10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

akibat tidak datang interview kerja

Akibat Tidak Datang Interview Kerja dan Tips Membatalkannya

Akibat tidak datang interview kerja bisa sangat negatif karena berkaitan dengan kedisiplinan dan profesionalitas. Tentu hal ini sangat jarang dilakukan oleh orang-orang yang memang ingin mendapatkan pekerjaan karena jadwal wawancara  justru malah ditunggu-tunggu.

Jadi jika kamu sudah berada pada proses perekrutan dan memiliki jadwal wawancara, cobalah untuk selalu hadir. Namun jika memang berhalangan karena satu hal maka cobalah untuk memberitahukannya ke pihak recruiter jauh sebelumnya.

Memberitahu pihak HRD ketika Anda tidak bisa menghadiri wawancara sangat penting karena hal ini erat kaitannya proses perekrutan secara global agar prosesnya tidak kacau hanya karena satu kandidat.

Akibat tidak datang interview kerja, bisa berdampak pada kesempatan-kesempatan lain bahkan bisa menurunkan penilaian baik dari recruiter. Lalu Bagaimana jika memang Anda benar-benar tidak bisa mendatangi interview karena sesuatu yang mendesak?

Cara Membatalkan Interview Agar Tetap Profesional

Bagi sebagian orang panggilan interview merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu karena memberikan sinyal positif. Wawancara umumnya merupakan tahap terakhir dengan kandidat yang semakin tersortir sehingga kemungkinan diterima lebih besar.

Namun terkadang seseorang mengikuti beberapa rekrutmen di banyak tempat dan jadwal tes bukan tidak mungkin datang di waktu bersamaan. Lalu Bagaimana jika Anda tidak bisa datang pada jadwal wawancara  yang sudah ditentukan?

1. Lakukan konfirmasi terlebih dahulu akan ketidakhadiran Anda

Akibat tidak datang kerja membuat kamu kehilangan kesempatan sebagai kandidat terpilih. Untuk meminimalisir kejadian tersebut maka Anda bisa melakukan konfirmasi ketidakhadiran jauh sebelumnya.

Jangan ragu untuk menghubungi pihak HRD atau recruiter jika memang Ada hal mendesak yang membuat Anda tidak bisa mendatangi jadwal wawancara, karena perusahaan akan lebih menghargai Anda jika menyampaikan hal tersebut.

2. Berikan alasan yang jelas

Pastikan ada menghindari pemberitahuan dengan kata-kata yang berlebihan karena pihak HRD tentu tidak memperdulikan seberapa panjang penjelasan Anda sehingga yang terpenting adalah to the point.

Cantumkan tanggal interview dan posisi lalu sertakan alasan pembatalan wawancara sesederhana mungkin. Akibat tidak datang interview kerja, memang membuat Anda kehilangan kesempatan namun setidaknya cobalah bersikap profesional.

Umumnya jika Anda melakukan pembatalan terlebih dahulu jauh hari sebelumnya maka pihak HRD  akan memberikan jadwal ulang. Dengan memberikan informasi yang jelas seperti tanggal wawancara serta posisi juga mempermudah pihak HRD.

3. Cobalah untuk berkomitmen jika perusahaan memberikan toleransi

Setelah perusahaan memberikan toleransi dengan menjadwalkan ulang kapan Anda akan mendapatkan panggilan interview, maka pastikan Anda benar-benar berkomitmen untuk datang dan jangan menyia-nyiakan kesempatan lagi.

Terkadang akibat tidak datang interview kerja, tidak sebatas membuat Anda kehilangan kesempatan pada saat itu namun bisa saja Anda masuk daftar hitam perusahaan karena menaati aturan dan memegang komitmen adalah hal penting.

Jadi setidaknya buatlah diri Anda tampak profesional dan bertanggung jawab meskipun belum resmi menjadi kandidat terpilih pada perusahaan tempat melamar tersebut.

Baca juga: 4 Ciri-Ciri Lolos Interview HRD, Dijamin Dapat Kerja

4. Akibat Tidak Datang Interview Kerja Tanpa Pemberitahuan

Seperti yang diketahui bahwa dalam dunia kerja memang diperlukan etika yang baik serta rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan apalagi jika Anda memang benar-benar membutuhkan pekerjaan.

Mungkin Anda bisa saja membatalkan jadwal jika memang ada sesuatu yang mendesak, karena pada umumnya orang-orang yang membatalkan interview adalah orang-orang yang mendapatkan kejadian mendadak atau kepentingan lain yang memang lebih darurat.

Alasan lain mengapa orang-orang tidak datang interview atau pada jadwal yang sudah ditetapkan adalah ketika sudah menerima pekerjaan di tempat lain atau memang tidak tertarik pada perusahaan setelah tahap tes awal dan lain-lain.

Agar akibat tidak datang interview kerja tidak semakin meluas maka sebaiknya apapun yang menyebabkan Anda tidak bisa menghadiri interview tersebut maka cobalah membatalkan jadwal dengan baik.

Seperti pembahasan di atas, membatalkan interview bisa membuat ada kehilangan kesempatan dan parahnya bisa saja nama Anda masuk black list. Sehingga akan lebih baik jika Anda berhati-hati terutama dalam pengambilan keputusan.Berada pada tahap interview merupakan sebuah pertimbangan yang cukup matang dari perusahaan dan artinya Anda merupakan salah satu kandidat terpilih. Jangan sampai akibat tidak datang interview kerja, kesempatan tersebut malah hilang.

Bagikan Artikel: