cara membuat desain logo untuk brand

5 Cara Membuat Desain Logo untuk Brand Produk dan Toko

Memahami cara membuat desain logo untuk brand pasti akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki produk atau toko. Saat berdagang, tentu saja logo harus dibuat agar menjadi identitas bagi toko atau brandnya. Jadi saat dilihat, semua orang bisa tahu siapa pemilik logonya.

Namun kebanyakan orang masih merasa kesulitan membuat logonya sendiri. Sehingga mereka lebih memilih menyerahkan pekerjaan ini pada orang lain. Padahal sebenarnya cara melakukannya tidak begitu sulit, Anda tidak harus selalu minta bantuan pada jasa desain. 

Tetapi hanya dengan cara membuat desain logo untuk brand yang benar, Anda bisa menghasilkan logonya yang sesuai dengan keinginan, visi dan misi dari brand tersebut. Cara ini sebenarnya juga memberikan manfaat seperti lebih menghemat biaya untuk membayar jasa.

Manfaat lainnya jika pernah mendesain sendiri adalah Anda akan memiliki pengalaman. Jadi jika butuh mendesain lagi pasti bisa dilakukan secara mandiri. Jika belum pernah mendesain sendiri, Anda harus tahu beberapa caranya berikut ini untuk membuat logo brand dan toko.

5 Cara Membuat Desain Logo untuk Brand

Mendesain sendiri kedengarannya sulit, namun sebenarnya bisa dilakukan meskipun tidak memiliki keahlian di bidang tersebut. Tentu hanya dengan memakai beberapa cara yang benar untuk membuat desain logonya secara mandiri seperti berikut ini.

  1. Menentukan nama dan objek yang akan dimasukkan ke dalam logonya

Cara membuat desain logo untuk brand pertama adalah menentukan nama dan objek apa saja yang akan dimasukkan ke dalam logonya. Nama sudah harus tersedia sebelumnya yang sesuai dengan keinginan. Kemudian objeknya juga harus ada dan mewakili nama brand atau tokonya.

Misalnya Anda memiliki toko bangunan, setidaknya di dalam logonya tersebut harus ada objek yang dapat mewakili kata bangunan. Misalnya batu bata, semen dan lain sebagainya. namun terkadang ada juga orang yang tidak memasukkan objek apapun ke dalam logonya.

Baca juga: Tips menggunakan adobe ilustrator dengan maksimal

  1. Menentukan desain logo yang sesuai dengan keinginan

Kemudian tentukan juga bagaimana desainnya. Desain ini bisa Digambar secara manual dulu agar Anda bisa mendapat bayangan mengenai hasil pembuatan logonya. Misalnya dengan memberikan warna, menata huruf besar kecil, menata letak objek dan lain sebagainya.

Jika masih buntu harus memakai desain seperti apa, Anda juga bisa melihat ide atau referensi desain sebagai salah satu cara membuat desain logo untuk brand dan toko agar hasilnya tetap bagus. Ide atau referensi juga bisa didapatkan dengan mudah di browser.

  1. Memastikan desain logo tidak mirip atau sama dengan brand lain

Setelah mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan, Anda masih harus memastikannya dulu apakah logonya memiliki kemiripan atau justru sama dengan milik orang lain. Jangan sampai ada kesamaan antara logo Anda dengan miliki orang lain karena bisa berakibat fatal.

Biasanya kemiripan ini bisa terjadi jika Anda mengambil ide atau referensi dari internet. Jadi sebaiknya ketika mengambil ide atau referensi, jangan langsung menirukan referensi tersebut secara persis. Setidaknya harus ada beberapa hal yang perlu dirubah agar tidak sama.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan canva

  1. Menentukan platform terbaik untuk membuat logonya

Cara membuat desain logo untuk brand selanjutnya adalah dengan menentukan platform terbaik mana yang akan dipakai untuk membuat logonya. Sudah ada banyak platform online dan offline untuk mendesain, namun tidak semuanya nyaman dipakai. 

Pastikan semua fitur di dalam platformnya sudah sesuai dengan kebutuhan mendesain. Lalu Anda juga harus familiar dan bisa memakai platformnya. Jika masih pemula di dunia desain, sebaiknya cari platform yang mudah dipakai saja. Atau platform dengan instruksi pemakaian.

  1. Belajar cara membuat logonya secara mandiri

Setelah menentukan akan memakai platform apa untuk mendesain, kini Anda harus belajar bagaimana cara mendesainnya sesuai dengan cara mendesain di platformnya. Biasanya cara mendesain untuk pemula tidak begitu sulit. Bahkan tutorialnya sangat banyak di internet.

Setelah memahami beberapa caranya, kini Anda tidak harus mencari jasa terbaik yang bisa membuatkan desain logonya. Dengan memakai beberapa cara membuat desain logo untuk brand tersebut, identitas brand atau toko tetap tersampaikan dengan baik dan benar.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!