10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Apa itu background check dalam lamar kerja

Apa Itu Background Check dalam Lamar Kerja? Simak Ini

Mengenal apa itu background check dalam lamar kerja di dunia pekerjaan adalah hal wajib bagi pencari lowongan. Hal tersebut akan digunakan dalam mendeteksi kebohongan dari calon karyawan baru.

Maka dari itu, setiap perusahaan yang ingin membuka lowongan pekerjaan wajib menerapkan adanya background check dan diaplikasikan pada setiap pelamar. Tujuannya adalah agar apa yang dikatakan pelamar sesuai terhadap bukti lapangan.

Dalam mempelajari background checking, Anda harus banyak mencari referensi yang dapat dipercaya serta sudah terbukti kebenarannya. Dengan begitu, Anda tidak akan terbawa oleh kabar salah yang beredar.

Mengenal Apa Itu Background Check dalam Lamar Kerja 

Background check atau pemeriksaan latar belakang tersebut bisa dilakukan dengan memeriksa tempat bekerja sebelumnya atau pendidikan terakhir agar tidak terjadi kesenjangan antara biodata dengan berkas sebagai buktinya.

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan latar belakang ini menggunakan sejumlah pertanyaan. Pertanyaan yang tepat dalam pemeriksaan dapat membantu dalam memperkuat intuisi mengenai kemampuan calon kandidat.

Dengan mempelajari apa itu background check dalam lamar kerja akan membawa manfaat besar bagi pelamar tentunya. Salah satunya adalah pelamar bisa menyiapkan semua jawaban agar bisa menjawab pertanyaan diajukan.

Pemeriksaan latar belakang ini tentunya sangat penting bagi perusahaan dan merupakan tahapan tidak oleh terlewatkan saat diadakannya recruitment karyawan. Karyawan yang berkualitas pasti mampu menghadapi tahap seleksi tersebut.

Jika menerima karyawan hanya berpatok pada CV atau riwayat hidup saja maka kemungkinan besar akan tidak sesuai dengan keadaan lapangan. Di mana kemampuan tertulis tersebut bisa dimanipulasi sesuka hati.

Maka dari itu, perusahaan wajib menerapkan apa itu background check dalam lamar kerja agar tidak salah menerima karyawan tidak sesuai kriteria. Hal tersebut bukan saja memberi kerugian bagi satu pihak namun kedua pihak.

Merekrut karyawan yang salah akan membuat perusahaan berisiko terhadap pencurian aset, korupsi, serta tindakan merugikan yang bahkan dapat merusak reputasi perusahaan. Background check adalah cara yang tepat untuk menghindari risiko tersebut.

Inilah Ciri-Ciri Kandidat yang Kurang Baik

Sebelum melakukan pemeriksaan latar belakang tentu Anda bisa menentukan apakah kandidat tersebut orang tepat atau bukan. Hal ini bisa Anda pelajari di samping mengenal apa itu background check dalam lamar kerja.

1. Terlihat tidak mempersiapkan diri

Hal tersebut adalah cara paling mudah dalam mengidentifikasi apakah kandidat serius dalam menjalankan pekerjaannya atau tidak. Misalkan saja ketika proses interview, calon datang secara terlambat tanpa konfirmasi sebelumnya.

Dari hal itu, Anda bisa melihat bagaimana letak tanggung jawab seorang kandidat sebelum mempekerjakannya. Ini juga bisa ditandai jika pelamar tidak serius atau hanya bermain-main.

Baca juga: Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

2. Kurang mengetahui produk, posisi, perusahaan yang ingin dilamar

Seorang kandidat yang sudah mempersiapkan diri tentu akan mengetahui apa saja mengenai suatu produk, perusahaan, serta posisi yang diinginkan. Dengan menguasainya tentu bisa dilihat keseriusan dari sebuah tekad pelamar.

Hal ini biasanya akan ditanyakan ketika sesi pemeriksaan latar belakang. Maka dari itu, penting untuk pelamar dalam mengetahui apa itu background check dalam lamar kerja sebelum mengikuti sesi tersebut.

3. Tidak dapat menjelaskan pekerjaan sebelumnya secara maksimal

Mendapatkan karyawan yang mempunyai segudang prestasi serta karir cerah merupakan impian semua perusahaan. Terutama jika pelamar tersebut merupakan seorang ahli sudah bertahun-tahun lamanya.

Perlu untuk diketahui bahwa Anda wajib berhati-hati jika menemui pelamar atau kandidat tidak bisa menjelaskan pekerjaan sebelumnya. Ada kemungkinan bahwa calon tersebut memiliki kekurangan dari pekerjaan lalu dan merekayasa resume.

4. Tidak ada pertanyaan yang diajukan

Ketika melalukan interview dan perusahaan melakukan pemeriksaan latar belakang, Anda perlu memahami konsep apa itu background check dalam lamar kerja. Hal ini bertujuan agar bisa menjawab semua pertanyaan dari penguji.

Disarankan untuk memilih kandidat yang memiliki antusiasme tinggi sehingga terjadi komunikasi yang baik antara pelamar serta pihak perusahaan. Dengan begitu mudah untuk menentukan calon karyawan baru berkualitas.

5. Menceritakan keburukan tempat kerja sebelumnya

Kandidat atau pelamar yang berkualitas tentu memiliki sifat baik serta berkelakuan baik. Jika seorang pelamar secara terbuka menceritakan kekurangan dari tempat kerja sebelumnya sebaiknya Anda tidak menerimanya.

Pentingnya mengenal hal ini juga bisa mendeteksi sikap atau perilaku dari pelamar. Anda bisa melakukan recruitment dengan segenap pertimbangan sebelum mengambil keputusan.Ciri-ciri dalam membedakan mana kandidat terbaik atau tidak ini juga perlu untuk dipelajari setelah Anda mengetahui dengan baik apa itu background check dalam lamar kerja agar tidak salah ketika recruitment karyawan.

Bagikan Artikel: