contoh email atau WA menolak interview kerja

Contoh Email Atau WA Menolak Interview Kerja

Ada banyak sekali pelamar kerja yang mencari contoh email atau WA menolak interview kerja di internet. Bukan tanpa alasan, penolakan ini biasanya dilakukan untuk memperlihatkan profesionalitas Anda dan menghargai perusahaan yang sudah melakukan rekrutmen.

Kita semua tahu kalau interview merupakan fase akhir dari rekrutmen pada perusahaan. Ketika Anda sudah memasuki fase interview, peluang untuk bergabung di dalam perusahaan akan semakin besar. Namun ternyata tidak semua orang bisa menggunakan peluang tersebut.

Ada yang harus menolak karena alasan pribadi. Ada juga yang harus menolak karena sudah bekerja di tempat lain. Bahkan tidak sedikit yang mendapatkan promosi mendadak di perusahaan sebelumnya. Kondisi seperti ini memang bisa terjadi pada siapa saja. 

Baca juga: Contoh Email Reschedule Interview Secara Profesional

Contoh Email Atau WA Menolak Interview Kerja

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan ketika harus melakukan penolakan terhadap undangan interview baik via WhatsApp maupun email. Tujuannya agar profesionalitas Anda tetap terjaga.

Dengan memperlihatkan attitude yang baik, perusahaan juga tidak akan melakukan blacklist kepada Anda dan menganggap penolakan tersebut sebagai sebuah keputusan yang profesional. Simak beberapa contohnya di bawah ini.

1. Penolakan karena alasan sakit

Seringkali penolakan dilakukan karena kandidat sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat atau sakit. Contoh email atau WA menolak interview kerja dengan alasan tersebut sangat mudah untuk dibuat. Anda bisa menggunakan kalimat di bawah ini.

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena sudah memberikan kesempatan untuk mengikuti interview di (Nama Perusahan). Namun saya tidak bisa hadir pada undangan tersebut karena sedang sakit dan harus menjalani pengobatan medis.

Tentunya saya berharap perusahaan bisa memberikan kebijaksanaan untuk melakukan reschedule dan menunggu hingga saya kembali fit dan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Mohon maaf atas kondisi ini.

Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.”

2. Penolakan karena alasan kepentingan

Selain karena sakit, ada juga kondisi di mana Anda harus menolak interview karena alasan pribadi yang tidak bisa dijelaskan. Tenang saja karena ternyata ada contoh email atau WA menolak interview kerja dalam kondisi seperti ini.

“Mendapatkan peluang untuk mengikuti interview di (nama perusahaan) adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya. Tentunya saya sangat berterima kasih atau kepercayaan yang Bapak/Ibu berikan.

Namun mohon maaf sebelumnya karena saya tidak bisa menghadiri undangan tersebut. Ada beberapa permasalahan pribadi yang bersifat urgent dan harus saya selesaikan secepatnya.

Tentunya saya berharap agar perusahaan bisa mendapatkan kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang dibutuhkan dan selalu sukses di masa depan.”

3. Penolakan karena sudah bekerja

Penolakan lainnya terjadi karena kandidat ternyata sudah bekerja di perusahaan lain sebelum peluang interview tersebut diberikan. Ada juga contoh email atau WA menolak interview kerja yang bisa dikirimkan kepada perusahaan untuk kondisi seperti ini.

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan interview yang sudah Bapak/Ibu berikan. Namun sayangnya saya tidak bisa memenuhi undangan tersebut karena sudah diterima kerja di (nama perusahaan) sejak (tanggal).

Tentunya saya memohon maaf atas pemberitahuan yang mendadak ini, semoga perusahaan mendapatkan kandidat terbaik dan senantiasa sukses di masa depan.”

4. Penolakan karena sudah mendapatkan promosi

Contoh email atau WA menolak interview kerja lainnya bisa dibuat ketika Anda ternyata mendapatkan promosi pada perusahaan tempat bekerja saat ini. Sudah tentu formatnya juga akan berbeda dengan beberapa poin yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Anda bisa mengikuti contoh berikut.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya mendapatkan undangan Interview pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Tentunya saya sangat berterima kasih atas kepercayaan yang bapak/Ibu berikan.

Namun saya tidak bisa memenuhi undangan tersebut karena harus bertanggung jawab terhadap tugas dan kepercayaan baru yang diberikan oleh perusahaan tempat bekerja saat ini. Atas kondisi ini saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tentunya saya berharap perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin bisa mendapatkan kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.”Beberapa contoh di atas bisa Anda gunakan ketika hendak melakukan penolakan terhadap undangan interview atau tes lainnya. Format atau contoh email atau WA menolak interview kerja bisa digunakan secara langsung ataupun dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Bagikan Artikel: