perbedaan gaji nett dan gaji gross

Perbedaan Gaji Nett dan Gaji Gross yang Perlu Diketahui HRD

Sebagai karyawan mengetahui perbedaan gaji nett dan gaji gross merupakan hal penting. Sebab dalam memutuskan apakah suatu gaji termasuk gaji nett atau gaji gross nyatanya tidak semudah kedengarannya. Berikut ini penjelasan perbedaan gaji nett dan gaji gross, yuk simak!!!

Pengertian Gaji Nett

Menurut Indeed, gaji nett merupakan jumlah uang akhir yang akan diterima setelah gaji dikurangi dengan pajak dan potongan gaji. Gaji nett adalah jumlah uang yang sebenarnya akan diterima oleh seorang karyawan setelah semua pemotongan yang diperlukan telah diberlakukan oleh perusahaan dan pemerintah.

Pengertian Gaji Gross

Menurut Indeed, gaji gross merupakan jumlah uang yang akan diterima sebelum gaji dikurangi dengan pajak dan potongan gaji. Gaji gross adalah jumlah yang umumnya disepakati dalam kontrak kerja atau perundingan gaji dan merupakan dasar untuk menghitung berbagai potongan, termasuk pajak penghasilan dan potongan lainnya.

Perhitungan Gaji Nett

Perhitungan gaji nett adalah jumlah uang yang diterima oleh seorang karyawan setelah semua potongan pajak dan potongan lainnya telah dikurangkan dari gaji gross. Gaji nett adalah jumlah yang sebenarnya diterima oleh seorang karyawan setelah semua potongan yang sah telah dihitung. Berikut ini rumus gaji nett, yaitu :

Gaji Nett = Gaji Bruto – Pajak Penghasilan – Potongan BPJS – Potongan lainnya + Tunjangan

Perhitungan Gaji Gross

Gaji bruto adalah jumlah total yang diberikan kepada karyawan sebelum potongan pajak dan potongan lainnya. Perhitungan gaji bruto dapat tergantung pada perusahaan dan pemerintah. Berikut ini rumus gaji gross, yaitu :

Gaji Bruto = Gaji Pokok + Tunjangan + Bonus + Lembur + Pendapatan Lainnya

Baca juga: Berikut Cara Menghitung Gaji Rapel untuk Kenaikan Gaji



Komponen Gaji Nett

1. Gaji Bruto

Gaji bruto adalah jumlah total yang diberikan kepada seorang karyawan sebelum potongan apa pun. Biasanya, gaji bruto adalah gaji yang tercantum dalam kontrak kerja.

2. Pajak Penghasilan (PPh) atau Pajak Penghasilan Pribadi (PPhP)

PPh adalah potongan pajak yang dibayarkan oleh karyawan kepada pemerintah. Besarnya potongan ini tergantung pada tingkat penghasilan dan peraturan perpajakan yang berlaku di wilayah Anda.

3. Potongan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)

Di Indonesia, potongan ini mencakup BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Besarnya potongan ini juga tergantung pada tingkat penghasilan dan peraturan yang berlaku.

4. Potongan lainnya

Ini dapat mencakup potongan seperti iuran pensiun, potongan koperasi, atau potongan lain yang mungkin diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah.



5. Tunjangan atau Bonus

Jika Anda menerima tunjangan atau bonus, jumlah ini akan ditambahkan ke gaji bruto Anda sebelum potongan pajak.

Komponen Gaji Bruto

1. Gaji Pokok 

Gaji pokok  adalah jumlah tetap yang dibayarkan kepada seorang karyawan sesuai dengan kontrak kerjanya.

2. Tunjangan 

 Tunjangan dapat mencakup berbagai komponen seperti tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan perumahan, atau tunjangan lainnya yang mungkin diberikan oleh perusahaan.

3. Bonus

 Bonus adalah pembayaran tambahan yang diberikan kepada karyawan berdasarkan pencapaian tertentu atau pada waktu-waktu tertentu seperti bonus tahunan atau bonus kinerja.

4. Lembur

Jika Anda melakukan lembur, maka upah lembur akan ditambahkan ke gaji bruto.

5. Pendapatan Lainnya

 Pendapatan lain seperti komisi penjualan atau hadiah karyawan dapat juga menjadi bagian dari gaji bruto.

Baca juga: Gaji PPPK di Indonesia Lebih Besar dari Honorer, Benarkah?


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.