10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

alasan HRD membutuhkan waktu 2 minggu setelah interview

Alasan HRD Membutuhkan Waktu 2 Minggu Setelah Interview

Banyak dari kandidat yang penasaran mengenai alasan HRD membutuhkan waktu 2 minggu setelah interview untuk memilih pekerja baru. Apalagi interview menjadi penentu tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen sehingga wajar jika Anda merasa cemas.

Dalam beberapa kesempatan terutama perusahaan-perusahaan besar maka umumnya akan mengatakan untuk meminta waktu tunggu selama 2 minggu. Namun sebenarnya waktu untuk melakukan riset rekrutmen Setiap perusahaan tentu berbeda-beda.

Semua tergantung dari industri dan perusahaannya sendiri namun memang rata-rata perekrutan membutuhkan waktu sekitar 14 hingga 24 hari untuk menemukan kandidat yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebenarnya hal ini juga merupakan alasan HRD membutuhkan waktu 2 minggu setelah interview untuk memutuskan kandidat mana yang akan terpilih untuk mengisi bagian yang kosong di perusahaan tersebut.

Bahkan jika Anda melamar pada industri pemerintahan maka lama waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari 24 hari bahkan bisa membutuhkan waktu hingga 58 hari. Sedangkan untuk industri restoran biasanya lebih cepat sekitar 10 hari saja.

Alasan HRD Membutuhkan Waktu 2 Minggu Setelah Interview

Seperti pembahasan di atas di mana setiap perusahaan pasti menginginkan kandidat ideal untuk mengisi bagian yang kosong. Untuk lebih jelasnya berikut alasan-alasan Mengapa HRD akan membutuhkan waktu beberapa minggu sebelum memberikan keputusan:

1. Menghindari proses biaya perekrutan yang buruk

Makna dari biaya perekrutan yang buruk sendiri adalah saat Perusahaan merekrut pekerja yang tidak ideal sehingga nantinya akan merugikan perusahaan karena membayar orang yang salah.

Hal tersebut akan berdampak secara luas seperti membuat reputasi perusahaan menjadi buruk, kerja tim yang menurun dan waktu manajer juga terbuang sia-sia dan tentu juga mengurangi produktivitas para pekerja.

Sehingga tidak heran jika HRD benar-benar selektif saat akan memilih tenaga kerja baru untuk menghindari adanya biaya perekrutan yang buruk. Perusahaan akan memilih kandidat yang mahir di bidangnya, sesuai dengan kualifikasi dan lain-lain.

2. Membuat kualifikasi terlalu banyak saat merekrut kandidat

Alasan HRD membutuhkan waktu 2 minggu setelah interview yang kedua adalah terkadang perusahaan membuat kualifikasi terlalu banyak saat merekrut kandidat, di mana berharap satu kandidat bisa menguasai banyak keahlian.

Memang tampak tidak realistis namun banyak perusahaan melakukan hal tersebut sehingga proses pemilihan menjadi lebih lama. Andapun harus sabar menunggu perusahaan mencari kandidat yang dimaksud.

3. Melibatkan banyak pihak dalam perekrutan

Perekrut atau HRD sering kali merasa kesulitan saat menentukan kandidat yang tepat sehingga terkadang melibatkan banyak pihak untuk membantu memilih kandidat yang cocok.

Tidak heran jika hal ini membuat proses seleksi menjadi lebih lama karena semakin banyak yang terlibat maka justru semakin sulit dalam pengambilan keputusan apalagi jika setiap bagian memiliki kebutuhan yang berbeda.

Selain itu, terkadang alasan HRD membutuhkan waktu 2 minggu setelah interview adalah karena adanya perubahan sehingga segala sesuatunya juga ikut berubah. Sehingga para pencari kerja harus sabar untuk menanti informasi dari perusahaan.

Baca juga: Akibat Tidak Datang Interview Kerja dan Tips Membatalkannya

Apa yang Perlu Dilakukan Saat Menunggu Panggilan Interview?

Mungkin Anda akan merasa cemas jika tidak segera dihubungi oleh pihak HRD namun ada aturan tidak tertulis yang mungkin bisa diterapkan yaitu dengan memberikan waktu 5 hari kerja.

Artinya setelah selesai interview maka Anda bisa menghubungi HRD yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Hal ini berlaku jika pihak HRD tidak mengatakan apapun setelah interview selesai dilakukan.

Namun jika pihak HRD sudah memberitahukan waktu tunggu yaitu 2 minggu maka Anda juga harus sabar dan menunggu 2 minggu setelahnya. Alasan HRD membutuhkan waktu 2 minggu setelah interview memang wajar dilakukan untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Anda harus menghargai waktu tunggu dan sebaiknya tidak melakukan tindak lanjut apapun karena ketika Anda sabar mematuhi instruksi yang diberikan oleh pihak KRD maka kemungkinan untuk terpilih juga besar.

Jangan lupa juga memahami peran perekrut karena bisa saja pihak perekrut memiliki kesibukan lain setelah proses interview selesai. Lalu Bagaimana jika setelah 2 minggu tidak ada jawaban atau informasi apapun dari perusahaan?Anda bisa mengirimkan email ke HRD, bisa juga melanjutkan mencari pekerjaan lain. Alasan HRD membutuhkan waktu 2 minggu setelah interview, umumnya untuk mendapatkan kandidat terbaik dan mungkin Anda bisa menjadi kandidat terbaik di tempat lain.

Bagikan Artikel: