prospek kerja kuliah jurusan tata boga

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga Tentang Makanan

Prospek kerja kuliah jurusan tata boga sering sekali dikaitkan dengan dunia makanan, hal tersebut sangat benar karena selama berkuliah disini mahasiswa akan dituntut supaya dapat memasak. Namun bukan hanya memasak biasa saja, melainkan sudah setara dengan tingkat internasional.

Kegiatan memasak sendiri tidak dapat dianggap enteng, karena jika memasak seperti biasa dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun jika sudah menyangkut bagaimana cara untuk masak layaknya seorang chef profesional, perlu dipelajari beberapa ilmu mendasar dan terpenting.

Jika Anda tertarik dalam dunia makanan tidak ada salahnya untuk berkuliah disini, karena selain diajarkan memasak Anda juga akan diajarkan beberapa materi terkait makanan. Mulai dari sifat hingga kandungan setiap bahan makanan, yang tentunya menarik untuk dipelajari.

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga

Selama berkuliah mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara terbaik dalam menyajikan sebuah makanan, baik melalui bagaimana cara teknik untuk menyajikannya hingga berbagai faktor yang wajib diperhatikan. Seperti asupan gizi, cara platting, hingga kualitas rasanya.

Pada umumnya banyak orang merasa jika berkuliah disini hanya dapat bekerja sebagai koki atau tukang masak saja, namun hal tersebut merupakan sebuah kesalahan. Karena terdapat beragai prospek kerja kuliah jurusan tata boga menarik selain menjadi seorang koki di dapur.

Namun walau memiliki berbagai prospek kerja lainnya masih belum banyak calon mahasiswa, atau mahasiswa yang berkuliah disana mengetahui bagaimana prospek kerjanya. Berikut beberapa prospek kerja menarik yang bisa dicoba setelah lulus dari jurusan tata boga tersebut.

1. Chef

Salah satu tujuan utama berkuliah disini adalah dengan menjadi seorang chef atau juru masak sehingga selalu berkaitan erat dengan dapur. Namun dengan menjadi chef dapat menjadi salah satu prospek kerja kuliah jurusan tata boga yang tidak boleh dianggap remeh sekalipun.

Banyak orang menganggap remeh pekerjaan ini karena pekerjaannya hanya berkutat di dapur saja, namun jika Anda bekerja di dapur restoran bintang lima maka sudah lain ceritanya. Bahkan gaji bulanan bisa melebihi bayaran karyawan lain yang hanya bekerja kantoran saja.

Tugas utama dari prospek kerja kuliah jurusan tata boga ini cukup mudah namun tidak boleh dianggap remeh, karena seorang chef harus bisa menyajikan menu makanan dengan asupan gizi seimbang. Namun masih memberikan rasa yang enak untuk dinikmati konsumennya.

2. Baker

Selain berperan sebagai chef atau juru masak, Anda juga bisa bekerja sebagai seorang baker atau pembuat roti untuk beberapa cake shop atau bakery. Dimana tugas utama sebagai baker tidak hampir berbeda dengan chef, dimana pekerjaan utamanya berkutat di dapur saja.

Baca juga: Prospek Kerja Kuliah Jurusan Tata Boga, Bukan Cuma Jadi Koki

Namun jika Anda bekerja sebagai baker di beberapa hotel bintang lima atau kapal pesiar dapat menjadi prospek kerja kuliah jurusan tata boga dengan gaji tinggi, karena Anda dituntut untuk bisa menghasilkan roti atau kue dengan kualitas tinggi sehingga memiliki harga mahal.

Bahkan jika Anda ingin menciptakan kue dengan kualitas tinggi diperlukan beberapa bahan premium, tidak semua orang mampu menciptakan bahan premium untuk membuat kue dengan cita rasa tinggi. sehingga pekerjaan sebagai baker tidak boleh dianggap remeh lagi.

3. Food Stylist

Prospek kerja kuliah jurusan tata boga lainnya dapat Anda coba karena pekerjaan ini tidak terlalu berkaitan erat dengan dunia dapur restoran, namun masih tetap berkaitan erat dengan dapur. Pekerjaan tersebut adalah menjadi seorang perias makanan atau food stylist sehingga lebih menarik.

Pekerjaan sebagai food stylist tidak dapat dianggap remeh, karena pekerjaan ini erat kaitannya dengan bagaimana platting akhir makanan sebelum disajikan kepada pelanggan. Namun jika Anda ingin mendalami pekerjaan ini tidak perlu selalu bekerja di dapur restoran tertentu saja.

Anda juga bisa bekerja sebagai food content creator, dimana sebagai konten kreator dapat menampilkan hasil food style terbaru Anda melalui perangkat media sosial. Bisa digunakan melalui tiktok, youtube, maupun Instagram sehingga merupakan prospek kerja kuliah jurusan tata boga yang menarik.



4. Entrepreneur

Selain bekerja untuk orang lain banyak lulusan tata boga memutuskan untuk membuka kedai atau rumah makan miliknya sendiri, banyak orang beranggapan sudah mempelajari bagaimana cara membuat makanan enak dan berkualitas saat duduk di bangku kuliah.

Oleh sebab itu dalam prospek kerja kuliah jurusan tata boga ini mereka beranggapan daripada harus bekerja untuk orang lain, mereka memutuskan untuk mendirikan rumah makan miliknya sendiri.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Cook Helper Beserta Dengan Template!

Dengan mendirikan rumah makan miliknya sendiri, Anda dapat berkreasi terhadap menu makanan sehingga lebih dicintai oleh konsumen.

Berkuliah di jurusan tata boga tidak boleh dianggap remeh, karena pada saat ini sudah terdapat banyak prospek kerja jurusan kuliah tata boga tentang makanan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!