Cara membuat CV untuk staff administrasi

Cara Membuat CV untuk Staff Administrasi Wajib Anda Tahu

Ada beberapa cara membuat CV untuk staff administrasi sebelum Anda melamar posisi tersebut. Jika ingin bekerja sebagai staff admin, maka buat CV yang baik, menarik dan benar. Tugas seorang admin tidak mudah, diperlukan beberapa keahlian khusus.

Ini bertujuan agar semua aktivitas administrasi di instansi bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Tugas yang paling umum seorang admin termasuk dalam mengarsipkan data agar data perusahaan lebih mudah dikelola dan dicari ketika dibutuhkan. 

Tips atau Cara Membuat CV untuk Staff Administrasi

Melalui CV, staff HRD akan melakukan seleksi terlebih dahulu guna memudahkan penilaian dan mengetahui kompetensi pelamar. Maka dari itu, Anda membutuhkan CV yang menarik, berikut langkah-langkah bisa dilakukan.

1. Pilih desain dan format yang tepat 

Soal pilihan desain, sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan selera. Namun, desain yang akan digunakan lebih baik jika terlihat rapi, sederhana, dan mudah dibaca. Seorang admin juga mempersiapkan segala agenda kantor guna membantu pimpinan.

Ini berbeda dengan formatnya, yang lebih bergantung pada sata pribadi dalam membuat CV administrasi. Jika baru lulus penting menyertakan pengalaman organisasi, lain halnya jika memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

2. Sesuaikan CV dengan pekerjaan 

Cara membuat CV untuk staff administrasi jika Anda baru di dunia kerja, mungkin berpikir bahwa Anda dapat menggunakan daftar riwayat hidup yang sama untuk semua jenis pekerjaan sedang dilamar. 

Namun sebenarnya isi CV lamaran administrasi Anda harus dibedakan dengan CV lamaran lainnya. Mengapa? Sehingga isi CV dapat disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan masing-masing perusahaan.

3. Tambahkan Biodata atau Informasi Kontak

Biodata atau informasi kontak diisi dengan benar karena HRD akan menghubungi Anda melalui biodata tertulis. Jadi tuliskan nama, alamat, nomor telepon, alamat email dan tautan atau akun media sosial.



4. Tambahkan Pendidikan 

Pada kolom pendidikan, cara membuat CV untuk staff administrasi ialah tuliskan nama universitas dan masa studi, kemudian tuliskan jurusan, kemudian tuliskan hal atau kegiatan yang dilakukan sejak kuliah atau sekolah.

Seperti mengikuti lomba atau sertifikat kegiatan lainnya, masukkan hanya dua pengalaman atau pelatihan terakhir di kolom ini. Misalnya, jika Anda lulusan sarjana, maka hanya ijazah sarjana dan SMA akan diisi.

Baca juga: Berapa rata rata gaji staff administrasi?

5. Masukkan Skill

Pada kolom keterampilan dan kompetensi di sini calon pelamar tuliskan pengalaman atau keterampilan apa saja yang dimiliki selama belajar di sekolah atau universitas. Pelamar juga bisa menambah skill bahasa asing yang dikuasainya. 

Pada dasarnya, hard skill itu merupakan suatu keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk melamar pekerjaan. Ini biasanya ada di kolom persyaratan posting pekerjaan dan Anda melampirkannya ke daftar riwayat hidup. 

Soft skill, di sisi lain adalah kepribadian, sifat pribadi, dan keterampilan komunikasi yang dibutuhkan. Cara membuat CV untuk staff administrasi dengan soft skill yang baik menunjukkan bagaimana pelamar berinteraksi dengan lingkungan. 

Beberapa contoh soft skill adalah critical thinking, leadership, teamwork, negosiasi dan lain-lain. Menyebutkan hard skill di daftar riwayat hidup memang wajib. Namun, tidak ada salahnya jika memilih soft skill di bidang tertentu secara selektif.

Baca juga: Keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin! Berikut Jawabannya!

6. Tambahkan Pengalaman Kerja

Untuk kolom Pengalaman Kerja, Anda bisa memasukkan pengalaman magang, pengalaman pelatihan profesional, pengalaman organisasi, atau pengalaman seminar. 

Selama magang, PKL, relawan, atau mengikuti organisasi kampus atau sekolah, cobalah untuk menuliskan lokasi dan waktu, jabatan atau jabatan, dan tugas yang Anda kerjakan selama kegiatan.

Dalam daftar isi CV, jelaskan pengalaman kerja Anda secara mendetail. Tuliskan tanggung jawab dan kerumitan pekerjaan Anda di perusahaan sebelumnya atau terkait dengan posisi yang dilamar.

Sehingga HRD dapat dengan mudah menilai kapasitas Anda, apakah cocok atau tidak dengan posisi sedang dilamar. Semakin lengkap informasi yang dimasukkan, semakin besar kemungkinan perusahaan akan diundang untuk wawancara.

Baca juga: Bagaimana cara menjadi staff administrasi agar bisa segera memulai karir tersebut?

7. Masukkan Hobi

Cara membuat CV untuk staff administrasi bagian ini jika perusahaan yang Anda lamar adalah bisnis informal, maka dapat menambahkan hobi atau minat. 

Jika itu adalah perusahaan formal, maka pelamar tidak perlu menuliskan minat dan bakatnya. Sertakan minat serta bakat yang relevan dengan posisi sedang dilamar.

8. Tambahkan Sosial Media

Coba sertakan akun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau LinkedIn pada daftar riwayat hidup tersebut. Cobalah untuk membuat halaman media sosial lebih menarik bagi perekrut. Karena menurut Clearrock, sosial media akan membuat CV yang anda buat lebih menarik karena rekruiter akan menemukan banyak informasi tambahan terkait siapa diri Anda melalui sosial media tersebut

Inilah cara HRD menilai lebih jauh kepribadian pelamar agar tidak salah rekrut. Pastikan bahwa Anda tidak pernah memosting hal-hal melanggar hukum, dari cara membuat CV untuk staff administrasi tersebut.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!