cara menjadi pendengar yang baik

Cara Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja

Ada banyak orang yang belum tahu cara menjadi pendengar yang baik. Padahal ini menjadi salah satu softskill penting yang harus dimiliki seseorang. Pasalnya skill ini akan membantu Anda menjalin hubungan lebih baik dengan orang lain.

Mendengarkan, mungkin akan terbilang sebagai hal remeh bagi Sebagian orang. Namun nyatanya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pendengar yang baik.

Menjadi seorang pendengar yang baik akan berguna di berbagai situasi kehidupan. Bukan hanya di lingkungan pertemanan saja seperti saat Anda mendengarkan curhatan teman tentang pasangan atau masalah pribadinya.

Menjadi seorang pendengar yang baik juga akan berguna ketika Anda berada dalam dunia kerja. Karena dengan menguasai skill ini, Anda dapat menjalin hubungan lebih baik dengan rekan kerja, atasan dan memudahkan pekerjaan Anda nantinya.

Baca juga: Cara cepat belajar bahasa inggris untuk melamar kerja

5 Cara Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja 

Telah Anda pahami bagaimana pentingnya skill seperti menjadi pendengar yang baik dalam dunia kerja. Lantas bagaimana caranya? Berikut ada 5 cara yang bisa Anda coba untuk menjadi seorang pendengar terbaik di dunia kerja.

  1. Perhatikan dengan baik, lakukan kontak mata

Ketika Anda sedang berada dalam situasi percakapan dengan orang lain, misal klien atau rekan kerja. Perhatikan dengan baik apa yang sedang dibicarakan, usahakan lakukan kontak mata dengan lawan bicara Anda.

Jika konteks percakapan adalah bersama atasan, cara menjadi pendengar yang baik adalah menjadi pembelajar. Maksudnya, jadikan apa yang disampaikan atasan tersebut sebagai input pembelajaran untuk Anda.

  1. Jangan menyela saat orang lain sedang berbicara

Cara menjadi pendengar yang baik adalah tidak menyela saat orang lain sedang berbicara. Hal ini memang terlihat sangat sederhana, namun faktanya etika seperti ini masih belum banyak diterapkan.

Masih banyak orang-orang yang tidak tahan untuk segera memberikan tanggapan ketika orang lain sedang berbicara. Hindari hal seperti ini, terlebih saat Anda sedang berada dalam percakapan dengan klien atau bahkan atasan.

  1. Beri respon yang sesuai dengan situasi

Dalam sebuah perbincangan atau komunikasi dengan orang lain, tidak semuanya membutuhkan respon. Terkadang, Anda hanya perlu mendengarkan dan memahami apa yang disampaikan orang tersebut tanpa harus memberikan respon.

Dalam dunia kerja, tentu percakapan tidak melulu berurusan dengan pekerjaan atau semacamnya. Terkadang, atasan atau rekan kerja juga bisa berkeluh kesah tentang kehidupan pribadinya kepada Anda.

Maka dari itu, pastikan untuk memberikan respon sesuai dengan situasi yang sedang Anda hadapi. Berikan saran atau solusi jika memang lawan bicara Anda menghendakinya, namun jangan juga terlalu ikut campur dan mengadili.

Semisal dalam rapat kerja, ada kondisi tertentu dimana pendegar memang harus memberikan respon. Misalnya saja memberikan masukan, sanggahan atau menyampaikan pendapat sesuai konteks rapat tersebut.

  1. Hindari kegiatan lain, terutama bermain hp
Cara Menjadi Pendengar yang Baik di Lingkungan Kerja

Cara menjadi pendengar yang baik adalah menghargai lawan bicara Anda. Lagi-lagi, hal semacam ini akan terlihat begitu sederhana namun tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik.

Masih begitu banyak orang-orang yang tidak menghargai orang lain ketika sedang menjadi pendengar. Salah satu contohnya adalah melakukan kegiatan lain saat orang lain sedang berbicara kepada Anda.

Hal yang paling umum adalah bermain hp, entah itu membalas pesan atau sekedar bermain sosial media. Hal semacam ini tentu tidaklah etis untuk Anda lakukan, baik ketika berbicara dengan teman apalagi klien/atasan di kantor.

Kembali pada penjelasan nomor satu, perhatikan dengan baik ketika orang lain sedang berbicara. Apapun topik yang sedang dibicarakan, bahkan ketika Anda merasa topik tersebut tidaklah begitu penting.

Baca juga: Contoh percakapan bahasa inggris di kantor

  1. Gunakan gesture dan Bahasa yang tepat

Poin kelima atau terakhir adalah menggunakan gesture dan Bahasa yang tepat. Ini juga menjadi salah satu bagian penting dari cara menjadi pendengar yang baik dalam dunia kerja.

Perhatikan gesture atau Bahasa tubuh Anda saat sedang menjadi pendengar bagi orang lain. Mulai dari mimic muka dan Gerakan tubuh, tunjukkan bahwa Anda antusias ketika mendengarkan orang tersebut berbicara.

Perhatikan juga Bahasa yang akan Anda gunakan ketika merespon lawan bicara. Gunakan Bahasa yang sesuai, misal dengan atasan maka gunakan Bahasa sopan, bedakan ketika sedang merespon teman Anda.

Pada akhirnya, kemampuan menjadi pendengar yang baik akan sangat penting dalam dunia kerja. Jadi, terapkan 5 cara menjadi pendengar yang baik untuk menunjang karir Anda dalam dunia kerja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!