rekomendasi skill yang mesti dipelajari di kelas online

Rekomendasi Skill yang Mesti Dipelajari di Kelas Online 

Untuk menghadapi dunia kerja, ada beberapa rekomendasi skill yang mesti dipelajari di kelas online untuk perlu diketahui. Bukan hanya akademik, tapi juga hard skill dan soft skill juga perlu dimiliki. 

Selama masa sekolah Anda pasti telah mempelajari banyak hal akademik dan non-akademik. Olahraga, seni, musik, dan lain sebagainya pasti sudah pernah dipelajari. Meski banyak untuk dipelajari, ternyata belajar di sekolah saja tidak cukup.

Untuk menutupi segala kebutuhan seseorang pada masa depan, ada beberapa keahlian untuk harus dimiliki. Seperti hal-hal di luar sekolah juga penting untuk dipelajari. 

4 Rekomendasi Skill yang Mesti Dipelajari di Kelas Online Wajib Diikuti

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kemampuan akademik tidak cukup untuk menghadapi dunia kerja. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan beberapa keahlian untuk bertahan. Sebagai rekomendasi, berikut keahlian untuk bisa didapat dalam kelas online.

1. Presentasi dan Publik Speaking

Kebanyakan orang tentunya akan grogi saat diminta memberikan ceramah atau berbicara di depan banyak orang. Berbicara di depan umum dan presentasi adalah hal untuk menakutkan bagi sebagian orang. 

Institut Kesehatan Mental Nasional (NIMH) menyatakan bahwa ketakutan berbicara adalah ketakutan yang sangat umum untuk mempengaruhi hingga 75 persen populasi. Ketakutan ini didasarkan pada review atau penilaian buruk dari orang lain. 

Padahal, berbicara dan presentasi merupakan salah satu rekomendasi skill yang mesti dipelajari di kelas online. Presentasi atau berbicara di depan umum merupakan kegiatan yang pasti akan dilakukan dalam masa depan. 

Seperti dalam pertemuan bisnis atau mencari pinjaman modal usaha. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan public speaking dan presentasi membuat Anda lebih percaya diri. 

Bahkan kemampuan ini akan memudahkan transfer ide dan gagasan, kemampuan memimpin tim dan mengembangkan kemampuan leadership. Public speaking dan presentasi harus memiliki target audiens. 

Baca juga: Rekomendasi kursus online gratis dapat sertifikat?

2. Kemampuan Menulis

Menulis adalah keterampilan dasar yang diajarkan sebelum taman kanak-kanak. Dalam sekolah dan universitas mempelajari berbagai jenis tulisan. Jenis kemampuan ini juga menjadi salah satu rekomendasi skill yang mesti dipelajari di kelas online perlu harus dimiliki.

Namun, masih ada hal tidak tertulis dalam sekolah yaitu etika. Misalnya menulis email lamaran, mengirim pesan ke dosen dan masih banyak lagi. Hal ini penting untuk dipelajari dan kuasai, terutama saat sedang bekerja. Keterampilan menulis ini penting karena dapat memengaruhi cara berkomunikasi dalam dunia profesional. 

3. Digital Marketing

Pemasaran digital juga menadi rekomendasi skill yang mesti dipelajari di kelas online ini bisa kamu temukan dalam berbagai tempat. Keterampilan ini merupakan kegiatan di mana produk dan layanan dipasarkan menggunakan media digital. 

Jika kita berbicara tentang pemasaran media sosial dan pengoptimalan mesin pencari pada bagian sebelumnya. Maka ini adalah bagian lebih spesifik dari pemasaran digital. Anda bisa mempelajari beberapa hal berhubungan dengan digital marketing lainnya.

Baca juga: Rekomendasi tempat belajar online agar dapat kerja



4. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) bisa menjadi pilihan lain jika Anda ingin meriset informasi berhubungan dengan dunia digital. Informasi ini dapat diterapkan saat Anda menggunakan situs web.

Salah satu rekomendasi skill yang mesti dipelajari di kelas online ini sedang naik daun. SEO adalah pekerjaan optimasi agar sebuah website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari Google. 

Kegiatan SEO ini dapat dilihat sebagai cara untuk meningkatkan peringkat situs web. Tampil di halaman pertama membantu pemilik website untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Lalu lintas ini dapat menjadi konsumen berkelanjutan.

SEO ini sangat berguna bagi pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya dalam jangka panjang. Salah satu kelebihan SEO ini walaupun gratis, adalah optimasi untuk memberikan hasil yang proporsional.

Anda dapat memilih kursus atau kursus pelatihan yang terdaftar untuk mendapatkan skill tambahan. Menyelesaikan kursus atau pelatihan sangat berguna. Jadi, pilihlah salah satu atau beberapa di antara rekomendasi skill yang mesti dipelajari di kelas online tersebut.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!