prospek kerja kuliah jurusan komputer

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Komputer, Gajinya 2 Digit?

Prospek kerja kuliah jurusan komputer di era ini sangat diminati banyak perusahaan teknologi. Ada banyak kesempatan pekerjaan menjanjikan bagi lulusan ilmu komputer. Seperti Google, Twitter, Facebook, dan perusahaan besar lainnya.

Apabila membicarakan tentang gaji, pasti menjadi pertimbangan utama para pelamar mengambil jurusan kuliah sebelum bekerja. Bagi yang kuliah di program studi ini harus mengetahui prospek kerjanya.

Penggunaan komputer semakin merajalela, orang-orang setiap harinya bergantung pada komputer karena kecanggihan teknologi terbaru. Bila Anda masih bingung jenis pekerjaan apa yang cocok bagi jurusan ilkom, simak berikut ini.

Apa Itu Ilmu Komputer?

Ilmu komputer merupakan program studi yang mempelajari seputar perangkat lunak maupun perangkat keras dari komputer itu sendiri. Jurusan ini hadir ketika pemakaian perangkat tersebut tersebar, karenanya semua orang bisa memilikinya.

Apa prospek kerja kuliah jurusan komputer? Pertanyaan ini pasti sering melintasi kepala mahasiswa ilkom. Ada beberapa profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan ini, terutama bagi yang memiliki kemampuan pemrograman.

Sementara itu, jika tidak bisa melamar di perusahaan besar program studi ini mencetak mahasiswanya tetap mahir dalam membuka jasa perbaikan komputer. Bisnis tersebut lumrah dijalankan lulusan ilkom sebagai tenaga ahli.

Secara umum, ilmu komputer memiliki cakupan beragam topik tentang komputer. Misalnya analisis algoritma sampai ke bahasa pemrograman. Namun biasanya lebih menekankan pada program dan rekayasa software.

Ilkom memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan manusia, sehingga memungkinkan seseorang bisa mencapai tujuan hidup lebih efektif. Program yang diciptakan bertujuan mempermudah kehidupan manusia, karenanya ramah pengguna.

Contoh manfaat jurusan ini pada bidang pendidikan adalah munculnya e-book, e-learning, e-library, maupun virtual lab sebagai media pembelajaran interaktif. Hal ini didukung masa pandemi dimana semua kebutuhan didapatkan serba online.

Ada manfaat prospek kerja kuliah jurusan komputer yang bekerja mandiri, yaitu memudahkan pekerjaan rumit serta menunjang karir lebih tinggi. Selain itu, saat ini dikenal sebagai piranti yang memiliki manfaat hiburan.

Dalam cara mengoperasikannya, Anda dapat menjadikan perangkat ini sebagai sarana komunikasi efektif dan effisien. Hal ini karena kemajuan teknologi, terciptalah beberapa program sosial media yang memungkinkan komunikasi tanpa tatap muka.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Wanita

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Komputer dan Gajinya

Bagi yang sudah menjalani kehidupan sebagai mahasiswa ilkom, tetapi masih belum memiliki gambaran akan bekerja seperti apa. Sebaiknya tetap menyimak informasi mengenai pekerjaan dan gaji berikut ini agar paham.

1. Project Manager

Project Manager memiliki tanggung jawab untuk mengawasi, mengelola, serta memantau proyek IT dari sudut pandang eksekutif. Seorang Project Manager dituntut memiliki jiwa kepemimpinan serta mampu memahami manajemen tim.

Bila sudah memiliki sertifikasi, umumnya gaji seorang Project Manager per bulannya mencapai Rp 23 – 44 juta/bulan. Tapi kalau sudah memiliki jam terbang tinggi, angka pendapatannya bisa turut melambung tinggi.

2. Cloud Architect

Prospek kerja kuliah jurusan komputer berikutnya adalah Cloud Architect, yaitu seseorang yang bertanggungjawab mengawasi strategi cloud bagi perusahaan seperti rencana adopsi cloud, desain aplikasi, manajemen, dan pemantauan.

Gaji Cloud Architect mencapai kisaran Rp 10 juta/bulan. Cloud Architect sendiri dibagi menjadi 7 kategori yakni Cloud Consultant, Product, Manager, Services Developer, System Administrator, Engineer, dan lainnya.



3. Chief Information Officer (CIO)

Prospek kerja kuliah jurusan komputer sebagai CIO berarti mengemban tugas memastikan, mengawasi tim, melakukan proses, dan teknologi pada suatu perusahaan dapat bersinergi pada setiap komponennya.

CIO merupakan salah satu posisi tertinggi dalam perusahaan startup bidan teknologi, sehingga akan mendapat gaji per bulan antaranya Rp 80 juta. Informasi ini bisa menjadi kabar baik bagi yang sedang menjalani kuliah ilkom.

4. Cyber Security Architect

Maraknya penggunaan teknologi tentunya membutuhkan keamanan, apalagi bila penggunanya dalam skala perusahaan. Cyber Security Architect memiliki tugas dalam merancang, membuat, menguji dan menerapkan sistem keamanan.

Sehingga lulusan ilkom diwajibkan memiliki pemahaman mengenai sistem kerja IT yang kompleks. Gaji yang bisa didapatkan IT Cyber Security Architect adalah Rp 5 – 10 juta/bulan.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Memahami ilmu komputer selama masa kuliah memberikan pengaruh signifikan dalam dunia kerja. Terutama bila ingin mendapatkan prospek kerja kuliah jurusan komputer bergaji tinggi harus memastikan memiliki skill pada bidang IT.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!