contoh pertanyaan balik untuk HRD saat interview

Contoh Pertanyaan Balik untuk HRD Saat Interview Kerja

Banyak orang yang ingin tahu tentang contoh pertanyaan balik untuk HRD saat interview. Ini merupakan hal yang penting untuk diketahui dalam usaha Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Interview adalah fase penting yang bisa menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak di suatu perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui apa yang harus ditanyakan kepada HRD dalam masa wawancara Anda.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa contoh yang bisa Anda ambil untuk diterapkan pada wawancara di masa depan.

Baca juga: Perbedaan Gaji Nett dan Gaji Gross yang Perlu Diketahui HRD

Persiapkan Diri Anda Sebelum Menjalani Interview

Sebelum Anda mengetahui beberapa contoh pertanyaan balik untuk HRD saat interview kerja, ada baiknya untuk mempersiapkan diri.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum menjalani wawancara yang penting tersebut. Salah satunya adalah melakukan penelitian tentang perusahaan yang Anda tuju.

Penelitian ini penting untuk Anda sebelum menyusun pertanyaan tersebut. Anda bisa melakukan penelitian secara online, atau mengetahui informasi secara langsung dari orang yang bekerja di perusahaan itu.

Dengan mengetahui seluk-beluk tentang perusahaan, Anda akan memiliki gambaran jelas tentang pertanyaan yang akan diajukan.

Baca juga: Cara menjawab”apa ada pertanyaan”? Saat Interview Kerja

Beberapa Contoh Pertanyaan Balik untuk HRD Saat Interview

Hal yang penting yang perlu Anda ingat adalah mengajukan pertanyaan yang tepat. Dengan mengajukan pertanyaan tepat, Anda akan selangkah lebih maju dalam wawancara tersebut.

Jangan menanyakan hal-hal seperti bonus, gaji atau waktu libur, kecuali itu memang dibahas oleh HRD. Berilah pertanyaan yang menunjukkan bahwa Anda berfokus untuk menjalani pekerjaan dengan baik.

Dengan mengajukan pertanyaan tepat, Anda akan dipandang memiliki visi yang jelas dan selaras dengan posisi yang akan Anda tempati. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan tersebut.

1. Beri Pertanyaan yang Mencairkan Suasana

Untuk pembuka dalam contoh pertanyaan balik untuk hrd saat interview, Anda bisa memberikan pertanyaan yang mencairkan suasana.

Anda bisa menanyakan kepada HRD tentang bagaimana ia bisa bergabung dengan perusahaan tersebut. Ini bisa menjadi jalan untuk Anda lebih dekat dalam berkomunikasi dengan HRD tersebut.

Anda juga bisa menanyakan hal positif apa yang membuat HRD tersebut betah berada di perusahaan itu.

2. Tanya Tentang Target Perusahaan

Setelah mengajukan pertanyaan pembuka, contoh pertanyaan balik untuk HRD saat interview berikutnya akan lebih dalam.

Anda bisa bertanya tentang target dan visi dari perusahaan tersebut. Ini adalah pertanyaan yang penting, dan bisa berguna bagi Anda ke depannya.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan tentang visi perusahaan untuk lima tahun ke depan. Perusahaan tentu memiliki target yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Dengan menanyakan hal-hal tersebut, Anda akan dipandang memiliki ambisi yang bagus untuk menjalani pekerjaan di perusahaan. Mengetahui target dan visi dari perusahaan juga akan membantu Anda untuk menjalani pekerjaan dengan optimal dan fokus.



3. Tanya Tentang Contoh Pegawai Sukses di Perusahaan

Contoh pertanyaan balik untuk HRD saat interview berikutnya adalah tentang keadaan di perusahaan. Anda bisa menanyakan tentang contoh pegawai yang sukses di perusahaan itu.

Dalam satu perusahaan, tentu ada orang-orang yang memiliki karier cemerlang. Dan ada banyak hal yang menjadi faktor dari performa bagus orang-orang tersebut.

Anda bisa menanyakan hal itu, karena pada akhirnya Anda ingin memiliki karier yang bagus di perusahaan. Dengan memiliki contoh orang yang telah sukses, Anda akan bisa mengambil langkah tepat ke depannya.

Baca juga: Tips mengatasi rasa gugup saat interview kerja

4. Tanya Lebih Dalam Tentang Posisi Anda

Ada banyak contoh pertanyaan balik untuk HRD saat interview, seperti pertanyaan tentang posisi yang akan Anda tempati.

Anda bisa menanyakan lebih dalam tentang posisi Anda dan juga system kerjanya. Dalam departemen yang berkaitan dengan posisi Anda, tentu ada target yang harus dipenuhi.

Pertanyaan tentang target di departemen yang akan Anda tempati bisa diajukan. Anda juga bisa menanyakan tentang struktur organisasi di departemen yang akan Anda tempati.

Pertanyaan tersebut memang telah sangat mendalam, namun memang perlu untuk Anda ajukan. Itu bisa menjadi bekal yang bagus bagi Anda dalam menjalani awal karier di perusahaan yang baru.

Itu adalah beberapa contoh pertanyaan balik untuk HRD saat interview kerja. Anda bisa menerapkannya, dan kemungkinan besar itu bisa membantu Anda untuk diterima di perusahaan yang diidamkan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!