ukuran foto untuk melamar kerja

Ukuran Pas Foto Untuk Melamar Kerja yang Wajib Diketahui

Ukuran pas foto untuk melamar kerja menjadi salah satu persyaratan penting karena sebagian instansi, memang mewajibkan para pelamar kerja untuk mencantumkan gambar pada berkas lamaran yang diajukan. Foto diri pada berkas lamaran kerja merupakan salah satu aspek yang bisa menampilkan citra diri bagi perekrut, sehingga Anda perlu mengetahui beberapa hal atau tips penting saat menyertakan pas foto.

Melalui pas foto tersebutlah pertama kali seorang pencari kerja akan diketahui oleh perekrut karena pas foto merupakan gambaran awal dari seseorang sehingga Anda perlu memastikan foto tersebut dalam kondisi yang baik. Berikut ini ukuran pas foto untuk melamar kerja, yuk simak!!!

Ketentuan Ukuran Pas Foto untuk Melamar Kerja

Secara umum memang tidak ada aturan baku mengenai ukuran atau bentuk foto lamaran  kerja sehingga ketentuan tidak baku ini seringkali membuat para pelamar menjadi terjebak bahkan sering mengirimkan potret kasual.

Bisa saja mengirimkan potret casual namun jika perusahaan yang dilamar merupakan perusahaan yang memang berbasis kasual, akan berbeda jika Anda melamar pada perusahaan yang memiliki kultur pakaian bisnis rapi.

Perlu diketahui bahwa ukuran foto foto paling optimal dan direkomendasikan dalam melamar kerja adalah 2 x 3 atau 4 x 6 dengan gambar meliputi bagian kepala hingga dada atau pas foto. Perlu dicatat bahwa terkadang beberapa perusahaan juga mewajibkan foto lamaran  berukuran 3R.

1. Ukuran Pas Foto 2×3

Ukuran pas foto 2×3 adalah ukuran standar untuk pas foto dalam konteks lamaran kerja di beberapa negara. Pastikan bahwa ukuran pas foto benar-benar 2×3 inci (5×7.5 cm).

Beberapa perangkat pencetak mungkin memiliki pengaturan yang berbeda dalam mengatur ukuran foto. Pastikan Anda telah mengatur ukuran dengan benar sebelum mencetak.

2. Ukuran Pas Foto 4×6

Ukuran pas foto 4×6 adalah ukuran yang lebih umum digunakan dalam beberapa negara untuk berbagai keperluan, termasuk dalam lamaran kerja. Pastikan bahwa foto Anda memiliki ukuran yang sesuai, yaitu 4×6 inci (10×15 cm).

Pastikan bahwa foto yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik dan tajam. Hindari penggunaan foto yang kabur, terlalu gelap, atau terlalu terang.

Baca juga: Tips Dan Contoh Foto Untuk CV Yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Referensi

Pentingnya Pas Foto Saat Melamar Kerja



1. Foto membantu Anda membangun personal branding

Beberapa profesi di industri kreatif misalnya seperti aktor film, model hingga desain grafis memiliki kebebasan untuk menyediakan foto di bagian resume. Hal ini bukan tanpa alasan karena merupakan cara untuk membangun personal branding.

Berbagai riset menyebutkan bahwa foto bisa membangun sebuah kredibilitas dan kepercayaan sehingga ketika Anda melamar kerja baik itu secara online maupun offline cobalah mencantumkan gambar. Menurut Snapshot ada beberapa cara yang bisa bikin foto Anda terlihat lebih profesional.

Ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja sudah dibahas secara detail di atas sehingga Anda tinggal mengikuti ketentuan yang disediakan oleh perusahaan tempat melamar.

Begitu juga Ketika Anda memasang informasi di linkedin di mana Anda perlu memasang foto agar menunjukkan citra profesional dan konsisten sebagai pencari kerja atau pelamar.

2. Secara umum orang akan tertarik pada gambar

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyaknya media sosial saat ini membuat konten visual lebih banyak digandrungi dan membuat banyak orang tertarik dibandingkan tulisan karena memang secara umum orang tertarik pada gambar.

Begitu juga dengan HRD atau perekrut yang tentu akan lebih tertarik pada konten visual seperti foto sehingga pakailah foto terbaik Anda ketika akan melamar kerja untuk mendapatkan Perhatian para HRD.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

3. Diutamakan oleh para pencari kerja global dari berbagai negara

Ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja memang penting untuk dilakukan apalagi jika Anda mencari pekerjaan di tempat yang lebih luas atau global. Perekrut di negara Eropa lebih tertarik pada kandidat yang memasang foto pada resume.

Meskipun aturan tersebut tidak sepenuhnya berlaku di Amerika namun pelamar yang menggunakan foto pada CV, membuat para recruiter lebih tertarik dan fokus pada isi CV tersebut.

Lalu Bagaimana jika tidak melampirkan foto saat melamar kerja, tentu Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak profesional dan kurang percaya diri meskipun faktanya penampilan seseorang tidak ada hubungannya dengan kemampuan melakukan pekerjaan.

Yang perlu diingat saat mencantumkan gambar adalah menghindari editan berlebihan, menghindari memakai aksesoris berlebihan dan menggunakan resolusi rendah. Selain ketentuan ukuran foto untuk melamar kerja, hal tersebut juga perlu diperhatikan.

Baca Juga : Cara Menyisipkan Foto di CV yang Mudah Dipraktikkan

Tips Mengambil Pas foto Untuk Lamaran Kerja

1. Pilih Latar Belakang yang Bersih dan Netral

Gunakan latar belakang putih atau abu-abu yang bersih dan tidak mengalihkan perhatian dari wajah Anda. Pastikan pas foto Anda sesuai dengan kebutuhan lamaran kerja yang Anda ajukan.



2. Pencahayaan yang Baik

Pastikan pencahayaan cukup cerah dan merata. Hindari bayangan yang mengganggu di wajah Anda. Hindari bayangan yang mengganggu di wajah Anda, seperti bayangan yang dihasilkan oleh cahaya yang datang dari satu sisi.

3. Kualitas Kamera yang Baik

Gunakan kamera berkualitas baik, baik itu kamera DSLR, smartphone dengan kamera berkualitas, atau perangkat lain yang menghasilkan gambar tajam.

4. Jaga Keseimbangan Warna

Pastikan warna kulit Anda terlihat alami dan sesuai dengan penampilan Anda sehari-hari. Hindari pencahayaan yang membuat kulit Anda terlihat terlalu pucat atau terlalu merah.

5. Tampilan Wajah

Pastikan wajah Anda terlihat jelas dan fokus. Hindari rambut atau pakaian yang menghalangi wajah Anda.

6. Pakaian yang Tepat

Kenakan pakaian yang sesuai dengan konteks pekerjaan yang Anda lamar. Jika lamaran kerja bersifat formal, kenakan pakaian formal. Pakaian harus bersih, rapi, dan sesuai dengan perusahaan yang Anda lamar.

7. Tampak Muka Penuh

Pastikan pas foto menampilkan sebagian besar bagian atas tubuh Anda, termasuk kepala dan bahu. Pas foto yang terlalu zoom in hanya pada wajah dapat membuat kesan tidak lengkap.

8. Ekspresi Wajah yang Netral

Usahakan memiliki ekspresi wajah yang netral dan profesional. Hindari ekspresi yang terlalu ceria atau terlalu serius. Tujuan utama adalah menampilkan diri Anda sebagai calon karyawan yang dapat dipercaya dan profesional.

9. Tidak ada Aksesori Berlebihan

Hindari mengenakan aksesori yang mencolok seperti topi, kacamata hitam, atau perhiasan yang berlebihan. Aksesori yang sederhana dan netral lebih baik.

10. Panduan Komposis

 Letakkan wajah Anda di tengah-tengah frame dengan ruang sedikit di atas kepala dan sedikit di bawah bahu. Ini membantu menciptakan komposisi yang seimbang.

11. Perhatikan Sudut dan Kedekatan

Pastikan kepala dan bahu Anda sejajar dengan frame. Jika menggunakan bingkai penuh, perhatikan agar kepala dan bahu tidak terpotong. Hindari sudut yang ekstrem yang dapat membuat wajah terlihat tidak proporsional.

12. Gunakan Mode Potret

Jika mengambil dengan smartphone, gunakan mode potret untuk memisahkan wajah Anda dari latar belakang dengan menghasilkan efek bokeh yang mengaburkan latar belakang.

13. Jangan Gunakan Filter Berlebihan

Hindari penggunaan filter berlebihan yang dapat mengubah tampilan asli Anda. Tujuannya adalah agar pas foto mencerminkan penampilan Anda sehari-hari tanpa distorsi.

14. Gunakan Foto Baru

Lebih baik gunakan foto yang relatif baru dan mencerminkan penampilan Anda saat ini. Ini membantu perusahaan melihat penampilan Anda yang paling aktual.

15. Jangan Terlalu Edit

Hindari pengeditan berlebihan yang membuat Anda tidak terlihat alami. Penting untuk mempertahankan penampilan asli Anda dalam pas foto agar mencerminkan diri Anda dengan jujur.

Baca Juga : Cara Menggabungkan 2 Foto Menjadi 1 Tanpa Aplikasi

Hal yang Perlu Dihindari dalam Pas Foto Lamaran Kerja

1. Hindari Penggunaan Foto selfie

Sebagus apapun foto yang diambil melalui smartphone, Anda harus tetap menghindari penggunaan foto selfie saat mengirim lamaran kerja. Foto selfie akan memberikan kesan tidak profesional. Anda juga akan dinilai kurang baik oleh recruiter karena first impression melalui foto selfie tersebut. Untuk itu, Daripada lamaranmu ditolak, lebih baik mulai persiapkan foto profesional ya.

2. Jangan Menggunakan Foto Yang Di Zoom

Jangan pernah berfikir untuk memasukan foto dengan ukuran asli yang kecil yang diperbesar dengan alasan tidak ada foto lain yang pas. Dengan alasan tersebut foto yang akan tampil di CV anda akan terlihat tidak profesional karena terlihat blur.

3. Jangan Edit Foto Berlebihan

Jangan mengedit foto yang berlebihan dalam lamaran kerja, Terlebih lagi jika Anda berfikir untuk menambahkan filter. Penggunaan filter akan membuat lamaran kerja anda terlihat tidak profesional dan akan membuat lamaran kerja anda memiliki peluang dilewati begitu saja oleh recruiter.

4. Blur atau pecah

Hal lain nya yang mesti dihindari dalam penggunaan foto untuk lamaran kerja adalah menggunakan foto dengan resolusi rendah. Resolusi rendah akan membuat foto Anda terlihat pecah atau blur. Apalagi jika kamu mencetaknya dalam bentuk pas foto. Pastikan resolusi dan ukuran foto yang digunakan telah cukup baik dan terlihat jelas.

Reference:

https://snapshot.canon-asia.com/id/article/indo/10-tips-to-turn-your-photographs-professional


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!