person holding silver iPhone 6

Macam Macam Teknik Pengolahan Data

Belakangan banyak orang yang menanyakan macam macam teknik pengolahan data. Data adalah alat penting untuk melakukan penelitian. Agar sebuah penelitian menjadi kredibel, itu harus didukung oleh sebuah bukti.

Kualitas penelitian meningkat dengan keakuratan data yang digunakan. Data studi dipecah menjadi beberapa kategori berbeda menurut sumbernya, skala pengukurannya, dan sifatnya.

Setiap jenis data memiliki sifat dan teknik pemrosesan yang unik. Data yang diklasifikasikan menurut sifatnya, seperti data kuantitatif, tentu berbeda dengan data kualitatif.

Selain untuk studi akademik, data sangat penting untuk bisnis dan organisasi pemerintah. Misalnya, bisnis yang menjual kosmetik dapat melakukan riset dengan menganalisis informasi penjualan produk, testimoni pelanggan, dan faktor lain yang relevan dengan tujuan studi.

Produktivitas perusahaan dan kualitas produk keduanya akan tumbuh sebagai hasil dari analisis data. Namun, banyak orang mungkin tidak memahami pentingnya prosedur pengolahan data.

Jadi, dalam posting ini, kita akan berbicara tentang macam macam teknik pengolahan data dan perbedaannya satu sama lain.

Pengertian Teknik Pengumpulan Data

Pengertian Teknik Pengumpulan Data. Sumber: Pexels.com

Teknik pengolahan data untuk mendapatkan informasi dikenal dengan pengolahan data. Adapun pengertian teknik pengolahan data menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut John Tukey, kata teknis dalam teknik analisis data digunakan untuk menggambarkan data penelitian. Prosedur ini menjelaskan bagaimana menyusun metode pengumpulan data penelitian agar analisis dapat diselesaikan lebih cepat, serta pendekatan untuk mengevaluasi hasil analisis data.
  • Menurut Spradley, analisis data dalam penelitian adalah cara berpikir yang sangat terikat untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sesuatu untuk mengidentifikasi komponen-komponennya, hubungan antara komponen-komponen itu, dan keterkaitannya dengan keseluruhan.
  • Sugiono menegaskan bahwa analisis data merupakan tugas penelitian yang menantang karena membutuhkan usaha keras, pemikiran orisinal, dan pemahaman tingkat tinggi.
  • Taylor mendefinisikan analisis data sebagai prosedur yang secara resmi mendokumentasikan upaya untuk mengidentifikasi tema, menetapkan hipotesis, dan memberikan dukungan dan tema untuk hipotesis.

Macam Macam Teknik Pengolahan Data

Baik metode pengolahan data kualitatif maupun kuantitatif merupakan salah satu dari sekian banyak teknik pengolahan data yang tersedia. Teknik pengolahan data naratif atau teks dikenal dengan teknik pengolahan data kualitatif.

Biasanya metode ini digunakan dalam penelitian yang kaya subjektivitas. Tiga jenis pendekatan analisis kualitatif adalah analisis isi, analisis wacana, dan analisis naratif.

Baca juga: 8 Jenis Metode Analisis Data Seorang Analyst yang Dapat Anda Ketahui

Selain itu, salah satu cara untuk mengolah data yang bersifat numerik atau angka adalah teknik analisis kuantitatif. Macam macam teknik pengolahan data ini digunakan dalam penelitian yang bersifat objektif. Analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial membentuk dua kategori metodologi analisis kuantitatif.

Tujuan Teknik Pengolahan Data

Penerapan metode pengolahan data pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa metode tersebut memiliki tujuan. Analisis data merupakan langkah penting dalam proses pengolahan data.

Penggunaan teknik analisis data sangat erat kaitannya dengan pokok bahasan dan permasalahan yang perlu diangkat dalam penelitian. Tujuan dari teknik analisis data adalah untuk menarik kesimpulan umum dari data yang dikumpulkan sebelumnya.

Penyajian data dalam format yang menarik, seperti grafik atau plot, merupakan cara analisis data untuk merepresentasikan data penelitian agar mudah dipahami oleh orang lain.

Hasil pengolahan data dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun rencana pemasaran ke depan, mengidentifikasi tren pasar, dan keputusan strategi bisnis lainnya di sektor industri.

Model Teknik Pengolahan Data

Setelah mengetahui macam macam teknik pengolahan data diatas, Anda juga harus mengetahui model teknik pengolahan data. Diantaranya adalah:

  • Analisis data dengan pendekatan induktif berangkat dari fakta (data) ke teori. Pendekatan ini mencegah manipulasi data penelitian, memungkinkan adaptasi teori tergantung pada data segar (Rohmadi & Nahsuca, 2015: 34).
  • Selain itu, analisis data dengan menggunakan model induktif terkait erat dengan studi masalah sosial, klaim Bryman & Burgess (2002:4).
  • Menurut pendekatan analisis induktif, situasi yang menyimpang dari hipotesis harus disesuaikan dengan mengubah hipotesis atau mengembalikan data ke lapangan.
  • Sedangkan segi analisis, model deduktif merupakan antitesis dari model induktif. Menurut pendekatan analitik deduktif, prosesnya berlangsung dari teori-teori baru ke fakta-fakta atau data penelitian.

Baca juga: Pahami Normalisasi Database Adalah, Tujuan dan Tahapannya



Teknik Pengolahan Data di Bidang Industri

Selain akademik, macam macam teknik pengolahan data digunakan oleh instansi atau industry. Ilmuwan Data dan Analis Data adalah dua profesi yang berurusan dengan pemrosesan data dan saat ini sedang diminati.

Data akan dikumpulkan, dianalisis, dan ditampilkan dengan cara yang menarik secara visual. Excel, Python, R, dan SQL adalah beberapa alat yang tersedia. Karenanya, Anda harus mahir dalam bahasa pemrograman dan teknologi ini jika ingin bekerja sebagai praktisi data.

Bagaimana, sudah paham bukan mengenai pengertian tujuan dan macam macam teknik pengolahan data?


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!