10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

photo of man using scanner

Mau Bekerja di Dunia Logistik? Cek Faktanya Dulu, Yuk!

Setelah lulus SMA/SMK, apakah kamu sudah tahu mau bekerja di industri apa? Atau mungkin sudah tertarik untuk bekerja di dunia logistik? Nah, kamu mau bekerja di dunia logistik? Cek faktanya dulu, yuk!

Berikut adalah fakta-fakta pekerjaan di bidang logistik:

Apa sih sebenarnya pekerjaan staff logistik?

Staff logistik adalah orang-orang yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan ketersediaan barang di perusahaan hingga barang tersebut sampai ke konsumen. Semua ini dilakukan dengan efisien baik dari segi waktu maupun dari segi biaya.

Apa saja tugas-tugas staff logistik?

  • Penyimpanan inventaris barang
  • Pendistribusian barang (keluar-masuk gudang)
  • Perencanaan sistem logistik
  • Pengiriman barang ke konsumen
  • Pelayanan dan informasi data inventaris gudang

Skill/kemampuan apa yang harus kamu miliki?

Tergantung jabatan apa yang kamu inginkan dalam dunia logistik, namun berikut adalah skill-skill dasar yang dibutuhkan oleh seorang staff logistik!

Mediasi & Komunikasi Dalam sektor logistik, kamu akan bersinggungan dengan banyak pihak, seperti klien, tim legal, tim bisnis, dan tim-tim lainnya. Tentu jika berhubungan dengan banyak orang, perselisihan atau perdebatan tidak bisa dihindari.

Kemampuan komunikasi yang baik dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan mencari solusi yang paling efisien.

Perencanaan & Eksekusi Sektor logistik sangat dinamis, dan cenderung akan menghadapi masa-masa kesibukan yang sangat tinggi beberapa kali tiap tahunnya. Dengan kemampuan perencanaan yang kuat dan eksekusi yang efisien, kamu dapat tetap produktif meski di masa genting.

Perencanaan ini termasuk dalam perencanaan penyimpanan barang di gudang, rute transportasi yang efisien, dan pengembangan proses kerja untuk efisiensi biaya dan waktu.

Pemahaman WMS (Warehouse Management System) Di era modern ini tentu pencatatan gudang tidak melulu manual. Dengan berkembangnya teknologi, staff logistik harus mempelajari Warehouse Management System untuk memudahkan pengelolaan barang, pelacakan stok, dan tracking barang from end-to-end.

Sudah siap untuk bekerja di dunia logistik? Yuk cari dan lamar kerja sekarang di Pintarnya!

Bagikan Artikel: