tugas dan tanggung jawab dishwasher

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Dishwasher di Dapur Restoran

Tugas dan tanggung jawab dishwasher perlu Anda ketahui jika berminat mengambil profesi ini, entah sekadar pekerjaan paruh waktu ataupun tetap. Namun, itu tidak sekadar mencuci piring saja, ada hal-hal lain yang juga menjadi tanggung jawab seorang dishwasher.

Saat mencuci, seorang dishwasher akan mengutamakan jenis dan ukuran peralatan makan dan dapur yang berbeda. Mereka bertugas memuat mesin pencuci piring dan meletakkan piring di rak pengering untuk disimpan dengan benar setelah selesai digunakan.

Tugas dan Tanggung Jawab Dishwasher

Seorang dishwasher adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk membersihkan piring di lingkungan layanan makanan. Ini untuk memastikan selalu ada banyak peralatan makan yang bersih.

Tugas dan tanggung jawab dishwasher meliputi:

  • Mengumpulkan peralatan dapur bekas dari ruang makan dan dapur.
  • Memuat dan membongkar mesin cuci.
  • Mencuci barang-barang tertentu dengan tangan (misalnya talenan kayu, panci besar, dan porselen halus).

Seperti yang tersebut di atas, tugas dan tanggung jawab dishwasher termasuk mengumpulkan piring bekas, piring dan perkakas. Tak hanya itu, memuat mesin cuci dan menumpuk barang-barang yang dicuci dengan tepat juga jadi bagian kerja seorang dishwasher.

Perhatikan bahwa peran ini membutuhkan kerja bergiliran dan, terkadang, pada malam hari atau akhir pekan. Pada momen-momen tertentu, saat restoran superramai, Anda bisa bekerja lembur untuk menyelesaikan piring-piring menumpuk.

Pada akhirnya, Anda akan membantu memberikan pengalaman bersantap yang tak terlupakan bagi pelanggan restoran tempat Anda bekerja. Maka lakukanlah tugas dan tanggung jawab dishwasher sebaik-baiknya.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Cook Helper, Kuasai Area Dapur

Untuk lebih detailnya, berikut ini tanggung jawab seorang dishwasher secara runtut:

  1. Kumpulkan peralatan dapur bekas dari ruang makan dan dapur.
  2. Memuat dan membongkar mesin pencuci piring.
  3. Cuci barang-barang tertentu dengan tangan (misalnya talenan kayu, panci besar, dan porselen halus).
  4. Simpan piring, gelas, dan peralatan bersih dengan tepat.
  5. Siapkan stasiun kerja sebelum persiapan makan dimulai.
  6. Pastikan piring, gelas, dan perkakas bersih selalu cukup, terutama pada jam sibuk.
  7. Pertahankan persediaan persediaan pembersih (misalnya deterjen) dan lakukan pemesanan bila perlu.
  8. Periksa pengoperasian mesin cuci dan segera laporkan setiap masalah teknis/kinerja.
  9. Buang sampah secara teratur.
  10. Bersihkan area dapur, termasuk lantai.

Baca juga: Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga, Bukan Cuma Jadi Koki

Persyaratan dan Keterampilan yang Diperlukan

Jika Anda ingin mendaftar bekerja sebagai dishwasher, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda pahami lebih dulu. Berikut ini adalah uraian selengkapnya:

  • Pengalaman kerja sebagai dishwasher atau staf waiters.
  • Pengalaman langsung dengan mesin cuci industri.
  • Mampu menjalankan instruksi tugas dengan baik.
  • Perhatian terhadap detail dan aturan sanitasi.
  • Bersedia diri untuk bekerja dalam shift, selama akhir pekan dan malam hari.
  • Ijazah SMA menjadi nilai tambah.

Seorang dishwasher bertugas memastikan bahwa dapur tetap bersih dan teratur. Anda mesti menyiapkan tempat cuci piring dan menyalakan mesin pencuci piring.

Anda akan menghabiskan waktu mereka memuat dan mengeluarkan piring dari mesin pencuci piring. Dishwasher akan mencuci semua panci atau peralatan yang bersentuhan dengan makanan, dan menghapus semua noda.

Setelah piring dibersihkan, tugas dan tanggung jawab dishwasher adalah meletakkannya di rak pengering dan menyimpan piring kering ke dalam lemari dan di rak. Tentunya juga dengan hati-hati dan penataan yang rapi.

Pekerja dishwasher bertanggung jawab untuk mengeluarkan peralatan dapur bekas dari area makan dan memasak dan membongkar mesin pencuci piring. Dishwasher mencuci barang-barang tertentu dengan tangan atau meletakkannya di area bersih yang siap digunakan kembali.

Sebagai dishwasher, nantinya Anda juga bertugas memastikan selalu ada peralatan yang cukup selama jam sibuk. Jangan sampai pelanggan harus menunggu lama pesanan hanya karena tidak ada piring sebagai penyajinya.

Baca juga: Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga Tentang Makanan

Adanya karyawan dishwasher adalah tambahan yang bagus untuk staf dapur. Pencuci piring yang baik harus memiliki sikap yang baik dan bekerja dengan cepat. Memastikan bahwa tugas diselesaikan dengan sempurna dengan memperhatikan detail dan kecepatan eksekusi.

Seorang dishwasher memainkan peran penting di antara staf dapur lainnya. Anda akan bekerja sama dengan kru tugas kebersihan dan suportif dapur. Menjalankan tugas dan tanggung jawab dishwasher sebagaimana mestinya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!