perkenalan diri dalam bahasa inggris

Tips Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris, Sudah Diterapkan?

Walaupun Anda mungkin jago berbahasa inggris, tetapi perkenalan diri dalam bahasa Inggris ternyata bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi kalau Inggris bukanlah bahasa ibu, mungkin akan sedikit kebingungan dalam melakukannya bukan? 

Seperti sudah diketahui bahwa kemampuan dalam berbahasa ini ternyata semakin dibutuhkan oleh sebuah perusahaan ataupun berbagai situasi. Misalnya saja adalah ketika pihak perusahaan sedang melakukan rapat dengan klien luar negeri ataupun melakukan kunjungan ke laur negeri. 

Disinilah diwajibkan untuk mengetahui bagaimanakah tips perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan baik. Kendati sesi perkenalan terlihat sepele, tetapi ternyata tidak sedikit dari Anda mungkin akan bingung dalam memulainya bukan? 

Tips Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dengan Mudah 

Perkenalan alias introduction merupakan hal yang dasar ketika Anda akan berkomunikasi dengan bahasa Inggris terutama ketika sedang mengadakan seminar. Sebab perkenalan inilah ternyata menjadi tahap paling vital dari semuanya. 

Sebab penilaian diri Anda mungkin akan ditentukan dari awal perkenalan tersebut sehingga sebaiknya perkenalan diri dalam bahasa inggris harus disiapkan dengan baik. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengenalkan diri tersebut, Anda dapat menyimak sejumlah tips di bawah ini. 

  1. Awali Dengan Salam atau Greetings 

Tips perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang pertama adalah dengan mengawalinya dengan salam atau greeting terlebih dahulu. Sama seperti ketika menggunakan bahasa Indonesia, sapaan inilah juga menjadi hal vital. 

Terdapat sejumlah kata kalimat sapaan yang dapat digunakan untuk perkenalan seperti: Hi, Hallo, Hallo Guy, Good Morning, Hi Everybody dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Cara melatih public speaking dirumah

  1. Silahkan Menyapaikan Maksud Anda 

Setelah Anda memberikan sapaan atau salam kepada para audiens, maka langkah berikutnya adalah menyampaikan maksud dan tujuan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pihak audiens dapat mengetahui tujuan Anda saat sedang berbicara. 

Adapun contoh dari kalimat tujuan atau purpose tersebut : I’d like to introduce myself to everyone here, At first, let me introduce myself to you dan lain sebagainya. 

  1. Jelaskan Identitas Secara Singkat 

Tips dalam perkenalan diri dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan menjelaskan identitas secara singkat. Indentitas tersebut dapat meliputi  nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan, alamat, usia asal bahkan juga dapat menyampaikan hobi. 

Selain itu, Anda juga dapat menyampaikan posisi Anda di tempat kerja atau perusahaan dimana bekerja. Contoh dari penyampaian identitas tersebut seperti my name is Evanita Yasmine but you can call me Eva. I live in Jakarta dan reading is my hobby. Now I work at this office as accountant manager.

  1. Kalimat Penutup dari Perkenalan 

Apabila proses perkenalan diatas sudah dilakukan maka tahap berikutnya adalah dengan memberikan kalimat penutup juga. Kalimat penutup inilah biasanya akan berisi ucapan terima kasih ataupun rasa Bahagia karena sudah mempunyai kesempatan untuk berbicara. 

Adapun contoh dari kalimat penutup tersebut yakni I am so glad to me you and thanks in advance for your attention. 

Jangan Lupa Hilangkan Rasa Gugup Ketika berbicara 

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris memang menjadi salah satu hal yang cukup menakutkan bagi sebagian besar orang. Belum lagi kalau sebelumnya tidak pernah menggunakan bahasa ini untuk komunikasi sehari-hari tentu akan merasa gugup dan salah langkah bukan? 

Agar proses perkenalan tersebut dapat berjalan dengan lancar, maka sebaiknya harus mengilangkan rasa gugup dengan baik. Sebab ketika Anda gugup, tentu akan membuat pikiran menjadi buyar dan justru bingung akan menyampaikan apa saja. 

Baca juga: Rekomendasi tempat belajar public speaking

Untuk menghilangkan rasa gugup itulah ternyata tidaklah sulit seperti di bayangan. Misalnya saja adalah dengan menghilangkan rasa segan ataupun takut akan komentar atau kritik dari orang lain. Cobalah jadikan kritikan tersebut untuk memperbaiki diri dalam speaking nantinya. 

Selain itu, Anda juga dapat membuang jauh-jauh akan adanya anggapan bahwa orang yang jago berbahasa inggris adalah orang-orang arogan ataupun sombong. Mengingat dengan kemampuan inilah, justru akan berikan segudang masalah. 

Cara lain untuk menghilangkan rasa gugup tersebut adalah dengan mempraktikkan kemampuan speaking secara rutin. Jika perlu juga harus meminta bantuan dari orang lain untuk diajak komunikasi. 

Sering kali, Anda mungkin akan diminta untuk melakukan perkenalan menggunakan bahasa ini bukan? Jangan khawatir karena Anda dapat mempersiapkan proses perkenalan diri dalam bahasa Inggris mulai dari sekarang. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!