Berlatih menerapkan tips menggunakan adobe illustrator dengan maksimal ini akan sangat membantu kebiasaan membuat ilustrasi yang sangat bagus.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!