Cara menjadi staff administrasi

Cara Menjadi Staff Administrasi yang Perlu Diketahui

Cara menjadi staff administrasi bisa Anda pelajari dengan mudah. Perlu menjadi catatan, bahwa setiap perusahaan terbagi menjadi beberapa kelompok kerja atau biasa disebut dengan divisi yang dibentuk berdasarkan tugas serta tanggung jawabnya masing-masing. 

Cara menjadi administrasi harus menyiapkan mental dan juga fisik, terutama pengetahuan mengenai hal tersebut. Secara etimologi, administrasi mempunyai arti ministrare serta intensif. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa memiliki arti melayani dan memenuhi. 

Secara luas, kegiatan yang dilakukan oleh para administrasi adalah mengarahkan, perencanaan, mengorganisir, dan menyelenggarakan berbagai pekerjaan tertentu. Tentu saja sebelum melakukan beberapa hal tersebut sangat penting untuk memahami segalanya. 

Cara Menjadi Staff Administrasi di Perusahaan

Pada berbagai bidang perusahaan yang berbeda juga membuat divisi yang dibentuk akan berbeda. Maka dari itu, terdapat pembagian divisi seperti keuangan, administrasi, dan HRD. Salah satu yang sangat penting adalah staff administrasi. 

Secara umum, cara menjadi staff administrasi dapat dipelajari oleh siapa saja. Biasanya staff tersebut bertugas untuk mengorganisasi suatu data maupun kegiatan agar dapat tersistem dengan tujuan yang dibuat oleh perusaan maupun instansi tersebut. 

Dalam prosesnya sendiri sangat penting bagi kelangsungan setiap perusahaan. Maka dari itu, Anda dituntut untuk benar-benar memahami hal itu. Jika Anda tertarik dengan bidang tersebut, prospek kerja yang bisa didapatkan sangat luas, karena semua perusahaan membutuhkannya.

Untuk menjadi seorang staff admin, Anda harus memenuhi berbagai kualifikasi tertentu, umumnya perusahaan akan mencari seseorang dengan nilai plus, bukan hanya dilihat dari kecerdasan namun beberapa hal lainnya. Jika berniat maka Anda harus belajar.

1. Memahami Dasar Administrasi Perkantoran

Cara menjadi staff administrasi pertama adalah memahami berbagai dasar administrasi perkantoran. Hal itu mencakup berbagai arsip, SOP komunikasi melalui telpon, pengaturan dokumen dan berbagai hal yang harus dikuasai dalam bidang admin tersebut. 

Perlu menjadi perhatian, terdapat jurusan khusus membahas bidang tersebut. Jika Anda berminat, bisa langsung mengikuti pembelajaran pada jurusan itu. Namun, jika sudah kelewat waktu bisa mengikuti berbagai kursus berbayar yang diselenggarakan online maupun offline. 

Baca juga: Cara Menjadi Admin Sosial Media Handal

2. Lulusan SMA Maupun Sarjana

Syarat dan cara menjadi staff administrasi selanjutnya adalah background pendidikan, untuk Anda yang berminat dengan bidang tersebut tidak perlu khawatir dengan background pendidikan. Sebab, bisa dari berbagai jurusan apa saja dan bisa juga dari lulusan SMA. 

Hal yang paling utama yang bisa menentukan Anda diterima pada bidang dan pekerjaan tersebut adalah kerja dan kemauan untuk belajar, karena jika berasal dari jurusan yang tidak ada sangkut paut dengan admin, maka harus belajar dimulai dari nol, dan hal tersebut membutuhkan waktu. 

3. Mampu Mengoperasikan Komputer

Cara menjadi staff administrasi selanjutnya adalah mampu mengoperasikan komputer. Hal tersebut menjadi basic untuk semua pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Anda bisa melamar sebagai staff admin jika sudah mengetahui dan mengerti semua sistem yang ada di dalam komputer tersebut. 

Umumnya mengoperasikan komputer minimal dapat menjalankan Ms. Office yang di mana didalamnya terdapat Word, Excel, Power Point, dan lainnya. Kemampuan tersebut biasa dijadikan bahan pertimbangan karena merupakan dasar yang harus dikuasai. 



4. Disiplin dan Teratur

Disiplin menjadi syarat kerja bagi banyak orang terutama di bidang tersebut. Anda harus mengetahui cara mengatur waktu serta berbagai dokumen yang menjadi perhatian. D isisi lain, teratur serta terorganisir menjadi faktor penting yang wajib dipahami.

Karena Anda akan diminta mengaturnya. Anda harus mampu untuk membuat berbagai jadwal mobilisasi pekerjaan dengan teliti dan teratur dalam cara menjadi staff administrasi. Hal tersebut akan mendukung pekerjaan berjalan dengan baik. 

Tipe ideal seorang staff adalah perfeksionis. Semua dokumen maupun data akan disimpan dengan baik. Namun perlu dicatat, bahwa setiap perusahaan memiliki kualifikasi yang berbeda sesuai kebijakannya.

Baca juga: Berapa rata rata gaji seorang staff administrasi

5. Mengikuti Kualifikasi

Pengetahuan ini akan sangat membantu Anda dalam merintis karir pada bidang yang diminati. Maka dari itu, sebelum melamar pekerjaan, Anda harus mengetahui kualifikasi, syarat, dan ketentuan apa saja yang dibutuhkan agar bisa bergabung dengan perusahaan tersebut. 

Perlu menjadi perhatian bahwa skill dan keinginan untuk belajar menjadi nilai plus saat akan melamar pekerjaan. Berbagai cara menjadi staff administrasi di atas bisa dipelajari dan dipahami dengan baik. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!