Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga, Bukan Sekedar Menjadi Koki Saja, Lho!

Mungkin Anda sering mendengar, bahwa prospek kerja kuliah Tata Boga hanyalah sekedar menjadi chef atau koki saja.

Namun, anggapan itu salah besar. Sebab prospek kerja dari jurusan Tata Boga tentu sangat luas.

Bahkan, persaingan dalam jurusan ini cukup ketat karena bisa diambil oleh anak IPA ataupun IPS, jadi memiliki banyak peminat.

Nah, bagi Anda yang suka memasak dan hendak mengambil pendidikan di bidang ini, yuk simak ulasan dari Pintarnya berikut.

Kami akan mengulas lebih dalam mengenai prospek kerja untuk Anda yang sedang atau akan menjalankan pendidikan di jurusan Tata Boga.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Tata Boga?

Seperti jurusan Matematika yang mempelajari ilmu matematika, pun begitu dengan jurusan Tata Boga yang pastinya mempelajari cara atau teknik memasak hingga pengetahuan tentang hidangan dan sebagainya.

Tak hanya itu, ketika kuliah Anda juga akan mendapatkan pengajaran tentang ilmu gizi, higienitas, hingga sanitasi.

Untuk perluasan prospek kerja tata boga, nantinya Anda pun akan mendapatkan mata kuliah tambahan seperti Kimia Terapan, Manajemen, Komputer, hingga Kewirausahaan.

Jadi, setelah lulus, Anda akan memiliki pemahaman tentang kemajuan teknologi dan pengolahan pangan agar awet digunakan dalam kurun waktu tertentu, serta pengantar untuk membuka bisnis sendiri.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar mata kuliah di jurusan tata boga.

Nah, agar memiliki gambaran lebih jelas mengenai macam mata kuliah di jurusan Tata Boga, berikut kami uraikan daftarnya untuk Anda.

  1. Pengetahuan Dapur dan Peralatan Dapur
  2. Ilmu Gizi
  3. Pengelolaan Makanan Indonesia
  4. Makanan Oriental 
  5. Dekorasi Boga
  6. Manajemen
  7. Mikrobiologi Pangan
  8. Higiene dan Sanitasi Makanan
  9. Bakery & Pastry
  10. Pengelolaan Makanan Kontinental
  11. Teknologi Pangan 
  12. Kewirausahaan
  13. Olahan Cokelat dan Gula
  14. Pengelolaan Hidangan Khusus
  15. Tata Hidang
  16. Gizi Masyarakat
  17. Pendidikan Konsumen
  18. Pemasaran Jasa Boga
  19. Manajemen Industri
  20. Cipta Karya Boga
  21. Gastronomi
  22. Pengelolaan Hidangan
  23. Diversifikasi Pangan Lokal
  24. Ilmu Kesejahteraan Keluarga
  25. Dasar Desain
  26. Matematika Terapan
  27. Pengetahuan Bahan Makanan
  28. Dasar Boga
  29. Kimia Terapan
  30. Anatomi Fisiologi
  31. Komputer Terapan
  32. Pengelolaan Kue dan Minuman
  33. Dasar Graha

Baca juga: 4 Prospek Kerja Kuliah Jurusan Teknik Paling Menjanjikan

Alasan Memilih Jurusan Tata Boga

Bagi Anda yang memiliki minat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Tata Boga namun ragu karena banyak yang meremehkan jurusan ini, berikut alasan mengapa Anda harus yakin ketika memilih jurusan Tata Boga, di antaranya adalah.

1. Memperoleh Pengetahuan Luas

Sebagaimana ynag telah disampaikan di atas, dari daftar mata kuliah jurusan Tata Boga bisa dilihat bahwa Anda tidak hanya mempelajari makanan atau pengolahan makanan saja, akan tetapi terdapat juga ilmu lainnya.

Dengan begitu, setelah lulus, pengetahuan Anda akan semakin luas dan hal ini diharapkan bisa membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan.

2. Menguasai Banyak Soft Skill

Bukan hanya sekedar handal dalam hard skill masak-memasak, di jurusan Tata Boga Anda pun akan berkesempatan untuk mengasah soft skill juga, lho.

Sebab, sama seperti hard skill, soft skill ini merupakan bagian penting ketika nanti Anda merambah ke dunia kerja profesional. Nah, adapun beberapa soft skill yang akan Anda kuasai ialah:

  • Terstruktur
  • Analisis yang baik
  • Independensi
  • Inovatif
  • Kreativitas
  • Kolaboratif
  • Tekun
  • Teliti
  • Detail


3. Memiliki Peluang Karir yang Baik

Sudah menjadi rahasia umum, kalau dunia kuliner tidak ada matinya. Mulai dari koki, chef hingga pemilik warung makan bisa dipastikan tidak akan sepi job.

Terlebih, kini dunia kuliner yang terus berkembang dan tidak tertinggal perkembangan zaman dan teknologi.

Ketika terjadi tren hidup sehat dan diet, bidang kuliner dapat menyesuaikan ini dengan menghadirkan tren makanan sehat.

Begitu pun ketika ada isu globalisasi hingga penghijauan mendunia, bidang kuliner dapat menerapkan konsep sustainabilitas.

Dan jika hendak mengemat bahan makanan dapat diatasi dengan pengembangan cara masak hingga menanam segala bahan makanan dengan konsep hidroponik atau sejenisnya.

4. Prospek Kerja Beragam

Pada dasarnya prospek kerja jurusan Tata Boga ini sangatlah luas dan beragam, yang tentunya tidak hanya menjadi chef atau koki saja.

Untuk pembahasan lengkap mengenai prospek kerja Tata Boga, Anda dapat menyimak penjelasannya berikutnya.

Daftar Prospek Kerja untuk Jurusan Tata Boga

Beberapa perusahaan membutuhkan lulusan Tata Boga demi keberlangsungan bisnis.

Bila Anda masih belum yakin apakah ada prospek pekerjaan yang menjanjikan bagi alumni Tata Boga, berikut apa saja yang bisa dikerjakan oleh lulusan Tata Boga, yuk pelajari satu per satu.

1. Chef/Koki

Utamanya, lulusan jurusan ini menjadi tujuan umum para mahasiswanya. Anda bisa menjadi chef di hotel, restoran ternama, kareting, hingga kapal pesiar. Selain itu, chef juga dibutuhkan di dapur rumah sakit.

Dalam memenuhi kebutuhan gizi pasiennya, makanan yang masuk rumah sakit tidak bisa sembarangan. Pasti Anda pernah merasakan mengapa makanan rumah sakit tidak enak, padahal tujuannya untuk mendukung keseimbangan gizi.

2. Baker/Patissier

Prospek kerja kuliah Tata Boga selanjutnya adalah pembuat kue atau Baker. Anda bisa bekerja di toko roti, saat ini ada banyak toko roti dari luar negeri membuka cabang di Indonesia.



3. Barista

Selain membuat makanan, seorang alumni Tata Boga mendapatkan ilmu dalam penyajian minuman. Mengisi posisi barista bisa menjadi alternatif terbaik, sebab sudah mendapatkan ilmu bagaimana cara membuat minuman enak.

4. Bisnis Kuliner

Membuka bisnis kuliner mulai dari street food, catering, sampai jajanan menjadi solusi ketika lulus. Bisnis kuliner memiliki prospek paling tinggi dalam memperoleh keuntungan karena semua orang membutuhkan makanan setiap hari.

5. Food Blogger/Vlogger

Bila menyukai kegiatan sharing dalam hal kuliner, pekerjaan ini sangat cocok apalagi memasuki masa teknologi 4.0. Semua orang bisa menyaksikan rekomendasi restoran enak melalui sosial media.

6. Lembaga Pemerintahan

Jarang diketahui banyak orang, di lembaga pemerintahan pun banyak posisi yang bisa diisi oleh lulusan Tata Boga seperti BPOM, Departemen Pertanian, LIPI, hingga perusahaan-perusahaan BUMN.

Untuk informasi lengkapnya, Anda dapat mengecek pada laman resmi pemerintahan terkait dan ikuti tes seleksi CPNS atau rekrutmen bersama BUMN ketika mereka membuka pendaftaran.

7. Food Stylist

Berikutnya adalah sebagai food stylist.

Mungkin ini cukup asing bagi beberapa orang, sebab siapa yang berpikir kalau menata makanan di piring bisa dibayar?

Nah, pekerjaan seperti ini mungkin terkesan sepele, namun Anda bisa mendapatkan bayaran yang mahal, lho.

Biasanya, yang membutuhkan jasa food stylist adalah agensi, perusahaan majalah, hingga program acara kuliner di televisi.

8. Wirausaha

Jika Anda memiliki pengetahuan yang baik mengenai gizi dalam masakan, membuka rumah makan atau catering tentu dapat menjadi peluang yang besar untuk Anda.

Dengan ini, Anda dapat dengan leluasa mengatur modal dan menyesuaikan gizi makanan yang Anda perjualbelikan, sehingga bisa menjadi nilai plus dari tempat makan Anda, karena sehat dan enak.

9. Tenaga Pendidikan

Jika Anda memiliki hobi memasak namun bercita-cita sebagai dosen, tentu Anda memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik di bidang ini.

Untuk dapat menjadi tenaga pendidik Tata Boga, Anda harus mendaftar minimal S-2 di jurusan tersebut.

Selain menjadi dosen, pun Anda dapat berbagi pengetahuan dengan membuat konten dan membagikan tips memasak, mengatur gizi dalam masakan, hingga melakukan plating yang baik melalui sosial media.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Daftar Universitas yang Memiliki Jurusan Tata Boga

Tidak semua universitas menyediakan jurusan Tata Boga, oleh karena itu jika Anda berminat namun belum mengetahui universitas mana yang bagus. Sebaiknya menyimak ulasan mengenai daftar universitas berikut.

  1. Universitas Negeri Surabaya
  2. Universitas Negeri Malang
  3. Universitas Negeri Yogyakarta
  4. Universitas Negeri Padang
  5. Universitas Negeri Medan
  6. Universitas Negeri Jakarta
  7. Universitas Negeri Semarang
  8. Akademi Tata Boga Bandung
  9. Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  10. Politeknik Pariwisata Makassar
  11. Politeknik Negeri Balikpapan

Baca juga: Contoh CV Koki yang Tepat dan Bagus untuk Melamar Kerja

Demikianlah ulasan tentang prospek kerja kuliah jurusan Tata Boga.

Perlu dipahami, dalam mengolah makanan tidak dapat dilakukan sembarangan, dengan mengetahui ilmunya maka akan menghasilkan makanan sehat.

Sehingga prospek kerja kuliah Tata Boga tidak lagi dapat diragukan, bahkan memiliki lapangan kerja luas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!