keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin

Keahlian yang Wajib Dimiliki oleh Staff Administrasi

Penting untuk Anda ketahui beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh staff administrasi karena memiliki peran penting dalam meningkatkan kemajuan suatu perusahaan. Staff administrasi adalah sebuah posisi dalam lamaran pekerjaan dibutuhkan oleh perusahaan.

Di mana bertugas untuk memastikan serta mengorganisir kegiatan bersifat administratif. Lebih spesifik lagi admin bertugas dalam kegiatan surat menyurat, menyusun, mencatat, serta memasukkan data, pembukuan, mengatur agenda, dan hal lainnya.

Baca juga: Cara menjadi staff administrasi terbaik

Apa Itu Staff Administrasi?

Menurut Kalibrrr, staff administrasi merupakan pekerjaan professional untuk mengelola jadwal, anggaran, database dan menghasilkan laporan.

Staff administrasi bekerja untuk membantu mengelola berbagai tugas administratif dalam suatu perusahaan. Sehingga profesi ini memiliki peran staff administrasi sangat penting dalam menjaga kelancaran operasional.

Baca juga: Berapa rata rata gaji staff administrasi? Temukan Jawabannya disini!

Keahlian yang Wajib Dimiliki oleh Staff Admin

1. Komunikasi

Perlu diketahui bahwa komunikasi yang baik merupakan kunci utama keberhasilan seorang staf administrasi. Tanpa skill satu ini, tentunya Anda akan sulit untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

Seorang di bidang tersebut handal tidak hanya harus menguasai skill komunikasi verbal. Namun, komunikasi lainnya seperti tertulis juga sangat diperlukan.

Kemampuan komunikasi verbal yang baik tentunya akan memudahkan untuk mengikuti perintah dari atasan. Selain itu, keterampilan komunikasi tertulis diperlukan karena ada banyak dokumen harus ditangani untuk proses administrasi.

2. Organisasi

Keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin adalah organisasi, di mana kemampuan berorganisasi di sini berarti seorang pekerja administrasi harus mampu menangani segala macam tugas dimilikinya.

Selain itu, seorang staff administrasi harus bertanggung jawab dalam mengelola banyak kegiatan terkait pekerjaan sehari-hari, mulai dari rapat hingga pengarsipan dokumen.

Itu sebabnya keterampilan ini diperlukan agar proses organisasi berjalan lancar dan agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas sehari-hari.



3. Manajemen Waktu

Keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin selanjutnya adalah manajemen waktu. Manajemen waktu merupakan kemampuan untuk menjadwalkan tugas agar selesai sesuai dengan waktu telah diberikan. Terdapat beberapa cara menerapkan management waktu yang terbaik yang bisa Anda implementasikan. Bahkan menurut Slack, Manajemen waktu yang baik akan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih berkualitas

Staf administrasi yang andal harus bisa manajemen waktu sebab memiliki banyak tanggung jawab. Jika Anda tidak pandai mengatur waktu, tentu akan kesulitan menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline.

4. Perhatian Setiap Detail

Banyak tugas staf administrasi membutuhkan cara kerja seperti ketelitian. Oleh karena itu, skill yang satu ini wajib dikuasai seseorang jika ingin bekerja dengan lancar. Ada banyak dokumen yang perlu ditangani oleh staf admin. 

Jika Anda tidak memperhatikan dan memperhatikan detailnya, pasti akan menemukan banyak kesalahan. Keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin ini saat menyusun dokumen, harus dapat meminimalkan kesalahan ketik karena dapat menyebabkan masalah serius.

5. Memahami Teknologi

Siapa bilang staf admin tidak harus paham teknologi? Padahal tugas sehari-harinya sangat erat kaitannya dengan penggunaan teknologi. Dari entri data hingga penjadwalan rapat tim hingga pembuatan laporan manajemen kerja, semuanya membutuhkan dukungan teknologi.

Oleh karena itu, seorang staf admin harus melek teknologi dan siap mengikuti perkembangan terkini. Selain itu, software Microsoft Office seperti Word, Excel dan Power Point juga harus dipahami dengan baik.

6. Pemecahan Masalah

Keterampilan pemecahan masalah atau problem solving sama pentingnya bagi seorang pekerja administrasi sebagai keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin.

Ada kalanya masalah di tempat kerja tiba-tiba muncul, misalnya rapat harus ditunda atau dokumen perlu segera direvisi. Jika memiliki keterampilan memecahkan masalah, pasti akan lebih mudah menghadapi kerjaan tersebut.

Saat memecahkan masalah, tidak apa-apa jika Anda membutuhkan bantuan orang lain. Jika tidak mampu menyelesaikannya sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan.

7. Kerja sama

Seorang karyawan administrasi akan sering berinteraksi dengan karyawan dari departemen lain. Mereka adalah orang pertama yang dicari untuk berkoordinasi ketika datang ke pertemuan bersama.

Dengan keterampilan kolaboratif baik ini, karyawan lain secara alami akan merasa lebih nyaman untuk meminta bantuan dokumen administrasi.



8. Menulis

Untuk beberapa perusahaan, kemampuan menulis memenuhi syarat adalah dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin seperti menulis meningkatkan kualitas korespondensi berjalan di suatu perusahaan.

9. Koordinasi Kantor

Koordinasi dilakukan di kantor biasanya telah didukung oleh staf administrasi. Sebagai pekerja administrasi, Anda memastikan bahwa kantor berfungsi tanpa gangguan atau interupsi.

10. Administrasi

Seperti namanya, pekerja administrasi mutlak harus menguasai keterampilan satu ini. Keterampilan administrasi diperlukan untuk manajemen kinerja karyawan di kantor. Misalnya, ketika kantor sedang sibuk menyiapkan sesuatu.

Reference :


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!