10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menyisipkan foto di CV

Cara Menyisipkan Foto di CV yang Mudah Dipraktikkan

Ada beberapa cara menyisipkan foto di CV yang perlu diketahui para pelamar kerja. CV atau Curiculum Vitae merupakan salah satu persyaratan dokumen yang harus disiapkan ketika Anda akan melamar kerja.

CV atau daftar riwayat hidup ini berisi data diri Anda, mulai dari nama, alamat, pendidikan kemampuan dan lain sebagainya. Di dalam CV, biasanya para pelamar akan menambahkan foto mereka.

Namun itu semua tergantung pelamar, ingin menambahkan foto atau tidak. Bagi Anda yang ingin menambahkan foto di CVnya, Anda tidak perlu bingung sebab caranya sangat mudah.

Baca juga: Tips memilih foto untuk CV agar dilirik recruiter

Cara Menyisipkan Foto di CV

Menambahkan foto pada CV sebenarnya tidak wajib, Anda bisa menambahkannya bisa juga tidak. Di bawah ini beberapa cara menambahkan foto pada CV, antara lain sebagai berikut :

1. Siapkan foto yang ingin Anda sisipkan di dalam CV

Sebelum membahas cara menyisipkan foto di CV, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan fotonya terlebih dahulu. Siapkan foto formal, menggunakan kemeja yang sopan, sesuai ketentuan bila memang ditentukan.

2. Buka CV Anda di word

Bila Anda membuat CV di word, cara pertama buka CV yang telah Anda buat. Lalu tentukan posisi di mana foto Anda akan disisipkan, bisa dibagian kiri atas atau kanan atas.

Namun umumnya, bila membuat CV di Microsoft Word, foto diletakkan di bagian kanan atas. Agar foto nantinya bisa lurus, Anda bisa buat kotak foto terlebih dahulu. 

Klik insert lalu pilih shapes, pilih gambar kotak. Jika sudah, tarik garis di word hingga membentuk kotak. Tujuannya agar foto nantinya bisa pas, namun bila tidak menggunakannya, juga tidak masalah.

3. Pilih foto yang akan disisipkan

Cara menyisipkan foto di CV berikutnya, Anda tinggal pilih saja foto yang ingin disisipkan dalam CV Anda. Caranya klik insert, pilih pictures, kemudian pilih foto yang sebelumnya telah Anda siapkan.

Bila sudah memilih foto, klik insert, nanti di dalam word foto akan muncul dalam ukuran cukup besar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, kita dapat mengaturnya sesuai ukuran yang diinginkan.

4. Atur foto yang telah dipilih

Cara menyisipkan foto di CV selanjutnya, Anda tinggal atur foto yang sudah dipilih tadi. Caranya kecilkan ukuran foto, lalu klik kanan pada foto, pilih warp text.

Kemudian pilih in fornt of text atau behind text. Lalu letakkan foto tersebut di kanan atas dan atur posisinya. Sesuaikan ukuran foto tersebut dengan cara pilih format, pilih menu size.

Kemudian klik tanda panah bawah (format autoshape). Lalu uncheck list pada bagian lock aspect ratio dan relative to orginal picture size. Setelah itu klik oke.

Lalu Anda tinggal tentukan saja height dan juga widthnya. Bila perusahaan tersebut meminta ukuran foto 4×3, Anda tinggal isi angka 4 di kolom height dan angka 3 di kolom width.

Baca juga: Aplikasi di Smarphone untuk membuat CV dengan mudah

Cara Lain untuk Menyisipkan Foto 

Bagi Anda yang menggunakan canva untuk membuat CV, ada pula cara menyisipkan foto di CV menggunakan canva. Caranya bisa dibilang lebih mudah dibandingkan di word.

Pertama sama seperti pada word, pastinya Anda perlu menyiapkan foto yang akan disisipkan terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi canva atau buka canva lewat web browser.

Lalu buka CV yang sebelumnya sudah Anda buat. Klik gambar foto yang ada di sana, lalu pada pilihan menu sebelah kiri pilih upload, lalu pilih upload your own images.

Setelah itu Anda tinggal pilih saja foto yang ingin Anda sisipkan di dalam CV. Bila sudah, atur posisi foto agar ukurannya pas. 

Selain Canva, Anda juga dapat membuat CV menggunakan aplikasi lain. Antara lain seperti Resume Builder App Free CV Maker & PDF Templates, resume maker dan sebagainya.

Cara membuat CV atau curriculum vitae di beberapa aplikasi tersebut juga sangat mudah. Sebab di beberapa aplikasi tersebut biasanya sudah disediakan berbagai macam template dan design yang dapat dipilih.

Jadi bagi Anda para pelamar kerja yang ingin menambahkan foto di dalam CVnya, kini tidak perlu bingung lagi. Karena sudah ada beberapa cara menyisipkan foto di CV yang mudah dipraktikkan.

Bagikan Artikel: