prospek kerja kuliah jurusan teknik

10 Prospek Kerja Kuliah Jurusan Teknik Paling Menjanjikan

Bicara tentang kerja, jurusan teknik pada tahun ini sangat banyak sekali dibutuhkan. Hal tersebut karena pada era ini, Indonesia sedang membutuhkan banyak perubahan infrastruktur sehingga membangun fasilitas publik.  Menurut Indeed, prospek kerja merupakan kemampuan potensial seseorang untuk melamar pekerjaan tertentu.

Jurusan teknik dikenal sebagai jurusan paling laris dalam segi lowongan pekerjaan, serta memiliki prospek pendapatan yang tinggi. Tidak jarang perusahaan multinasional maupun nasional membutuhkan karyawan lulusan teknik. Simak pembahasan prospek kerja kuliah bagi jurusan teknik berikut.

Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan

1. Teknik Informatika

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pengembang perangkat lunak, insinyur jaringan, atau ahli keamanan siber. Prospek kerja sangat baik karena permintaan terus meningkat untuk profesional teknologi informasi.

2. Teknik Elektro

Memungkinkan siswa untuk menjadi ahli di bidang elektronika, otomasi, dan kontrol. Profesional elektronika sangat dibutuhkan dalam industri energi, telekomunikasi, dan manufaktur.

3. Teknik Mesin

Fokus pada desain, produksi, dan pemeliharaan mesin dan sistem mekanis. Dengan peran penting dalam berbagai industri, prospek kerja dalam teknik mesin relatif stabil.



4. Teknik Sipil

Jurusan ini mempersiapkan siswa untuk merencanakan dan membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan gedung. Kebutuhan akan insinyur sipil terus meningkat seiring pertumbuhan populasi.

5. Teknik Kimia

Ahli teknik kimia berperan dalam industri kimia, farmasi, dan energi. Dengan permintaan untuk produk kimia terus meningkat, prospek kerja di sektor ini cukup baik.

6. Teknik Biomedis

Fokus pada teknologi kesehatan dan peralatan medis. Prospek kerja bagus karena terkait dengan perawatan kesehatan yang terus berkembang.

7. Teknik Listrik

Mengkhususkan diri dalam pengembangan, instalasi, dan pemeliharaan sistem kelistrikan. Dalam dunia yang semakin terotomatisasi, insinyur listrik selalu dibutuhkan.

8. Teknik Lingkungan

Ahli teknik lingkungan membantu memelihara lingkungan dan sumber daya alam. Dalam era kesadaran lingkungan, prospek kerja semakin meningkat.



9. Teknik Material

 Memainkan peran kunci dalam pengembangan bahan baru untuk berbagai aplikasi. Proses ini menghadirkan peluang pekerjaan dalam penelitian dan pengembangan.

10. Teknik Nuklir

Ahli teknik nuklir dibutuhkan di industri energi nuklir dan keamanan nuklir. Proses ini melibatkan penelitian, desain, dan pemeliharaan reaktor nuklir.

11. Teknik Aero

Fokus pada desain dan produksi pesawat, roket, dan teknologi antariksa. Kebutuhan untuk ahli teknik aero terus tumbuh dengan eksplorasi antariksa yang semakin intensif.

12. Teknik Telekomunikasi

Memungkinkan siswa untuk bekerja di industri telekomunikasi dan teknologi informasi. Permintaan akan insinyur telekomunikasi terus meningkat seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi.

13. Teknik Perangkat Keras Komputer

Ahli teknik perangkat keras bekerja pada desain, pengembangan, dan pemeliharaan komponen perangkat keras komputer dan perangkat embedded. Permintaan akan perangkat keras terus tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi.

14. Teknik Penerbangan

Menyediakan pelatihan untuk menjadi pilot, teknisi pesawat, atau insinyur penerbangan. Meskipun persaingan ketat, prospek kerja masih ada di industri penerbangan.

15. Teknik Robotika

Memungkinkan siswa untuk berfokus pada pengembangan dan pemrograman robot. Dengan peningkatan penggunaan robot dalam industri dan kehidupan sehari-hari, ada potensi besar untuk profesional di bidang ini.

16. Teknik Energi Terbarukan

Dalam upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim, permintaan akan insinyur energi terbarukan terus meningkat. Mereka bekerja di bidang seperti tenaga surya, angin, dan biomassa.

17. Teknik Geologi

Ahli teknik geologi membantu dalam eksplorasi sumber daya alam dan pemantauan lingkungan. Dengan kebutuhan yang terus tumbuh untuk sumber daya alam, jurusan ini memiliki prospek kerja yang stabil.

Baca juga: Prospek Kerja Kuliah Jurusan Komputer, Gajinya 2 Digit?

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Teknik 

1. HRD

HRD atau Human Resources Development bukan hanya membutuhkan lulusan Psikologi, namun tenaga dari Teknik Industri bisa melamar bagian ini. dibutuhkan kemampuan komunikasi, analisis, serta manajemen yang baik pada bidang tersebut.

Terdapat beberapa prinsip yang bisa diterapkan mulai dari produktivitas SDM, manajemen SDM, kerja dan komunikasi tim, organisasi virtual, hingga mengelola kualitas dan kinerja karyawan masuk ke dalam jobdesk HRD. 

2. Logistik

Prospek kerja kuliah jurusan teknik selanjutnya adalah bidang logistik. Pada bidang tersebut, diperlukan perencanaan dalam pemindahan bahan baku ke manufaktur yang bisa didapatkan melalui program studi teknik.

Pekerjaan ini menuntut karyawannya memiliki keunggulan dalam pemecahan masalah di lapangan. Kemampuan dalam menganalisis dan pengambilan keputusan sangat diperlukan dalam keberlangsungan kegiatan logistik.

Apalagi dalam dunia logistic, sangat membutuhkan waktu efektif dalam memindahkan barang. Demi mencapainya, terciptalah berbagai alat yang hanya dapat dipikirkan oleh alumnus jurusan program studi ini.

3. Maintenance

Prospek kerja kuliah jurusan teknik selanjutnya ini tidak bisa dilakukan oleh jurusan lain. Sebisa mungkin dalam hal pemeliharaan mesin, listrik, atau hal-hal menyangkut elektronik memang harus ditangani oleh sarjana teknik.

Cakupan sistem manajemen serta pola pekerjaannya berbeda dengan divisi pekerjaan lain pada umumnya. Divisi maintenance memerlukan tenaga ahli pada bidangnya demi kelancaran pekerjaan sekaligus keselamatan pegawai. 

4. Engineering

Profesi engineering juga membutuhkan orang lulusan bidang teknik, karena dibutuhkannya pemahaman mengenai alat dan sejumlah mesin industri. Pengetahuan yang baik mengenai mesin sangat membantu dalam penyelesaian masalah.

Engineering dikenal dengan profesi berprospek tinggi, bahkan dibutuhkan oleh berbagai bidang. Beberapa perusahaan besar bahkan menjamin alumni perguruan tinggi teknik untuk mendapat pekerjaan secara mudah bila memiliki prestasi.

Prospek kerja kuliah jurusan teknik pada bidang engineering sangat luas. Umumnya, lulusan ini dikenal mudah dalam mencari pekerjaan karena luasnya lapangan kerja yang mencari tenaga ahli pada bidangnya.

5. Akademisi

Bila memiliki kelebihan dalam akademi, profesi sebagai akademisi dapat dengan mudah dicapai termasuk sebagai lulusan teknik. Sebenarnya bidang apapun bisa melamar pekerjaan sebagai akademisi bila mengejar program magister atau doctor.

Bagi pengajar, menguasai teori menjadi hal yang sangat penting namun berkutat dalam buku saja tidak cukup. Sehingga mengasah kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan apalagi jika sudah masuk ke materi praktikum.

6. Konsultan

Profesi konsultan juga termasuk ke dalam prospek kerja kuliah jurusan teknik. Apalagi tidak semua orang dapat menguasai ilmu ini, sehingga jasa konsultan bisa menjadi solusi pekerjaan ketika lulus nanti.

Kemampuan menganalisis masalah, berpikir logis, dan kemampuan menyelesaikan masalah sangat diperlukan seorang konsultan. Apalagi jika sangkut pautnya dengan dunia teknikal, maka sebaiknya jelaskan memakai bahasa yang mudah dipahami.

7. Technical Writer

Dalam dunia technical writer, ada berbagai istilah yang hanya bisa dipahami oleh penulis teknikal saja. Profesi ini merupakan bidang baru, syarat yang dibutuhkan adalah kemampuan nalar dan lancar saat berkomunikasi.

8. Entrepreneur

Beberapa lulusan teknik memilih untuk menjalani karier sebagai pengusaha dengan mengembangkan produk atau solusi teknologi mereka sendiri.

9. Konsultan Energi

Konsultan Energi adalah seorang profesional yang memberikan layanan konsultasi kepada organisasi dan individu dalam upaya mengelola, mengoptimalkan, dan meningkatkan efisiensi penggunaan energi mereka. Peran konsultan energi sangat penting dalam era kesadaran lingkungan dan peningkatan kesadaran tentang pentingnya penghematan energi.

10. Software Developer

Seorang Software Developer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merancang, membuat, menguji, dan memelihara perangkat lunak komputer. Profesi ini memiliki peran penting dalam pengembangan produk perangkat lunak yang dapat berjalan pada berbagai platform, mulai dari komputer desktop dan perangkat mobile hingga aplikasi web dan sistem tertanam.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Wanita


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!