10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

warna CV yang menarik

3 Langkah Mudah Membuat dan Memilih Warna CV yang Menarik

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV adalah memilih warna CV yang menarik. Curriculum vitae atau yang biasa disebut dengan CV merupakan salah satu dokumen penting yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi HRD sebelum memutuskan untuk memilih kandidat.

Dokumen ini ibaratnya adalah pintu gerbang untuk mengantarkan pelamar pekerjaan agar bisa diterima di tempat kerja yang dituju. Apabila CV yang Anda miliki bagus untuk dilihat dan juga dibaca, maka HRD akan melirik informasi yang terdapat pada CV tersebut.

3 Cara Memilih Warna CV yang Menarik

Sangat penting untuk diingat bahwa pelamar harus bisa menarik perhatian HRD melalui CV yang Anda buat. Apabila HRD sudah tertarik dengan CV Anda, maka pihak HRD akan mencari tahu data pelamar dengan cara membaca informasi yang terdapat dalam CV Anda.

1. Jangan Terlalu Banyak Warna

Perpaduan dari beberapa warna ini tentu akan membuat CV Anda menjadi terlihat ramai. Campuran dari beberapa warna yang cerah ini sesuai dengan CV anak-anak. Namun, alangkah baiknya jika Anda mencari pekerjaan untuk tidak menggunakan perpaduan dari beberapa warna tersebut.

Untuk membuat warna CV yang menarik Anda bisa dengan memaksimalkan campuran dari tiga warna. Sebagai contohnya Anda bisa memilih satu warna yang dominan sebagai latar belakang, satu lagi campuran warna untuk tulisan, dan satu warna lagi untuk highlight pada CV Anda.

Atau Anda juga memilih CV dengan satu warna yang bisa Anda ganti dengan warna cerah- gelap atau sebagai warna yang monokrom. Desain warna ini menghasilkan warna yang simpel nan elegan.

2. Menyesuaikan Warna CV Agar Bisa Dibaca

Cara dalam memilih warna pada CV yang kedua adalah dengan menyesuaikan warna CV agar bisa dibaca oleh HRD. Warna tulisan pada CV yang baik adalah warna yang kontras dengan warna latar belakang pada CV Anda.

Apabila warna latar belakang CV Anda adalah hitam, maka Anda bisa memilih warna yang cerah, ataupun sebaliknya. Apapun warna yang Anda pilih pastikan Anda membuat tulisan pada CV Anda tetap dapat dibaca.

3. Jangan Mencampur Warna yang Mencolok

Langkah ketiga dalam memilih warna CV yang menarik selanjutnya adalah dengan tidak mencampurkan warna yang mencolok pada CV Anda. Apabila Anda ingin memilih warna, Anda bisa memilih warna neon.

Terdapat berbagai macam warna cerah yang dapat membuat HRD tertarik dengan CV yang Anda buat. Namun, hendaknya terdapat penyesuaian yang bisa Anda coba supaya warna yang cerah menyala bisa menjadi warna CV yang baik.

Apabila Anda memilih satu warna neon saja, Anda bisa mengkombinasikan dengan warna netral, seperti putih atau gelap sehingga CV Anda menjadi terlihat menarik.

Cara Membuat CV yang Menarik HRD

Setelah mengetahui warna CV yang menarik langkah yang selanjutnya adalah dengan membuat CV Anda agar bisa menarik HRD. Apabila tampilan CV Anda tidak menarik, kecil kemungkinan untuk dilirik oleh pihak HRD.

Baca juga: 7 Tips Membuat CV yang Pasti Lolos Seleksi Perusahaan

1. Terdapat Highlight Cv di Bagian Penting

Semua data yang terdapat dalam CV merupakan informasi penting, namun Anda bisa mempertegas bagian tersebut pada bagian highlight. Sebagai contohnya adalah apabila Anda ingin menekankan bahwa Anda memiliki kemampuan pada suatu bidang atau lulus dengan predikat yang terbaik.

2. Memaksimalkan Satu Halaman

Memiliki banyak pengalaman kerja dan magang memang bagus jika dicantumkan dalam CV, namun apabila Anda mencantumkan seluruhnya yang berujung membuat CV Anda menjadi berlembar-lembar ini sebisa mungkin untuk dihindari.

Anda bisa mencantumkan pengalaman Anda yang penting dan sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Jangan lupa untuk membuat kalimat yang efektif dan efisien. Sehingga HRD bisa mendapatkan seluruh informasi yang Anda berikan.

3. Memilih Desain yang Sederhana dan Penuh Warna

Dalam memilih warna CV yang menarik memang menjadi hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV. Meski demikian Anda tetap bisa berekspresi dengan CV yang Anda buat. Anda bisa memilih beberapa gaya, seperti putih, orange, atau hitam, dan juga putih tulang.

Dengan menggunakan warna yang minimalis tidak selalu menunjukkan kesan yang kaku pada pelamar. Anda bisa memadukannya dengan warna yang tepat lainnya untuk mendapatkan kesan yang lebih elegan dan menarik.

Selain memperhatikan desain dan warna CV yang menarik, hal lainnya adalah dengan memperhatikan gaya tulisan pada CV Anda. pastikan Anda memilih gaya tulisan yang tepat dan juga menghindari typo.

Bagikan Artikel: