10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh email reschedule interview

Contoh Email Reschedule Interview Secara Profesional

Beberapa contoh email reschedule interview bisa diperhatikan untuk Anda yang tidak bisa hadir. Memang saat lolos seleksi administrasi ketika melamar sebuah pekerjaan merupakan hal membahagiakan untuk tiap orang.

Apalagi jika diundang untuk wawancara, kita akan berharap bisa berjodoh dengan perusahaannya. Akan tetapi beberapa hal menjadi masalah, seperti jadwalnya kurang sesuai serta tidak dapat hadir untuk test wawancaranya.

Pasti ingin melakukan penjadwalan ulang, namun takut jika pihak perusahaan menolaknya. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir saat meminta reschedule, sebab perusahaan akan senang hati melakukan penjadwalan ulang tersebut.

Namun tentunya harus dilakukan secara tepat serta harus mengajukan permohonan dengan sopan dan santun. Lantas bagaimana cara tepat meminta jadwal ulang wawancara agar HDR tidak tersinggung?

Baca juga: Akibat Tidak Datang Interview Kerja dan Tips Membatalkannya

Contoh Email Reschedule Interview dan Alasan Tepatnya

Meminta jadwal ulang sebenarnya memang hal biasa dalam dunia kerja. Karena HRD pada umumnya juga akan maklum, terutama jika alasan yang diberikan juga tepat. Jadi lakukan saat benar-benar terdesak.

Oleh karena itu, ketahui beberapa alasan tepat untuk digunakan saat ingin mengajukan jadwal lain untuk wawancara. Pertama ialah sakit, pasti tidak ada orang yang ingin sakit, namun tetap menyerang tiba-tiba.

Meskipun sudah menjaga tubuh serta pola hidup sehat dengan baik, namun apabila imun sedang lemah, pasti akan sakit. Contoh email reschedule interview dengan menggunakan alasan ini biasanya tidak ditolak perusahaan.

Namun jika memungkinkan lakukan 12 jam sebelum interview. Sehingga apabila sedang tidak enak badan, maka segera kabari perusahaan dan jangan mendadak seperti 2 hingga 3 jam sebelum wawancara dilakukan.

Apabila ada acara keluarga yang sudah lama dijadwalkan pasti tidak dapat diubah secara mendadak bukan? Walaupun untuk interview kerja sekalipun. Anda bisa memberitahukan perusahaan dan mengganti jadwal.

Namun Anda juga pasti paham apa yang jadi prioritas. Kemudian alasan lain untuk contoh email reschedule interview ialah mempunyai jadwal lain lebih penting. Seperti orang tua atau keluarga sakit.

Hal tersebut dapat dijadikan untuk alasan tepat reschedule. Kecelakaan serta timeline kerja cukup padat juga dapat dijadikan alasan, terutama jika Anda masih bekerja disebuah perusahaan saat melamar pekerjaan baru.

Paling penting ketika memohon jadwal lain ialah mengajukan dengan sopan dan jangan menghilang tanpa kepastian. Karena sejumlah perusahaan, kandidat yang tidak hadir tanpa ada pemberitahuan akan diblacklist.

Jadi pahami template membuat email atau pesan penjadwalan ulang dengan benar. Anda bisa menuliskannya menggunakan bahasa indonesia atau inggris sesuai kedaan yang ada.

Berkut contohnya dalam bahasa indonesia.

Kepada Yth. …,

Saya sangat antusias melaksanakan interview posisi… di perusahaan … . Namun sayang sekali saya harus … . Sehingga dengan berat hati saya harus menjadwalkan ulang interview pada tanggal.. hari..

Tips Meminta Reschedule Tanpa Menyinggung HRD

Sebelum mengajukan penjadwalan kembali, kenali dulu bagaimana contoh email reschedule interview dengan benar. Kemudian temukan alasan tepat agar tidak membuat HRD tersinggung dan memberikan jadwal test baru.

Setelah memahami itu semua, maka Anda hanya perlu belajar mengenai etika untuk memintanya. Pertama bisa langsung menghubungi kontak dari pihak personalia apabila jadwal yang ditentukan perusahaan tidak cocok sejak awal.

Jangan sampai menunda memberitahukan kondisi kepada HDR agar mereka mendapat kepastian kabar dari yang bersangkutan. Sebab pihak personalia juga harus melakukan reschedule timeline di sejumlah kandidat lainnya.

Selain itu agar tidak menyinggung, maka ketika membalas email/pesan ekspresikan rasa kegembiraan dari undangan yang didapatkan. Ucapkan juga rasa terima kasih karena sudah memilih dan lolos dalam seleksi administrasi.

Setelah itu jangan lupa juga ucapkan permintaan maaf beserta alasannya mengapa meminta reschedule dan pastikan berkata apa adanya. Cari tahu contoh email reschedule interview dengan tepat agar tidak menyinggung pihak perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangannya, maka bisa memberikan tanggal serta waktu lengkap dengan alasannya. Namun sebaiknya jangan memberikan kesan seperti mengatur karena pihak perusahaan pasti bukan hanya mewawancarai Anda saja.

Memberitahu alternatif tanggal serta waktunya merupakan hal fleksibel, bahkan pihak HRD juga dapat memberikan jadwal lain. Hal terakhir yang bisa Anda lakukan agar tidak menyinggung ialah menutup dengan harapan.

Ungkapkan harapan Anda seperti semoga dengan calon kandidat dapat berjodoh serta melakukan interview pada tanggal lain. Ungkapkan juga rasa terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan perusahaan tersebut.


Dengan memahami beberapa tips tersebut, maka dapat mencegah pihak HRD tidak tersinggung. Namun pahami dulu bagaimana contoh email reschedule interview yang benar dan alasannya agar tidak terkesan menggantung.

Bagikan Artikel: