Apa itu background check dalam lamar kerja

Apa Itu Background Check dalam Lamar Kerja? Simak Ini

Mengenal apa itu background check dalam lamar kerja di dunia pekerjaan adalah hal wajib bagi pencari lowongan. Hal tersebut akan digunakan dalam mendeteksi kebohongan dari calon karyawan baru.

Maka dari itu, setiap perusahaan yang ingin membuka lowongan pekerjaan wajib menerapkan adanya background check dan diaplikasikan pada setiap pelamar. Tujuannya adalah agar apa yang dikatakan pelamar sesuai terhadap bukti lapangan. Berikut ini penjelasan apa itu background check, yuk simak!!!

Apa Itu Background Check?

Background check adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengumpulkan informasi tentang rekam jejak calon karyawan. Tujuan dari background check adalah untuk memverifikasi informasi yang diberikan oleh calon karyawan.

Menurut Indeed, background check merupakan suatu hal yang digunakan rekruter untuk mempelajari lebih lanjut tentang calon karyawan. Background check dapat menjadi langkah penting dalam proses seleksi calon karyawan, terutama untuk pekerjaan yang memerlukan tingkat kepercayaan yang tinggi atau akses terhadap informasi sensitif.

Baca Juga : Apa Saja Pemeriksaan Medical Check Up untuk Melamar Kerja

Persiapan Menghadapi Background Check

1. Minta izin kepada atasan atau kolega untuk dijadikan referensi

Jika Anda mengharapkan bahwa atasan saat ini atau kolega akan dihubungi sebagai referensi, penting untuk meminta izin mereka terlebih dahulu. Pastikan mereka tahu bahwa Anda menyebutkan mereka sebagai referensi, dan berikan informasi yang diperlukan kepada mereka.

2. Persiapkan data-data yang biasanya dibutuhkan

Siapkan dokumen dan informasi yang biasanya diperlukan dalam pemeriksaan latar belakang. Ini termasuk riwayat pekerjaan, transkrip akademik, sertifikat lisensi atau pelatihan, dan informasi kontak untuk referensi. Pastikan semua informasi ini akurat dan terbaru.



3. Perhatikan media sosial

Sangat mungkin bahwa pihak yang melakukan pemeriksaan latar belakang akan melihat profil media sosial Anda. Luangkan waktu untuk memeriksa dan menghapus konten yang mungkin merugikan reputasi Anda. Pastikan apa yang Anda bagikan secara online sesuai dengan citra profesional yang ingin Anda projeksikan.

4. Harus selalu jujur

Salah satu prinsip paling penting dalam menghadapi pemeriksaan latar belakang adalah jujur dan terbuka. Jangan mencoba menyembunyikan atau memanipulasi informasi. Jika Anda memiliki catatan kriminal atau masalah dalam riwayat Anda, lebih baik mengungkapkannya secara jujur daripada mencoba menyembunyikannya. Kebijakan kejujuran biasanya dihargai lebih tinggi daripada upaya untuk menyembunyikan sesuatu.

Baca Juga : Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Ciri-Ciri Kandidat Kurang Baik Yang Wajib Diperhatikan Saat Background Check

1. Terlihat tidak mempersiapkan diri

Hal tersebut adalah cara paling mudah dalam mengidentifikasi apakah kandidat serius dalam menjalankan pekerjaannya atau tidak. Misalkan saja ketika proses interview, calon datang secara terlambat tanpa konfirmasi sebelumnya. Dari hal itu, Anda bisa melihat bagaimana letak tanggung jawab seorang kandidat sebelum mempekerjakannya. Ini juga bisa ditandai jika pelamar tidak serius atau hanya bermain-main.

2. Kurang mengetahui produk, posisi, perusahaan yang ingin dilamar

Seorang kandidat yang sudah mempersiapkan diri tentu akan mengetahui apa saja mengenai suatu produk, perusahaan, serta posisi yang diinginkan. Dengan menguasainya tentu bisa dilihat keseriusan dari sebuah tekad pelamar. Hal ini biasanya akan ditanyakan ketika sesi pemeriksaan latar belakang. Maka dari itu, penting untuk pelamar dalam mengetahui apa itu background check dalam lamar kerja sebelum mengikuti sesi tersebut.



3. Tidak dapat menjelaskan pekerjaan sebelumnya secara maksimal

Mendapatkan karyawan yang mempunyai segudang prestasi serta karir cerah merupakan impian semua perusahaan. Terutama jika pelamar tersebut merupakan seorang ahli sudah bertahun-tahun lamanya. Perlu untuk diketahui bahwa Anda wajib berhati-hati jika menemui pelamar atau kandidat tidak bisa menjelaskan pekerjaan sebelumnya. Ada kemungkinan bahwa calon tersebut memiliki kekurangan dari pekerjaan lalu dan merekayasa resume.

4. Tidak ada pertanyaan yang diajukan

Ketika melalukan interview dan perusahaan melakukan pemeriksaan latar belakang, Anda perlu memahami konsep apa itu background check dalam lamar kerja. Hal ini bertujuan agar bisa menjawab semua pertanyaan dari penguji. Disarankan untuk memilih kandidat yang memiliki antusiasme tinggi sehingga terjadi komunikasi yang baik antara pelamar serta pihak perusahaan. Dengan begitu mudah untuk menentukan calon karyawan baru berkualitas.

5. Menceritakan keburukan tempat kerja sebelumnya

Kandidat atau pelamar yang berkualitas tentu memiliki sifat baik serta berkelakuan baik. Jika seorang pelamar secara terbuka menceritakan kekurangan dari tempat kerja sebelumnya sebaiknya Anda tidak menerimanya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!