10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Ukuran Foto untuk Melamar Kerja yang Wajib Diketahui

Ukuran foto untuk melamar kerja menjadi salah satu persyaratan penting karena sebagian instansi, memang mewajibkan para pelamar kerja untuk mencantumkan gambar pada berkas lamaran yang diajukan.

Foto diri pada berkas lamaran kerja merupakan salah satu aspek yang bisa menampilkan citra diri bagi perekrut, sehingga Anda perlu mengetahui beberapa hal atau tips penting saat menyertakan pas foto.

Melalui foto tersebutlah pertama kali seorang pencari kerja akan diketahui atau dibayangkan oleh para para grup karena foto merupakan gambaran awal dari seseorang sehingga Anda perlu memastikan foto tersebut dalam kondisi yang baik.

Ketentuan Ukuran Foto untuk Melamar Kerja

Secara umum memang tidak ada aturan baku mengenai ukuran atau bentuk foto lamaran  kerja sehingga ketentuan tidak baku ini seringkali membuat para pelamar menjadi terjebak bahkan sering mengirimkan potret kasual.

Bisa saja mengirimkan potret casual namun jika perusahaan yang dilamar merupakan perusahaan yang memang berbasis kasual, akan berbeda jika Anda melamar pada perusahaan yang memiliki kultur pakaian bisnis rapi.

Perlu diketahui bahwa ukuran foto yang optimal direkomendasikan adalah 2 x 3 atau 4 x 6 dengan gambar meliputi bagian kepala hingga dada atau pas foto. Perlu dicatat bahwa terkadang beberapa perusahaan juga mewajibkan foto lamaran  berukuran 3R.

Namun jika perusahaan tidak mencantumkan ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja maka gunakanlah ukuran standar yaitu 2 x 3 atau 4 x 6. Pastikan wajah di dalam foto tampak segar dan cerah karena mencerminkan kondisi pelamar.

Sesuaikan juga pakaian dengan kultur perusahaan tujuan, di mana jika Anda melamar kerja pada perusahaan dengan kultur berpakaian yang sangat rapi maka sebaiknya gunakan kemeja atau blazer.

Gunakan gambar terkini karena hal ini sangat penting untuk mengetahui seperti apa keadaan para pelamarnya. Jangan menggunakan filter berlebihan karena hal tersebut membuat foto terlihat tidak profesional.

Pentingnya Sebuah Foto Saat Melamar Kerja

Selain mengetahui ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja maka Anda juga perlu mengetahui betapa pentingnya sebuah foto saat melamar kerja. Berikut alasan mengapa Anda perlu mencantumkan gambar terbaik saat melamar kerja:

  1. Foto membantu Anda membangun personal branding

Beberapa profesi di industri kreatif misalnya seperti aktor film, model hingga desain grafis memiliki kebebasan untuk menyediakan foto di bagian resume. Hal ini bukan tanpa alasan karena merupakan cara untuk membangun personal branding.

Berbagai riset menyebutkan bahwa foto bisa membangun sebuah kredibilitas dan kepercayaan sehingga ketika Anda melamar kerja baik itu secara online maupun offline cobalah mencantumkan gambar.

Ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja sudah dibahas secara detail di atas sehingga Anda tinggal mengikuti ketentuan yang disediakan oleh perusahaan tempat melamar.

Begitu juga Ketika Anda memasang informasi di linkedin di mana Anda perlu memasang foto agar menunjukkan citra profesional dan konsisten sebagai pencari kerja atau pelamar.

  1. Secara umum orang akan tertarik pada gambar

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyaknya media sosial saat ini membuat konten visual lebih banyak digandrungi dan membuat banyak orang tertarik dibandingkan tulisan karena memang secara umum orang tertarik pada gambar.

Begitu juga dengan HRD atau perekrut yang tentu akan lebih tertarik pada konten visual seperti foto sehingga pakailah foto terbaik Anda ketika akan melamar kerja untuk mendapatkan Perhatian para HRD.

  1. Diutamakan oleh para pencari kerja global dari berbagai negara

Ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja memang penting untuk dilakukan apalagi jika Anda mencari pekerjaan di tempat yang lebih luas atau global. Perekrut di negara Eropa lebih tertarik pada kandidat yang memasang foto pada resume.

Meskipun aturan tersebut tidak sepenuhnya berlaku di Amerika namun pelamar yang menggunakan foto pada CV, membuat para recruiter lebih tertarik dan fokus pada isi CV tersebut.

Lalu Bagaimana jika tidak melampirkan foto saat melamar kerja, tentu Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak profesional dan kurang percaya diri meskipun faktanya penampilan seseorang tidak ada hubungannya dengan kemampuan melakukan pekerjaan.

Yang perlu diingat saat mencantumkan gambar adalah menghindari editan berlebihan, menghindari memakai aksesoris berlebihan dan menggunakan resolusi rendah. Selain ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja, hal tersebut juga perlu diperhatikan.

Bagikan Artikel: