Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

cara menjawab "apa ada pertanyaan?”

Cara Menjawab “Apa Ada Pertanyaan?” dalam Interview Kerja

Terkadang orang sulit untuk mengetahui cara menjawab “apa ada pertanyaan?” saat interview. Interview adalah fase penting dalam usaha Anda meraih pekerjaan

Untuk itu, perlu bagi Anda untuk memiliki persiapan sebelum menjalani interview. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari sebelum menjalani interview di perusahaan yang diidamkan.

Baca juga: Cara jawab pertanyaan interview”Apakah Anda Memiliki Pengalaman Organisasi?”

Persiapkan Diri untuk Pertanyaan Tersebut

Ada kiat-kiat khusus dari kami mengenai cara menjawab “apa ada pertanyaan?”. Anda perlu memperhatikan kiat-kiat ini.

Itu adalah pertanyaan yang kerap muncul di bagian akhir interview. Sehingga akan lebih baik jika Anda memiliki persiapan matang jelang interview.

Cara paling efektif untuk mempersiapkan diri Anda adalah dengan membuat daftar pertanyaan yang akan Anda ajukan. Tentu tidak semua pertanyaan akan cocok untuk Anda ajukan. 

Ada situasi tertentu yang membuat pertanyaan Anda menjadi relevan atau tidak. Misal, jika yang Anda hadapi calon manajer, maka akan lebih baik jika Anda bertanya tentang posisi di lapangan nanti.

Baca juga: Contoh pertanyaan balik untuk hrd saat interview

Bagaimana Cara Menjawab “Apa Ada Pertanyaan?”

Pertanyaan yang Anda ajukan sebisa mungkin menggambarkan bahwa Anda mengikuti alur interview dengan baik dan teliti.

Karena pertanyaan itu akan muncul di akhir interview, maka ada baiknya Anda memasukkan beberapa topik yang telah dibahas di pembicaraan sebelumnya.

Pertanyaan tentang perusahaan bisa menjadi awal yang bagus. Namun hindari pertanyaan yang umum, dan lebih cari pertanyaan yang lebih mendalam tentang perusahaan.

1. Tanya Tentang Posisi di Lowongan Tersebut

Ada cara menjawab “apa ada pertanyaan?” lainnya yang jitu. Dan ini menjadi hal yang juga banyak orang lakukan dalam situasi yang sama.

Tentunya Anda memiliki gambaran tentang posisi yang akan ditempati ketika diterima di perusahaan itu.

Anda bisa menanyakan tentang posisi tersebut lebih lengkap dan mendalam. Ada banyak pertanyaan yang bisa Anda ajukan tentang posisi di perusahaan itu.

Salah satu pertanyaannya adalah tentang tanggung jawab yang akan Anda pikul dalam pekerjaan sehari-hari. Itu adalah hal yang cukup penting untuk Anda ketahui sebelum diterima di perusahaan.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan tentang bagaimana kecepatan kerja yang ideal di perusahaan tersebut, terutama dengan posisi yang akan Anda isi.

2. Tanya Tentang Perusahaan Lebih Dalam

Tips lain untuk cara menjawab “apa ada pertanyaan?” yang bisa Anda tiru. Pertanyaan tentang kultur perusahaan bisa Anda ajukan karena itu menyangkut tentang keseharian Anda dalam bekerja.

Kultur kerja di setiap perusahaan tentu akan berbeda-beda. Ada perusahaan yang lebih fleksibel, namun ada juga perusahaan yang lebih ketat dalam hal waktu dan juga kecepatan kerja.

Bertanya tentang perusahaan akan membuat Anda terlihat tertarik dengan posisi yang akan Anda isi. Itu bisa meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara jawab pertanyaan interview”Apa hobi & kegiatan yang dilakukan saat waktu luang?”

3. Tanya Tentang Pendapat Interviewer

Cara menjawab “apa ada pertanyaan?” yang lain bisa Anda terapkan. Sebagai calon pegawai, Anda bisa menjadi sosok yang lebih friendly.

Itu adalah hal yang cukup penting, karena orang tersebut berada di perusahaan terlebih dahulu. Tentunya ia memiliki pandangan yang jelas tentang perusahaan dan juga cara kerjanya.

Hal yang bisa Anda tanyakan contohnya adalah bagaimana cara manajemen di perusahaan tersebut. Itu bisa membuat Anda beradaptasi dengan cepat dalam fase awal bekerja.

Selain itu, Anda bisa menanyakan hal yang lebih personal, seperti sudah berapa lama dia berada di perusahaan. Dan apa yang bisa membuat orang tersebut berada di posisi ideal di perusahaan.

4. Jangan Beri Pertanyaan yang Tidak Relevan

Kiat lain dalam cara menjawab “apa ada pertanyaan?”. Ingat bahwa sebagai orang yang membutuhkan pemasukan baru, Anda memiliki beberapa hal yang wajib tidak dilakukan.

Salah satu pertanyaan yang tidak perlu Anda tanyakan adalah hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Pertanyaan tentang liburan, atau hal lainnya bisa Anda hindari.

Pertanyaan lainnya yang tidak boleh Anda tanyakan adalah hal yang bersifat pribadi terhadap orang yang menginterview Anda.

Anda juga harus menghindari pertanyaan tentang rumor-rumor yang ada di perusahaan. Itu adalah hal yang tidak penting dan tidak relevan dengan pekerjaan yang akan Anda jalani.

Itu adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin mengetahui cara menjawab “apa ada pertanyaan?”.

Bagikan Artikel: