Tujuan magang

Mengetahui Tujuan Magang Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Mengapa perlu mengetahui tujuan magang, apakah hal tersebut penting? Istilah tersebut pastinya sudah sangat familiar di telinga orang-orang, khususnya mahasiswa atau para pencari kerja. 

Biasanya seseorang yang baru menyelesaikan studinya akan lebih memilih magang terlebih dahulu, gunanya agar memiliki pengalaman kerja sebelum terjun langsung. Namun, terkadang magang juga menjadi salah satu persyaratan di perguruan tinggi untuk mendapatkan gelar.

Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui apa saja tujuan magang. Kebanyakan perusahaan juga akan melakukan program intensif terlebih dahulu sebelum merekrut pegawainya secara resmi.

Lebih Memahami Apa Itu Magang (Internship)

Dikenal juga dengan nama internsip atau latihan kerja, kegiatan tersebut merupakan salah satu syarat utama dalam proses pendidikan yang biasanya harus diselesaikan oleh mahasiswa tingkat akhir. Sebelum mengerjakan skripsi, mahasiswa juga harus menyelesaikan program magangnya.

Selain menyelesaikan berbagai mata kuliah, intership juga merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Kegiatan ini merupakan program yang penting dan menuntut siswa untuk terjun langsung ke bidang studi yang relevan.

Sebelum membahas tentang tujuan magang lebih jauh lagi, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu tentang pengertiannya. Internship ini merupakan program belajar dan praktek langsung bekerja di suatu perusahaan. 

Durasi magangnya akan ditentukan berdasarkan satuan kredit semester (SKS) dari mata kuliah masing-masing program studi di universitas. Selama masa internship tersebut mahasiswa akan diberikan tugas dan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai orientasi selama studi.

Namun, ada juga beberapa universitas atau program sarjana yang tidak memasukkan magang sebagai mata kuliah. Selain dilakukan oleh mahasiswa, program tersebut biasanya juga dilakukan oleh siswa SMK yang telah mencapai tingkat akhir.

Apa Saja Tujuan Magang?

Selain menjadi modal untuk mahasiswa untuk mempersiapkan diri menuju dunia kerja, nyatanya program internship ini masih memiliki banyak tujuan. Berikut ini beberapa tujuan magang yang perlu Anda ketahui:

  1. Menempatkan pengetahuan ke dalam pekerjaan

Selama menjalankan studi, Anda akan memperoleh banyak sekali pengetahuan teoretis. Namun tentu saja pengetahuan dalam bentuk teori saja tidak akan cukup jika tidak langsung dipraktekkan. 

Maka dari itu, dengan adanya program internship merupakan cara paling tepat untuk mengaplikasikan ilmu berupa teori tersebut menjadi kegiatan kerja nyata. Pada dasarnya memang tujuannya untuk mempersiapkan mahasiswa ke dunia kerja.

  1. Dapat meningkatkan Hard skill

Program internship juga juga bermanfaat untuk dapat mempelajari berbagai keterampilan dan pengetahuan di dunia kerja, yang tentunya tidak diajarkan di perguruan tinggi. Kegiatan ini dapat dicapai melalui pelatihan.

Setelah itu, dapat dipraktikkan di bawah pengawasan karyawan atau bahkan manajer. Cara tersebut sangat efektif untuk mengembangkan hard skill dan nantinya akan sangat berguna saat mulai bekerja.

  1. Dapat mempelajari dan menambah Soft skill

Adanya program ini juga akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dapat mempelajari dan menambah soft skill. Misalnya saja dari cara berkomunikasi, negosiasi dan manajemen waktu. Semua hal tersebut dapat dipelajari di tempat internship.

  1. Memfasilitasi karir fresh graduate

Program internship ini bisa menjadi batu loncatan Anda dalam mencari pekerjaan. Pasalnya pengalaman saat melakukan latihan kerja bisa Anda masukkan dalam CV untuk menjadi nilai tambah nantinya. 

Dengan memiliki pengalaman latihan kerja, maka perusahaan tempat Anda melamar akan mempertimbangkannya. Apalagi jika yang dicari perusahaan tersebut sangat cocok dengan latar belakang pendidikan Anda.

Baca juga: Fungsi kartu kuning untuk pekerja

Sebagaimana telah diketahui bahwa kegiatan satu ini sudah banyak dilakukan bahkan sejak di bangku sekolah. Dengan kata lain, internship ini berlaku pada segala tingkatan meskipun jenis pekerjaannya berbeda-beda.

Bahkan, ada beberapa perusahaan mewajibkan calon karyawannya melakukan program internship terlebih dahulu. Ha tersebut bertujuan agar para karyawan benar-benar sudah siap saat mulai bekerja, tentunya dengan banyak pengetahuan yang diperoleh saat internship.

Namun, terkadang ada orang yang tidak bisa menyelesaikan masa tersebut dan memilih berhenti. Selain itu, ada juga yang harus diberhentikan karena ternyata tidak bisa beradaptasi meskipun sudah diberikan banyak waktu.

Saat seseorang telah menyelesaikan masa studinya, terutama di bangku perkuliahan, tentunya akan mencari pekerjaan. Sebagai seorang lulusan baru maka tentu saja masih butuh waktu untuk beradaptasi. Maka dari sinilah tujuan magang Anda akan terlihat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!