contoh CV pelaut

5 Contoh CV Pelaut yang Benar untuk Pemula Beserta Tipsnya

Orang yang ingin berprofesi sebagai pelaut tentu perlu mempelajari contoh CV pelaut, karena lebih mudah membuat CV yang benar, jika Anda contoh baik yang diikuti. Untuk melamar pekerjaan sebagai pelaut juga membutuhkan CV.

Karena lewat CV tersebut dapat diketahui gambaran kualifikasi seorang calon pekerja tersebut. Profesi sebagai seorang pelaut tentu harus mengutamakan keahlian dan pengalaman, bukan kualifikasi di atas kerja saja. Oleh sebab itu, ketika membuat CVnya, harus dibuat dengan menarik dan tepat. 

Pada umumnya di dalam contoh CV pelaut data yang banyak dicantumkan adalah data tentang pengalaman berlayar, karena seorang pelaut tentu harus mahir berlayar dan mengarungi lautan. Namun bagaimana jika calon pelaut tersebut baru lulus sekolah pelayaran.

Lulusan baru sekolah pelayaran tentu belum memiliki banyak pengalaman atau jam berlayar. Oleh sebab itu, di dalam CVnya, pasti belum banyak data yang bisa ditampilkan. Meski demikian, Anda tetap bisa membuat CV yang menarik asal paham tips membuat data yang penting. 

Tips Bagi Pemula dalam Membuat CV Pelaut

Ketika menempuh pendidikan di sekolah pelayaran, tentu para siswa tidak hanya diajarkan teori saja, tetapi sering juga diajarkan praktik lapangan. Jadi hal tersebut bisa dicantumkan pada CV sehingga terlihat semakin menarik. 

1. Pastikan Menampilkan Data Dokumen Pribadi yang Dimiliki

Salah satu tips membuat contoh CV pelaut yang menarik untuk lulusan baru adalah pastikan menampilkan data dokumen pribadi yang lengkap. Dokumen ini terutama yang berkaitan dengan kepentingan melaut nantinya, seperti paspor, data cek kesehatan, vaksinasi, dan yang lainnya. 

Jika Anda sudah memiliki dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat melaut, maka perusahaan atau tempat bekerja nantinya pasti lebih tertarik merekrut Anda. Profesi pelaut harus membawa banyak dokumen terutama jika kerap berlayar ke luar negeri. 

2. Tampilkan Sertifikat COC dan COP yang Sudah Diperoleh

Hal selanjutnya yang juga harus dicantumkan ketika Anda ingin melamar sebagai pelaut adalah menampilkan sertifikat yang sudah diperoleh. Biasanya terdapat dua jenis sertifikat kepelautan yang biasanya dimiliki, yakni COC dan juga COP.

COC atau certificate of Competency meliputi sertifikat keahlian teknik permesinan, sertifikat keahlian pelaut radio elektronika, dan yang lainnya. Sedangkan COP merupakan certificate of Proficiency yang meliputi penyelamatan, pelatihan dasar kebakaran, dan yang lainnya. 

3. Cantumkan Pengalaman Berlayar

Ketika Anda membuat contoh CV pelaut pastikan juga untuk mencantumkan pengalaman berlayar, karena biasanya siswa di sekolah pelayaran juga pasti mendapatkan pendidikan praktek berlayar langsung di lautan. 

Ketika mencantumkan pengalaman berlayar, pastikan juga untuk menyebutkan jabatan Anda dalam pelayaran tersebut, tipe kapal yang digunakan, lama waktu pelayaran, nama kapal, dan yang lainnya. Hal ini juga menjadi nilai plus dalam CV tersebut. 



4. Cantumkan Tipe Kapal yang Pernah Anda Naiki

Hal yang juga penting dibuat dalam CV pelaut adalah pengalaman menaiki berbagai jenis tipe kapal. Jika Anda pernah berlayar menggunakan beberapa tipe kapal, sebaiknya dicantumkan semuanya, karena hal ini akan memudahkan perusahaan menempatkan Anda bekerja di tipe kapal tertentu. 

Baca juga: 5 Contoh CV Lamaran Kerja PDF Gratis Download Template

Alasan Pelaut Membutuhkan CV Terbaik

CV pelaut adalah dokumen yang memberikan gambaran lengkap tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman seseorang dalam industri pelayaran. Walaupun pada pandangan pertama mungkin terlihat aneh bahwa seorang perawat membutuhkan CV pelaut, namun ada beberapa alasan yang menjadikannya penting. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

1. Pekerjaan di kapal pesiar atau kapal-kapal lainnya

Ada beberapa perawat yang memilih untuk bekerja di kapal pesiar atau kapal-kapal lainnya yang berlayar di perairan internasional. Dalam kasus seperti ini, memiliki CV pelaut yang lengkap dan sesuai standar menjadi keharusan. CV pelaut akan membantu perawat untuk mendapatkan pekerjaan di kapal dan menunjukkan bahwa mereka memiliki pengetahuan tentang keselamatan dan protokol maritim yang diperlukan.

2. Perawatan di daerah terpencil atau pulau terpencil

Beberapa perawat berdedikasi tinggi memilih untuk bekerja di daerah terpencil atau pulau-pulau terpencil yang sulit dijangkau oleh transportasi darat. Dalam situasi seperti ini, mereka mungkin perlu menggunakan kapal sebagai sarana transportasi untuk mencapai tempat tugas mereka. Dalam hal ini, memiliki pengetahuan tentang pelaut dan keterampilan navigasi menjadi sangat berguna.

3. Evakuasi medis darurat

Kadang-kadang, dalam keadaan darurat, seorang perawat mungkin terlibat dalam evakuasi medis dari kapal atau daerah terpencil. Dalam situasi ini, perawat dengan pengetahuan dan pemahaman tentang protokol keselamatan maritim akan dapat berkontribusi secara efektif dalam upaya evakuasi medis. CV pelaut akan memberikan bukti bahwa perawat tersebut telah mendapatkan pelatihan dan keterampilan yang relevan dalam hal ini.



4. Kerjasama dengan tim medis pelaut

Dalam beberapa kasus, perawat dapat bekerja sama dengan tim medis pelaut dalam memberikan perawatan kepada pelaut yang sakit atau terluka. Pemahaman tentang bahasa dan protokol yang digunakan oleh pelaut akan memudahkan komunikasi dan kerjasama yang efektif antara perawat dan tim medis pelaut.

Baca juga: Cara Membuat CV di HP dengan Lengkap

Format Isi CV Pelaut

Format isi CV pelaut yang dapat membantu Anda menonjolkan diri dan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian Anda.

1. Informasi Pribadi

Mulailah CV Anda dengan informasi pribadi yang lengkap, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi ini tercantum dengan jelas dan mudah dihubungi oleh pemberi kerja.

Contoh:
Nama Lengkap: John Doe
Alamat: Jl. Contoh No. 123, Kota Contoh
Nomor Telepon: 08123456789
Email: johndoe@example.com

2. Tujuan Karir

Sertakan sebuah paragraf singkat yang menjelaskan tujuan karir Anda sebagai pelaut. Gambarkan dengan jelas apa yang ingin Anda capai dalam karir pelaut Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mengembangkan diri.

Contoh:
Tujuan Karir: Saya bertujuan untuk mengembangkan karir sebagai pelaut yang handal dan berkualitas. Dengan pengalaman dan keterampilan yang saya miliki, saya berharap dapat berkontribusi pada industri maritim dan menjadi bagian dari perusahaan yang menawarkan peluang pertumbuhan dan tantangan yang menarik.

3. Riwayat Pendidikan

Tuliskan secara rinci riwayat pendidikan Anda, dimulai dari pendidikan terakhir yang Anda tempuh. Sertakan nama institusi, program studi, tahun lulus, dan prestasi akademik yang relevan.

Contoh:
Pendidikan Terakhir:

Sarjana Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Contoh, 2018
SMA Negeri Contoh, Jurusan IPA, 2014

4. Sertifikasi dan Lisensi

Jika Anda memiliki sertifikasi atau lisensi yang relevan dengan pekerjaan pelaut, cantumkan dalam bagian ini. Misalnya, sertifikat Basic Safety Training (BST), sertifikat Kepala Mualim, atau sertifikat Basic Offshore Safety Induction and Emergency Training (BOSIET).

Contoh:
Sertifikasi dan Lisensi:

Sertifikat Basic Safety Training (BST)
Sertifikat Kepala Mualim

5. Pengalaman Kerja

Tulislah pengalaman kerja Anda secara terperinci, dimulai dari pengalaman terakhir. Cantumkan nama perusahaan, jabatan, tanggung jawab, dan pencapaian yang relevan. Jika Anda memiliki pengalaman kerja di kapal atau perusahaan pelaut terkemuka, berikan penjelasan rinci mengenai tanggung jawab dan prestasi Anda.

Contoh:
Pengalaman Kerja:

Nama Perusahaan: PT. Contoh Maritim
Jabatan: Deck Officer
Tanggung Jawab: Memimpin tim dek dalam menjalankan operasi kapal, bertanggung jawab atas navigasi, keselamatan kapal, dan komunikasi dengan otoritas pelabuhan.
Pencapaian: Berhasil mengkoordinasikan operasi kapal dengan efektif, mengurangi waktu pemuatan dan membantu meningkatkan efisiensi operasional.

6. Keterampilan

Jelaskan keterampilan yang Anda miliki yang relevan dengan pekerjaan sebagai pelaut. Misalnya, keterampilan navigasi, keahlian komunikasi, kemampuan bekerja dalam tim, dan pengetahuan tentang peraturan maritim.

Contoh:
Keterampilan:

Navigasi dan penggunaan peralatan navigasi modern
Kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
Keahlian bekerja dalam tim yang solid

7. Referensi

Terakhir, cantumkan beberapa referensi yang dapat memberikan rekomendasi positif tentang kualitas Anda sebagai pelaut. Pastikan untuk meminta izin dari orang-orang yang akan Anda cantumkan sebagai referensi sebelum mencantumkan nama mereka dalam CV Anda.

Contoh:
Referensi:

Capt. Ani Susanto, Nakhoda Kapal MT. Contoh: +628123456789
Dr. Ida Fitriani, Dosen Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Contoh: +628987654321

Baca juga: Contoh cv magang

Kesalahan Umum dalam Membuat CV Pelaut

Sebenarnya prinsip membuat CV pada semua bidang pekerjaan hampir sama, namun dalam CV pelaut, memang ada beberapa data diri yang harus ditonjolkan. Hanya saja, banyak pemula yang belum paham konsep dan tujuan utama sebuah CV.

Jika Anda membuat CV pelaut, tidak perlu menonjolkan riwayat pendidikan. Menempuh pendidikan di sekolah pelayaran yang bergengsi memang bagus, tetapi tidak perlu ditonjolkan dalam contoh CV pelaut tersebut. 

Banyak orang membuat kesalahan dalam CV seperti memuat data yang tidak terlalu penting. Dalam CV pelaut, yang paling utama adalah dokumen lengkap, memiliki pengalaman berlayar, serta sudah paham dengan seluk beluk dunia pelayaran. 

Hindari mencantumkan data yang tidak terlalu penting, apa lagi yang tidak berhubungan dengan dunia pelayaran. Tidak masalah jika CV tampak kosong, asal semua data yang dicantumkan jelas dan penting. 

Baca juga: 5 Contoh CV Perawat yang Menarik dan Unik, Mudah Dibuat!

Contoh CV Pelaut yang Bisa Ditiru Para Pemula

Agar Anda bisa membuat CV yang tepat dan memperbesar peluang untuk diterima kerja, sebaiknya perhatikan contoh pada gambar berikut ini.

 contoh CV pelaut

Jika Anda ingin melamar kerja sebagai pelaut, maka bisa meniru contoh CV pelaut dalam membuat konsep dan isinya. 

1. Contoh CV Pelaut Pemula

Contoh CV Pelaut Pemula

2. Contoh CV Pelaut Berpengalaman

Contoh CV Pelaut Berpengalaman

3. Contoh CV Pelaut Perwira

Contoh CV Pelaut Perwira

4. Contoh CV Pelaut Rating/ Cadet

Contoh CV Pelaut Rating/ Cadet

5. Contoh CV Pelaut Bahasa Inggris

Contoh CV Pelaut Bahasa Inggris


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!