contoh CV koki

Contoh CV Koki yang Tepat dan Bagus untuk Melamar Kerja

Jika Anda sudah lulus dari sekolah masak, sebaiknya cermati contoh CV koki yang benar, karena CV untuk koki jelas berbeda dengan CV profesi lainnya. Profesi lain mungkin cukup menyertakan pengalaman atau kualifikasi diri di atas kertas saja.

Sedangkan seorang koki tidak bisa hanya menampilkan portfolio diri di atas kerta. Perlu menampilkan portofolio chef yang disertai dengan hasil olahan masakan yang pernah dibuat. Baik Anda koki pemula atau yang sudah pernah bekerja di restoran, pembuatan CVnya tidak begitu jauh berbeda. 

Secara umum di dalam contoh CV koki data yang lebih banyak ditampilkan adalah data tentang pengalaman memasak serta kemampuan membuat berbagai jenis hidangan masakan. Oleh sebab itu, sebelum Anda membuat CV, pastikan meningkatkan kemampuan terlebih dahulu. 

Semakin Anda mampu menunjukkan kemampuan lewat CV tersebut, peluang diterima di restoran atau tempat kerja favorit tentu semakin besar. Oleh sebab itu, jangan anggap remeh proses pembuatan CV-nya. 

Hal yang Perlu Dilakukan ketika Membuat Contoh CV Koki

Membuat CV yang baik, penting untuk memperhatikan beberapa hal penting, terutama CV untuk pekerjaan sebagai koki. Berikut ini yang harus Anda lakukan dalam membuat CV koki. 

1. Kirimkan Portofolio Chef atau Portofolio Kuliner

Ketika Anda ingin membuat CV koki, hal yang sangat penting juga dibuat adalah portofolio chef atau portofolio kuliner yang dimiliki. Portofolio kuliner ini maksudnya daftar masakan yang pernah Anda buat, dan serta juga bukti foto-nya. 

Jika dicermati contoh CV koki di dalam portofolionya biasanya banyak juga yang mencantumkan tentang resep yang sudah dikembangkan serta teknik masak yang dibuat. Hal ini akan memudahkan pihak pemberi kerja menilai kemampuan memasak Anda. 

Jika memungkinkan sertakan juga contoh makanan yang sudah Anda masak. Tetapi jika hal ini dirasa terlalu sulit, bisa dengan mencantumkan bukti video proses memasaknya saja. Semakin bagus portofolio yang Anda miliki akan membuat kemampuan Anda lebih diakui. 

Baca juga: Contoh cv pelaut

2. Tampilkan Soft Skill dan Hard Skill Sebagai Koki

Ketika hendak membuat CV koki, jangan lupa juga untuk mencantumkan soft skill dan hard skill yang dimiliki. Soft skill maksudnya hal – hal yang berkaitan dengan kemampuan memimpin dan bekerja sama dalam tim, kemampuan memotivitasi rekan kerja, kreativitas dalam membuat hidangan dan yang lainnya.

Karena jika mencantumkan soft skill ini dalam contoh CV koki , akan membuat orang lain lebih mudah mengetahui kemampuan Anda. Selain soft skill, Anda juga perlu mencantumkan hard skill yang dimiliki, contohnya seperti Anda spesialis dalam masakan apa.

Pengetahuan soal nutrisi makanan, atau juga pemahaman tentang keselamatan dapur, dan yang lainnya. Semakin jelas soft kill dan hard skill yang Anda tampilkan, akan membuat kemampuan Anda terlihat menonjol. Hal ini tentu baik bagi seorang koki profesional. 

3. Cantumkan Informasi Tambahan yang Relevan

Jika Anda memiliki informasi tambahan yang dirasa penting, maka tidak ada salahnya dimasukkan dalam contoh CV koki tersebut. Hanya saja pastikan bahwa informasi tersebut memang relevan, serta bermanfaat untuk menunjang pekerjaan Anda sebagai koki. 

Salah satu contohnya misalnya kemampuan berbahasa asing, sertifikasi lisensi, pelatihan yang pernah diperoleh, penghargaan, dan yang lainnya. Dengan mencantumkan informasi tambahan tersebut, akan meningkatkan poin Anda dibanding para pelamar lainnya. 



4. Pengalaman Kerja

Susun daftar pengalaman kerja terkait dengan bidang kuliner Anda, dimulai dari pekerjaan terakhir Anda. Cantumkan nama restoran, hotel, atau tempat kerja lainnya, tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan, serta jabatan yang Anda pegang. Jelaskan tanggung jawab dan prestasi yang telah Anda capai selama bekerja di setiap tempat. Gunakan poin-poin yang singkat dan padat untuk menggambarkan pengalaman Anda.

5. Pendidikan dan Pelatihan:

Sebutkan riwayat pendidikan Anda, termasuk sekolah kuliner atau perguruan tinggi yang Anda hadiri. Cantumkan gelar yang Anda peroleh dan tahun kelulusan. Jika Anda telah mengikuti pelatihan khusus atau memiliki sertifikasi dalam bidang kuliner tertentu, sertakan juga informasi tersebut.

6. Keahlian

Buat daftar keahlian kuliner yang Anda miliki. Sebutkan jenis masakan yang bisa Anda sajikan dengan baik, teknik memasak yang Anda kuasai, dan keahlian khusus lainnya seperti manajemen dapur, pembuatan menu, atau pemilihan bahan baku. Pastikan untuk menyesuaikan daftar keahlian Anda dengan posisi yang Anda lamar.

Buat CV Koki Secara Online

Saat ini proses membuat CV sebenarnya semakin mudah karena sudah banyak sarana online yang tersedia. Anda tidak perlu lagi membuat CV secara manual, karena website yang menyediakan tamplate CV juga sudah banyak, sehingga tinggal memasukkan data saja.

contoh CV koki juga pasti sudah tersedia, jadi Anda dapat memanfaatkan website online tersebut untuk membuatnya. Hanya saja, ketika membuat CV online untuk melamar kerja sebagai koki, pastikan hal yang disebutkan di atas Anda cantumkan.

Selain itu, dalam membuat desainnya, pastikan juga menonjolkan informasi yang dirasa penting. Dalam CV koki, selain pengalaman dan skill, portofolio sebagai koki juga sangat penting dicantumkan untuk memudahkan perekrut mengenali kemampuan Anda. 

Baca juga: Contoh cv perawat

Contoh CV Koki yang Benar dan Menarik Untuk Ditiru

Agar Anda bisa membuat CV koki yang menarik, maka bisa melihat contoh berikut. CV koki sifatnya umum, jadi bisa Anda tiru untuk kepentingan melamar kerja. Berikut Template CV Koki terbaik yang dapat Anda tiru:

CURRICULUM VITAE

INFORMASI PRIBADI

Nama: [Nama Lengkap]

Alamat: [Alamat Lengkap]

Telepon: [Nomor Telepon]

Email: [Alamat Email]

RINGKASAN

Seorang chef berpengalaman dengan pengetahuan mendalam dalam industri kuliner. Mempunyai keahlian dalam memasak berbagai hidangan dengan perpaduan rasa dan presentasi yang menarik. Memiliki pengalaman kerja di berbagai restoran ternama dan kemampuan untuk bekerja dengan tim. Berdedikasi dalam menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

PENDIDIKAN

  • Diploma dalam Manajemen Kuliner, [Nama Institusi Pendidikan], [Tahun]
  • Sertifikat Keamanan Pangan, [Nama Institusi Pendidikan], [Tahun]

KEAHLIAN KULINER

  • Menguasai berbagai teknik memasak: memanggang, memasak dalam wajan, merebus, menggoreng, dll.
  • Kreatif dalam menciptakan menu baru dengan menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas.
  • Memiliki pengetahuan yang luas tentang bumbu dan rempah-rempah.
  • Berpengalaman dalam mengelola dapur dan menyusun resep.
  • Mampu bekerja dengan cepat dan efisien dalam situasi yang sibuk.
  • Memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah dengan baik.

PENGALAMAN KERJA

  1. Chef Eksekutif, Restoran XYZ, [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir]
    • Membuat dan mengkoordinasikan menu untuk restoran.
    • Bertanggung jawab atas pengadaan bahan-bahan makanan berkualitas.
    • Memastikan kepatuhan terhadap standar kebersihan dan keamanan pangan.
    • Mengawasi dan melatih tim dapur.
  2. Sous Chef, Hotel ABC, [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir]
    • Membantu dalam mengatur operasional dapur.
    • Menyiapkan hidangan sesuai pesanan dengan tingkat kualitas yang tinggi.
    • Mengelola persediaan dan mengawasi penyimpanan makanan.
    • Mengendalikan biaya dan mengoptimalkan efisiensi dapur.
  3. Chef de Partie, Restoran DEF, [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir]
    • Menyiapkan hidangan dengan standar mutu yang tinggi.
    • Mengawasi dan melatih anggota tim di bagian yang ditugaskan.
    • Membantu dalam mengembangkan menu baru.
    • Menjaga kebersihan dan sanitasi dapur.


Template CV Koki atau Chet Terbaik

Contoh CV Koki atau Chet Terbaik

Bagi Anda yang sudah lulus dari sekolah masak atau memiliki gelar sarjana Tata Boga, bisa menjadikan contoh CV koki tersebut sebagai panduan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!