contoh email reschedule interview

Cara Meminta dan Contoh Email Reschedule Interview

Terkadang saat lolos seleksi administrasi ketika melamar sebuah pekerjaan merupakan hal membahagiakan untuk tiap orang. Namun, terkadang pada saat penjadwalan untuk interview banyak orang mungkin belum dapat hadir di waktu yang ditentukan karena beberapa alasan. Berikut ini cara meminta dan contoh email reschedule interview, yuk simak!!!

Apa Itu  Reschedule Interview?

Menurut Zippia, reschedule interview merupakan menjadwalkan ulang wawancara kerja agar sesuai dengan waktu luang calon karyawan. Reschedule interview digunakan ketika calon karyawan perlu mengubah atau menggeser jadwal wawancara kerja atau pertemuan yang sudah direncanakan dengan pemberi kerja atau calon atasan. Alasan untuk mereschedule interview bisa bermacam-macam, seperti konflik jadwal yang tak terduga, kebutuhan mendesak lainnya atau alasan pribadi yang mempengaruhi kemampuan untuk hadir pada waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga: Akibat Tidak Datang Interview Kerja dan Tips Membatalkannya

Contoh Alasan yang Tepat untuk Reschedule Interview

1. Sakit

Salah satu alasan yang paling umum dan diterima untuk mereschedule interview adalah sakit. Jika Anda benar-benar tidak dalam kondisi fisik atau mental yang baik untuk menghadiri wawancara, maka lebih baik memberi tahu pihak yang berwenang secepat mungkin dan meminta untuk mengubah jadwal wawancara.

2. Masalah Darurat Keluarga

Keadaan darurat keluarga, seperti sakit atau kecelakaan anggota keluarga, bisa menjadi alasan yang kuat untuk mereschedule interview. Ini adalah situasi yang tak terduga dan dapat memerlukan perhatian dan kehadiran Anda.



3. Jadwal Bentrok Yang Tidak Terduga

Terkadang, jadwal yang tumpang tindih yang tidak terduga dapat muncul, terutama jika Anda sudah memiliki komitmen lain yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Dalam hal ini, sebaiknya Anda memberi tahu pihak yang berwenang secepat mungkin dan menawarkan tanggal alternatif yang cocok.

4. Masalah Kendaraan atau Kecelakaan

Jika Anda mengalami masalah kendaraan atau mengalami kecelakaan yang menghalangi Anda untuk sampai ke lokasi wawancara, maka ini bisa menjadi alasan yang masuk akal untuk mereschedule interview. Pastikan Anda memberi tahu pihak yang berwenang dengan segera dan mungkin mencoba mengusulkan opsi wawancara virtual jika memungkinkan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Cara Meminta Reschedule Interview

1. Hubungi HRD Sesegera Mungkin

Setelah Anda menyadari bahwa Anda perlu mengubah jadwal wawancara, hubungi pihak HRD atau kontak yang telah diberikan oleh perusahaan sesegera mungkin. Jangan menunggu sampai hari wawancara atau bahkan lebih lama.

2. Ungkapkan Rasa Terima Kasih dan Antusiasme

Ketika Anda berbicara dengan HRD atau pihak yang berwenang, awali dengan menyatakan rasa terima kasih atas kesempatan wawancara dan ungkapkan antusiasme Anda terkait perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Ini menunjukkan bahwa Anda tetap tertarik meskipun Anda perlu mengubah jadwal.



3. Jelaskan Alasanmu Dengan Jelas dan Singkat

Kemudian, jelaskan alasan Anda untuk meminta reschedule dengan jelas dan singkat. Misalnya, jika Anda sakit, katakan bahwa Anda sedang sakit dan tidak dalam kondisi untuk menghadiri wawancara. Jangan memberikan terlalu banyak detail pribadi, tetapi pastikan alasan Anda masuk akal dan valid.

4. Tawarkan Alternatif Tanggal dan Waktu

Setelah menjelaskan alasan Anda, tawarkan opsi tanggal dan waktu alternatif yang cocok untuk Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda ingin tetap mengikuti wawancara dan memberi pihak perusahaan fleksibilitas dalam penjadwalan ulang.

5. Ucapkan Permintaan Maaf

Sampaikan permintaan maaf Anda karena perubahan jadwal ini mungkin menimbulkan ketidaknyamanan atau gangguan bagi mereka. Ini adalah tindakan sopan yang menunjukkan penghargaan Anda terhadap waktu mereka.

6. Terima Kasih Atas Waktunya

Akhiri percakapan dengan mengucapkan terima kasih kepada pihak HRD atau pihak yang Anda hubungi atas pemahaman dan keramahan mereka. Pastikan mereka tahu bahwa Anda masih sangat tertarik dalam peluang tersebut.

Contoh Email Reschedule Interview

1. Contoh Email Reschedule Interview Bahasa Indonesia

Subjek: Permohonan Reschedule Wawancara

Kepada [Nama Kontak HRD atau Nama Perusahaan],

Saya berharap Anda dalam keadaan baik. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengikuti wawancara dengan [Nama Perusahaan] untuk posisi [Nama Posisi] yang dijadwalkan pada tanggal [Tanggal Awal].

Namun, dengan sangat menyesal, saya ingin memberitahu bahwa saya menghadapi keadaan darurat keluarga yang tidak terduga yang memerlukan kehadiran dan perhatian saya. Karena alasan ini, saya memohon maaf dan ingin meminta perubahan jadwal wawancara.

Saya sangat tertarik dengan peluang ini dan sangat ingin melanjutkan proses wawancara dengan [Nama Perusahaan]. Oleh karena itu, saya ingin mengusulkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif untuk wawancara:

[Tanggal Alternatif 1], pada [Waktu Alternatif 1]
[Tanggal Alternatif 2], pada [Waktu Alternatif 2]
Saya berharap salah satu dari opsi tersebut cocok dengan jadwal Anda. Namun, jika tidak, saya bersedia berdiskusi lebih lanjut untuk menemukan waktu yang sesuai bagi kami berdua.

Sekali lagi, saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat perubahan ini. Saya sangat menghargai pemahaman dan fleksibilitas Anda dalam hal ini.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap permohonan saya. Saya sangat berharap dapat melanjutkan proses wawancara dengan [Nama Perusahaan] segera. Mohon konfirmasi kembali melalui email ini atau hubungi saya di nomor [Nomor Telepon Anda] jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan.

Salam hormat,
[Nama Anda]

2. Contoh Email Reschedule Interview Bahasa Inggris

Subject: Request to Reschedule Interview

Dear [HR Contact Name or Company Name],

I hope this message finds you well. I would like to express my gratitude for the opportunity to interview for the [Position Name] role at [Company Name], scheduled for [Initial Interview Date].

However, with regret, I need to inform you that I am facing an unforeseen family emergency that requires my immediate attention and presence. Due to this circumstance, I sincerely apologize and kindly request a rescheduling of the interview.

I am extremely interested in the role and the prospect of joining [Company Name], and I am fully committed to participating in the interview process. Therefore, I would like to propose some alternative dates and times for the interview:

[Alternative Date 1], at [Alternative Time 1]
[Alternative Date 2], at [Alternative Time 2]
I hope that one of these options aligns with your schedule. However, if none of these times are convenient, I am more than willing to engage in further discussion to find a mutually suitable time.

Once again, I apologize for any inconvenience this may cause, and I greatly appreciate your understanding and flexibility in this matter.

Thank you for your consideration of my request. I am looking forward to continuing the interview process with [Company Name]. Please confirm the rescheduled interview via email or feel free to contact me at [Your Phone Number] if there is any additional information needed.

Thank you and best regards,
[Your Name]

3. Contoh Reschedule Interview Lewat WhatsApp

Halo [Nama Kontak HRD atau Nama Perusahaan],

Salam sejahtera. Saya berbicara mengenai wawancara yang dijadwalkan dengan [Nama Perusahaan] untuk posisi [Nama Posisi] pada tanggal [Tanggal Awal]. Saya sangat menghargai kesempatan ini.

Namun, dengan sangat menyesal, saya ingin memberitahu bahwa saya menghadapi keadaan darurat keluarga yang tidak terduga yang memerlukan kehadiran dan perhatian saya. Karena alasan ini, saya memohon maaf dan ingin meminta perubahan jadwal wawancara.

Saya sangat tertarik dengan peluang ini dan sangat ingin melanjutkan proses wawancara dengan [Nama Perusahaan]. Oleh karena itu, saya ingin mengusulkan beberapa opsi tanggal dan waktu alternatif untuk wawancara:

  1. [Tanggal Alternatif 1], pada [Waktu Alternatif 1]
  2. [Tanggal Alternatif 2], pada [Waktu Alternatif 2]

Saya berharap salah satu dari opsi tersebut cocok dengan jadwal Anda. Namun, jika tidak, saya bersedia berdiskusi lebih lanjut untuk menemukan waktu yang sesuai bagi kami berdua.

Sekali lagi, saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat perubahan ini. Saya sangat menghargai pemahaman dan fleksibilitas Anda dalam hal ini.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap permohonan saya. Saya sangat berharap dapat melanjutkan proses wawancara dengan [Nama Perusahaan] segera. Mohon konfirmasi kembali melalui WhatsApp ini atau hubungi saya di nomor [Nomor Telepon Anda] jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan.

Terima kasih dan salam hormat,
[Nama Anda]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!