10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

apa saja pemeriksaan medical check up untuk melamar kerja

Apa Saja Pemeriksaan Medical Check Up untuk Melamar Kerja

Pertanyaan seputar apa saja pemeriksaan medical check up untuk melamar kerja memang sering dicari tahu oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang akan melamar pekerjaan. Sebab dengan begitu dapat dijadikan sebagai langkah persiapan awal nantinya. 

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa salah satu tahapan dari seleksi kerja di mana harus dilalui oleh calon karyawan adalah medical check up ini. Bahkan sebagian besar perusahaan menjadikan proses ini sebagian bagian wajib bagi para pelamar. 

Tidak hanya membantu mengetahui kondisi kesehatan dari Anda saja tetapi biasanya juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan diterima atau tidaknya sebagai karyawan. Inilah pentingnya agar mengetahui apa saja pemeriksaan medical check up melamar kerja berikut ini. 

Apa Saja Pemeriksaan Medical Check Up untuk Melamar Kerja, Cek Ini 

Perlu diketahui bahwa tes satu ini tidak dilakukan tanpa tujuan sama sekali karena ternyata kehadirannya mampu membantu untuk melakukan identifikasi kondisi kesehatan calon karyawan dan masih banyak lagi. 

Bagi yang belum pernah melakukannya sama sekali, maka pastinya penasaran dengan apa saja pemeriksaan medical check up untuk melamar kerja bukan? jangan khawatir karena kami akan memberikan ulasannya dibawah ini: 

1. Tes Narkoba dan Alkohol 

Pertama adalah tes untuk narkoba dan alcohol satu ini. Di mana hampir semua perusahaan yang terdapat di Indonesia ternyata mewajibkan calon karyawannya untuk bebas dari narkoba sekaligus alcohol. 

Sebab kehadiran tes inipun juga ada alasannya seperti bisa mengurangi ketidakhadiran serta kecelakaan di tempat kerja, membantu meningkatkan produktivitas hingga meminimalisir tanggung jawab oleh pihak perusahaan. 

2. Kemampuan Fisik 

Apa saja pemeriksaan medical check up untuk melamar kerja berikutnya adalah mengecek kondisi atau kemampuan fisik. Terlebih lagi bagi calon pelamar di mana bekerja di dalam lingkungan ekstrem dan menuntut pekerjaan fisik yang cukup berat. 

Melalui pemeriksaan inilah ternyata bisa membantu untuk mengukur seperti apakah kemampuan fisik dari calon karyawan ketika akan ditempatkan di bagian tertentu, kekuatan otot hingga stamina secara keseluruhan. 

3. Pemeriksaan Medis 

Masih ada lagi apa saja pemeriksaan medical check up untuk melamar kerja yang dilakukan yakni pemeriksaan medis di mana Anda mungkin diharuskan agar menjalani proses pemeriksaan medis komprehensif. Biasanya akan dilakukan untuk mengecek tekanan darah, jantung, penglihatan, perut, hingga tulang belakang. 

Tidak hanya itu saja, Anda mungkin juga akan diminta untuk melakukan pemeriksaan gula sekaligus darah. Pada tipe pekerjaan tertentu, kegiatan inipun bisa meliputi rontgen dada, tes pendengaran hingga paru-paru juga. 

Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Medical Check Up

Perlu diketahui bahwa aspek yang diperiksa selama medical check up inilah biasanya akan berbeda-beda dan tergantung dengan perusahaan sekaligus posisi melamar pekerjaan. Oleh sebab itulah, Anda perlu mencari tahu informasi lebih lanjut terlebih dahulu. 

Jika perlu silahkan dapatkan informasi dari pihak recruiter terlebih dahulu. Sebagai catatan karena setiap perusahaan mungkin akan mempunyai jenis-jenis pemeriksaan berbeda-beda. 

Sudah tahu bukan apa saja pemeriksaan medical check up untuk melamar kerja? Ternyata terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut sebelum Anda melakukan kegiatan pemeriksaan tersebut. 

Hal tersebut supaya nantinya proses pemeriksaan bisa berlangsung lebih optimal dan maksimal. Adapun hal yang perlu diperhatikan pertama adalah ketika Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu baik suplemen ataupun produk herbal, maka harus memberitahu pihak dari pemeriksa. 

Sebab nanti dikhawatirkan obat-obatan yang dikonsumsi akan memberikan pengaruh terhadap hasil dari medical checkup tersebut. Selain itu, kami sarankan agar menghindari air dingin sekaligus berolahraga ketika akan menjalani EKG. 

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah untuk wanita hamil biasanya wajib menghindari adanya pemeriksaan yang memanfaatkan sinar X. Sebab radiasi dari sinar X inilah disinyalir akan membahayakan kondisi dari janin. 

Untuk wanita diwajibkan menghindari tes urin 7 hari sebelum ataupun sesudah menstruasi karena darah dari menstruasi mampu mengkontaminasi urine. Inilah yang akan menyebabkan hasilnya nanti akan berbeda ataupun jauh dari perkiraan. 

Ketika Anda akan melamar pekerjaan, maka terdapat serangkaian tes yang wajib untuk dilewati terlebih dahulu, termasuk melakukan medical check up. Sebagai bahan persiapan, pastikan mengetahui apa saja pemeriksaan medical check up untuk melamar kerja nantinya. 

Bagikan Artikel: