cara menyisipkan foto di CV

Cara Menyisipkan Foto di CV yang Mudah Dipraktikkan

Ada beberapa cara menyisipkan foto di CV yang perlu diketahui para pelamar kerja. CV merupakan salah satu persyaratan dokumen yang harus disiapkan ketika Anda akan melamar kerja. Dilansir dari Indeed, CV sangat penting dalam proses seleksi. CV merupakan ringkasan singkat tentang keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi utama seseorang. Berikut ini cara menyisipkan foto di CV, yuk simak!!!

Cara Menyisipkan Foto di CV Lewat Word

1. Siapkan foto yang ingin Anda sisipkan di dalam CV

Sebelum membahas cara menyisipkan foto di CV, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan fotonya terlebih dahulu. Siapkan foto formal, menggunakan kemeja yang sopan, sesuai ketentuan bila memang ditentukan.

2. Buka CV Anda di word

Bila Anda membuat CV di word, cara pertama buka CV yang telah Anda buat. Lalu tentukan posisi di mana foto Anda akan disisipkan, bisa dibagian kiri atas atau kanan atas.

Namun umumnya, bila membuat CV di Microsoft Word, foto diletakkan di bagian kanan atas. Agar foto nantinya bisa lurus, Anda bisa buat kotak foto terlebih dahulu. 

Klik insert lalu pilih shapes, pilih gambar kotak. Jika sudah, tarik garis di word hingga membentuk kotak. Tujuannya agar foto nantinya bisa pas, namun bila tidak menggunakannya, juga tidak masalah.

3. Pilih foto yang akan disisipkan

Cara menyisipkan foto di CV berikutnya, Anda tinggal pilih saja foto yang ingin disisipkan dalam CV Anda. Caranya klik insert, pilih pictures, kemudian pilih foto yang sebelumnya telah Anda siapkan.

Bila sudah memilih foto, klik insert, nanti di dalam word foto akan muncul dalam ukuran cukup besar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, kita dapat mengaturnya sesuai ukuran yang diinginkan.



4. Atur foto yang telah dipilih

Cara menyisipkan foto di CV selanjutnya, Anda tinggal atur foto yang sudah dipilih tadi. Caranya kecilkan ukuran foto, lalu klik kanan pada foto, pilih warp text.

Kemudian pilih in fornt of text atau behind text. Lalu letakkan foto tersebut di kanan atas dan atur posisinya. Sesuaikan ukuran foto tersebut dengan cara pilih format, pilih menu size.

Kemudian klik tanda panah bawah (format autoshape). Lalu uncheck list pada bagian lock aspect ratio dan relative to orginal picture size. Setelah itu klik oke.

Lalu Anda tinggal tentukan saja height dan juga widthnya. Bila perusahaan tersebut meminta ukuran foto 4×3, Anda tinggal isi angka 4 di kolom height dan angka 3 di kolom width.

Baca juga: Aplikasi di Smarphone untuk membuat CV dengan mudah

Cara Menyisipkan Foto di CV Lewat Canva

1. Buka Akun Canva

Jika Anda belum memiliki akun Canva, Anda perlu mendaftar atau masuk ke akun Canva Anda.

2. Pilih Template CV

 Setelah masuk, cari “CV” di bar pencarian Canva untuk menemukan berbagai template CV yang tersedia. Pilih template yang sesuai dengan gaya dan desain yang Anda inginkan.

3. Buka Template

 Klik pada template CV yang Anda pilih untuk membukanya dalam editor Canva.



4. Tambahkan Bagian Foto

Pilih bagian di CV tempat Anda ingin menyisipkan foto Anda. Biasanya, ini berada di bagian atas CV, di sebelah kiri atau kanan informasi kontak atau ringkasan pribadi.

5. Tambahkan Foto Anda

 Di bagian yang telah Anda pilih, klik “Elemen” di panel sebelah kiri Canva. Kemudian, klik “Foto” dan unggah foto Anda dari komputer Anda. Anda juga dapat mencari gambar di perpustakaan gambar Canva jika Anda ingin menggunakan gambar atau ikon yang sudah ada.

6. Edit Ukuran dan Posisi

 Setelah foto Anda diunggah, Anda dapat mengganti ukuran dan posisinya sesuai keinginan. Anda dapat mengklik dan seret foto untuk memindahkannya atau mengklik sudut kotak berputar di sekitar foto untuk memutarnya. Pastikan foto Anda tidak terlalu besar sehingga tidak mendominasi CV Anda.

7. Simpan CV 

 Setelah Anda selesai menyisipkan foto dan melakukan perubahan lain yang diperlukan, klik tombol “Unduh” di sudut kanan atas editor Canva untuk menyimpan CV Anda dalam format yang dapat Anda kirimkan atau cetak.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.