10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Apa yang dilakukan HRD saat background check?

Apa yang Dilakukan HRD saat Background Check? Simak Ini

Tidak sedikit orang pasti bertanya-tanya apa yang dilakukan hrd saat background check? Hal tersebut membawa segelintir pertanyaan di kepala masyarakat. Untuk menjawab hal tersebut Anda perlu menambah wawasan.

Pertanyaan demi pertanyaan ditujukan agar pihak perusahaan bisa mengambil keputusan dengan berbagai macam pertimbangan serta membuat keputusan secara tepat. Maka dari itu, penting untuk pelamar mempelajari hal tersebut.

Lalu, apakah banyak calon pelamar yang ingin mengetahui apa yang dilakukan hrd saat background check? Untuk mencari tahu, Anda bisa mencari di internet mengenai berbagai macam hal itu agar dapat mempelajarinya.

Pentingnya Background Check dalam Mencari Kandidat Tepat

Pemeriksaan latar belakang dalam proses recruitmen adalah hal wajib diadakan. Dengan adanya hal tersebut, Anda bisa melakukan cross check apakah calon kandidat mengatakan hal kebenaran atau justru menutupi fakta yang ada.

Untuk meminimalisisr hal-hal tidak diinginkan, pelamar harus berkata jujur ketika diberikan pertanyaan saat interview. Anda harus mengetahui apa yang dilakukan HRD saat background check? 

Pada background check juga bisa diketahui catatan criminal dari pelamar karena sangat penting untuk diketahui. Hal tersebut bisa mengetahui apakah kandidat karyawan seorang yang berbahaya, bisa diandalkan atau tidak.

Hal itu juga bisa membuat perusahaan lebih mudah mengambil keputusan secara tepat. Pemeriksaan latar belakang ini sangat bisa menjauhkan perusahaan dari berbagai macam kerugian di masa akan datang.

Apakah wajib mengetahui apa yang dilakukan HRD saat background check? Tentu ini adalah hal penting untuk seorang pelamar kuasai. Agar ketika perusahaan melakukan proses tersebut, Anda bisa menyiapkan secara matang.

Pemeriksaan latar belakang ini juga akan memberikan perusahaan gambaran mengenai beberapa hal seperti kemampuan dari pelamar juga kepribadiannya. Apakah sudah cocok dengan posisi serta perusahaan atau tidak.

Secara sederhana tanpa adanya background check, Anda tidak bisa mengetahui sebanyak mungkin mengenai pelamar tersebut. Jadi, pastikan untuk melakukan langkah ini agar tidak menyesal jika pelamar tidak sesuai ekspektasi.

Baca juga: Apa Itu Background Check dalam Lamar Kerja? Simak Ini

Lalu, Apa yang Dilakukan HRD saat Background Check?

Dalam melakukan tahapan ini, pihak perusahaan akan mencari tahu lebih dalam mengenai kandidat mulai dari kepribadiannya hingga media sosialnya. Hal ini dilakukan tentu semata-mata agar tidak mengambil keputusan yang salah.

Apa yang dilakukan hrd saat background check? Tujuannya dilakukan untuk menentukan suatu kualitas dari calon karyawan. Sehingga tidak boleh sembarangan melakukan tahapan tersebut karena akan menentukan masa depan perusahaan.

Terkadang HRD juga ingin melihat calon karyawan bersikap di luar kantor karena bisa memengaruhi kepribadian seseorang. Kemudian juga bisa melihat apakah kandidat memiliki masalah terhadap pekerjaan sebelumnya.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa poin penting yang wajib Anda simak di bawah ini. Berikut adalah beberapa aspek yang dilakukan oleh HRD ketika pemeriksaan latar belakang berlangsung.

1. Melakukan verifikasi pendidikan kandidat

Memastikan suatu perjalanan pendidikan dari calon karyawan merupakan salah satu dari apa yang dilakukan HRD saat background check? Hal ini dilakukan agar tidak ada kebohongan tercantum di CV.

Pihak perusahaan akan memastikan secara benar tidaknya kandidat tersebut lulus pada suatu institusi sesuai dengan apa yang dicantumkan dalam lembar riwayat hidup. Dengan begitu kandidat tidak bisa memalsukan segala dokumen bersangkutan.

2. Melihat catatan criminal dari calon karyawan

Memilih karyawan tentu harus yang memiliki track record atau riwayat baik sehingga ke depannya akan meminimalkan kerugian akibat perilaku tidak terpuji. Melalui background check ini juga perusahaan bisa mengetahui tindak criminal kandidat.

Apa yang dilakukan hrd saat background check? Ketika memeriksa catatan criminal seseorang akan mengidentifikasi apakah kandidat pernah melakukan hal bertentangan dengan hukum atau tidak.

3. Melihat akun media sosial kandidat

Banyak sekali pelamar atau calon karyawan mengabaikan poin satu ini. Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa perusahaan tidak akan melakukan pengecekan hingga sejauh itu.

Namun siapa yang akan mengira jawaban mengenai pertanyaan apa yang dilakukan hrd saat background check? Jawabannya adalah itu juga melibatkan interaksi sosial Anda. Perusahaan akan menilai sebaik apa Anda terkait postingan serta komentar.

Bagi pencari kerja di mana zaman sekarang cukup susah menemukan pekerjaan sesuai kriteria. Maka dari itu, ketika menemukan suatu lowongan pekerjaan harus didapatkan bagaimana juga caranya.Poin-poin ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi ketika Anda akan melakukan pemeriksaan latar belakang. Sehingga dengan mudah bisa mengetahui apa yang dilakukan HRD saat background check?

Bagikan Artikel: