rekrut karyawan di malang

Rekrut Karyawan di Malang: Panduan Lengkap untuk Perusahaan

Di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi di Malang, banyak perusahaan menghadapi tantangan dalam mencari tenaga kerja yang kompeten. Menurut data terbaru, meski tingkat pengangguran di Malang tercatat menurun, masih ada kesenjangan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Mengapa Mencari Karyawan di Malang Bisa Menjadi Tantangan?

Alasan utama kesulitan mencari karyawan di Malang serupa dengan Jakarta, yaitu perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan yang sesuai dan nilai-nilai yang sejalan dengan visi perusahaan. Ditambah, persaingan di pasar kerja Malang yang ketat tidak selalu diikuti dengan kualitas sumber daya yang memadai.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Arif Tri Sastyawan dalam Radar Malang, “Sering kali terjadi perusahaan sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia. Hal ini disebabkan oleh adanya kesenjangan informasi antara perusahaan dan pencari kerja di Kota malang.

Biaya Merekrut Karyawan di Malang

Biaya perekrutan di Malang bervariasi, namun rata-rata untuk memposting iklan lowongan kerja untuk daerah Malang dan sekitarnya berkisar antara Rp20.000 hingga Rp400.000 per iklan lowongan kerja

Cara Efektif Rekrut Karyawan di Malang

Untuk dapat mencari karyawan terbaik di daerah malang dan sekitarnya, Anda dapat menggunakan beberapa cara paling efektif berikut:

1. Melakukan Kerjasama Dengan Universitas di Malang

rekrut karyawan di Malang lewat Universitas
Sumber: Universitas Negeri Malang

Malang dikenal sebagai Kota Pendidikan. Hal ini tak luput dari adanya 50 perguruan tinggi negeri maupun swasta di sekitaran malang. Dengan jumlah perguruan tinggi tersebut, diperkirakan setiap tahunnya terdapat 300 ribu mahasiswa yang berada di kota malang untuk menempuh pendidikan. Data tersebut diambil dari Detik.com

Dengan begitu, rekrut karyawan melalui Universitas harus mencari cara pertama yang dicoba oleh recruiter maupun perusahaan. Dengan jumlah mahasiswa dan lulusan yang dihasilkan setiap tahunnya, mencari kandidat dengan kualitas yang dibutuhkan perusahaan seharusnya menjadi hal yang mudah.

Untuk dapat melakukannya, Anda dapat memulainya dengan:

  • Memilih beberapa universitas di Malang yang memiliki reputasi baik serta jurusan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 
  • Menghubungi universitas untuk mempromosikan lowongan kerja yang Anda miliki, Anda dapat menghubungi Pusat Karir atau hubungan Alumni di Universitas tersebut.
  • Beberapa perusahaan juga kerap mengadakan pameran lowongan kerja atau job fair di Universita jika membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. 
  • Untuk mendapatkan kandidat yang lebih optimal, Anda dapat melakukan acara acara di kampus seperti seminar,workshop ataupun talkshow agar lowongan kerja yang Anda buat dikenal banyak oleh para Mahasiswa.

2. Menggunakan Pintarnya Untuk Pasang Loker Gratis di Area Malang

rekrut karyawan di malang lewat pintarnya

Pintarnya menjadi salah satu platform pencari kerja yang memiliki begitu banyak lowongan kerja di area Malang dan sekitarnya. Bagi Anda yang membutuhkan karyawan, Anda dapat mencari kandidat terbaik sesuai kebutuhan perusahaan tanpa dipungut biaya sepeserpun atau gratis.

Untuk dapat menggunakan Pintarnya Pasang Loker, Anda hanya perlu: 

  • Masuk ke halaman utama Pintarnya
  • Pergi ke Tombol “Pasang Loker”
  • Buat akun “Pintarnya for Employers”
  • Isi data lengkap mulai dari Nama Lengkap, Nama Perusahaan, Email Bisnis, Hingga Nomor Whatsapp Aktif yang Anda gunakan

Hingga saat ini, telah banyak perusahaan yang beroperasi di wilayah Malang dan sekitarnya yang telah menggunakan Pintarnya untuk menemukan kandidat terbaik. Mulai dari My Robin, My Republic hingga Mie Setan Bromo.

3. Pasang Iklan di Media Sosial dan Komunitas Lokal Malang

Cara rekrut karyawan di Malang lainnya adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook khusus area Malang. Anda dapat menjadi menggunakan berbagai akun instagram yang kerap menampilkan lowongan kerja area Malang agar lowongan kerja yang Anda miliki dapat diketahui oleh banyak kandidat. 

Beberapa akun Instagram yang dapat Anda gunakan antara lain, Lokermalang.co.id, LokermalangbaruMalangloker. Rata rata harga yang di patok untuk dapat memposting lowongan kerja di akun tersebut berkisar antara Rp35.000 hingga Rp80.000.

Referensi:

  • Aditya Novrian, Diakses pada 2024, 34.678 Warga Kota Malang Masih Mencari Pekerjaan
  • Universitas Negeri Malang, Diakses pada 2024, Pusat Karir
  • Savira Oktavia, Diakses pada 2024, 12 Julukan Kota Malang dan Alasan di Baliknya

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!