contoh percakapan bahasa Inggris di kantor

Beberapa Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Kantor

Ada banyak contoh percakapan bahasa Inggris di kantor yang sering digunakan. Terlebih jika Anda bekerja di sebuah perusahaan multi-nasional yang pastinya akan lebih sering menggunakan Bahasa universal yakni Bahasa Inggris.

Bahkan tidak menutup kemungkinan meski Anda bekerja di perusahaan yang masih dalam cakupan nasional, banyak menggunakan istilah-istilah Bahasa Inggris. Itulah kenapa, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu kemampuan penting di masa sekarang.

Minimal Anda harus paham dengan istilah-istilah dalam Bahasa asing ini, namun akan lebih bagus jika menguasai kemampuan berkomunikasinya juga. Karena hal tersebut nantinya akan membantu dalam pekerjaan Anda di perusahaan.

Penggunaan Bahasa Inggris dalam Lingkungan Kantor

Bahasa Inggris menjadi salah satu Bahasa yang sekarang sudah universal atau banyak digunakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Penggunaannya tidak bisa dihindarkan, termasuk saat Anda menjadi pegawai di sebuah perusahaan.

Ada banyak contoh percakapan bahasa Inggris di kantor yang bisa Anda temui. Baik percakapan dalam bentuk formal seperti kepada klien hingga percakapan informal seperti layaknya berbincang kepada rekan kerja.

Bahkan penggunaannya bukan sekedar dalam bentuk ucapan atau lisan, melainkan juga tulisan. Contohnya saja ketika membuat presentasi, menulis email resmi kepada klien atau rekan kerja dan semacamnya.

Maka dari itu, kemampuan berbahasa Inggris rasanya menjadi salah satu hal yang wajib Anda kuasai. Terlebih, hal ini tentunya akan menjadi nilai plus di mata perusahaan dan berdampak pada jenjang karir Anda nantinya.

Baca juga: Cara belajar bahasa inggris untuk karyawan

Inilah Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Kantor

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, akan ditemukan banyak istilah yang menggunakan Bahasa Inggris. Misalnya HR (Human Resources), KPI (Key Performance Indicator), CEO (Chief Executive Officer) dan lain sebagainya.

Disamping memahami istilah-istilah dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan di dunia perkantoran, Anda juga wajib memahami contoh percakapan. Berikut akan kami berikan contoh percakapan dalam bentuk formal dan informal.

1. Menyapa rekan kerja

Formal: Good morning, Mr. Satrio. How are you today?

Informal: Hey, Jane. How was your weekend?

2. Menerima tamu

Formal: Welcome to our office, Ms. Satrio. How may we assist you today?

Informal: Hi there! How can I help you?



3. Rapat kerja

Formal: Thank you for attending this meeting. Let’s begin by discussing our agenda.

Informal: So, what’s on the agenda for today’s meeting?

4. Melakukan presentasi

Formal: Good afternoon, ladies and gentlemen. I am here today to present our company’s new product.

Informal: Hey everyone, check out this cool new product we’ve been working on!

5. Menulis email resmi

Formal: Dear Mr. Brown, I am writing to follow up on our meeting last week regarding the new project.

Informal: Hey John, just wanted to touch base about the new project we discussed last week.

Contoh percakapan bahasa Inggris di kantor yang dijelaskan diatas memiliki dua jenis yakni formal dan informal. Tentu, keduanya hanya bisa digunakan dalam kondisi tertentu dan Anda wajib memahaminya.

Misalnya ketika berbicara dengan atasa, klien, rapat kerja, gunakan Bahasa formal. Sedangkan penggunaan informal bisa dilakukan saat berbincang santai dengan rekan kerja atau semacamnya.

Baca juga: Perkenalan diri dalam bahasa inggris

Tips untuk Berbicara Bahasa Inggris di Kantor

Telah dijelaskan bahwa kemampuan berbahasa Inggris sangatlah penting dalam dunia kerja. Utamanya adalah dalam hal berbicara atau berkomunikasi secara lisan di lingkungan kantor itu sendiri.

Telah Anda simak contoh percakapan bahasa Inggris di kantor dalam pembahasan sebelumnya. Untuk lebih lancar dan menguasai kemampuan tersebut, ada bebercapa tips yang bisa Anda perhatikan.

Pertama, pelajari frasa atau kosa kata yang sering digunakan dalam percakapan di dunia kerja atau perkantoran. Perbendaharaan kata yang luas akan mempermudah Anda dalam berbicara nantinya, baik dengan rekan kerja maupun klien.

Kedua, pahami penggunaan Bahasa formal dan informal dalam Bahasa Inggris. Tentu akan sangat buruk ketika Anda menggunakan gaya Bahasa informal ketika berbicara dengan klien atau saat menuliskan email resmi kantor.

Memang, penggunaan Bahasa Inggris di masa sekarang sudah menjadi hal yang sangat umum. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempelajari contoh percakapan bahasa Inggris di kantor dengan baik karena ini akan membantu perjalanan karir Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!