10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tugas dan tanggung jawab cleaning service

Ketahui Tugas dan Tanggung Jawab Cleaning Service

Mengetahui tugas dan tanggung jawab cleaning service sebelum bekerja pada bidang ini. Tentunya bisa membuat Anda lebih memahami apa saja yang perlu dilakukan seorang petugas kebersihan di perusahaan atau lembaga.

Cleaning service sendiri merupakan sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan kebersihan pelanggan. Serta di dalamnya, menjaga lingkungan tetap bersih. Dimana dalam pekerjaan tersebut kebersihan menjadi hal paling utama.

Untuk membuka menciptakan hal tersebut, ada sistem yang membuka jasa untuk segala kebutuhan tersebut. Sebut saja sekolah, gedung perkantoran, perusahaan, serta lainnya.

Membuat pengguna jasa ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu, penyedia jasa kebersihan ini juga memberikan kenyamanan pada pelanggan.

Melalui kebersihan luar dan dalam, maintenance gedung, serta beberapa detail lainnya. Untuk lebih jelasnya kami akan bahas tugas dan tanggung jawab cleaning service dalam artikel ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Cleaning Service

Adapun dari tugas serta tanggung jawab, harus diemban seorang Cleaning service tentunya berhubungan dengan kebersihan. Berikut ini kami bahas untuk Anda.

1. Memelihara Bagian Dalam Gedung

Tugas dan tanggung jawab cleaning service yang pertama, adalah menjaga serta memelihara bagaian dalam dari gedung atau bangunan. Karena untuk memulai mewujudkan kebersihan di seluruh kebersihan lingkungan adalah kebersihan bangunan di bagaian dalam.

Dalam hal ini terkait bagian tangga, ruangan, kaca serta bagaian lainnya. Pada setiap ruangan memerlukan kebersihan serta perawatan yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk secara detailnya, Anda harus menyapu, mengepel, serta membersihkan seluruh bagian secara menyeluruh. Sehingga mampu menghasilkan rasa nyaman juga bersih di seluruh ruangan.

2. Bersihkan Bagian Luar

Tugas dan tanggung jawab cleaning service lainnya, juga harus membersihkan bagaian luar gedung. Di dalamnya termasuk tiang atap, bagian pintu serta lainnya untuk dibersihkan secara menyeluruh dan baik oleh Cleaning service.

Jadi tidak hanya bagian dalam perlu diperhatikan, tapi juga bagian luar. Itulah mengapa bagian luar juga penting untuk dibersihkan secara menyeluruh.

Kebanyakan perusahaan, perumahan, gedung tertentu membutuhkan jasa kebersihan agar penampilan luar dan dalam bisa terlihat dengan resik juga enak dilihat.

3. Pemeliharaan Lantai

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah memprioritaskan lantai gedung tetap bersih secara menyeluruh.

Agar kebersihan lantai terjaga, bisa menggunakan pel-an, sapu, vacum cleaner, atau menggunakan alat kebersihan lainnya. Sehinga petugas bisa membersihkan lantai dengan baik secara detail.

Dengan begitu tampilan gedung bisa terlihat resik serta bersih. Jadi ketika Anda menjadi seorang cleaning service harus membersihkan lantai dengan baik. Supaya hasil kerja bisa terlihat maksimal.

4. Jaga Kebersihan Toilet

Sudut yang harus mendapatkan perhatian lebih adalah toilet atau kamar mandi gedung. Karena ini merupakan area penting dalam sebuah gedung, dan harus bersih serta terlihat nyaman.

Pasalnya toilet merupakan sarangnya bakteri berbahaya bagi tubuh. Maka itu harus dibersihkan serta memastikannya tetap nyaman juga wangi. Apalagi jika toilet tersebut berada di area umum tampilan ini sangat penting untuk dijaga. 

5. Menjaga Kebersihan Dekorasi

Selain menjaga bagian luar, dalam, lantai, serta memastikan toilet tetap bersih. Anda juga harus menjaga kebersihan dekorasi di kantor atau sebuah gedung. Misalnya menjaga kebersihan sofa, lemari, meja serta barang-barang lainnya.

Hal ini sesuai dengan prinsip seorang cleaning service, harus teliti. Jadi harus memerhatikan setiap sudut dengan baik serta menjaganya agar tetap bersih. Supaya ruangan tetap terlihat indah dengan perawatan tersebut.

Anda bisa menggunakan lap untuk membersihkan debu pada meja, atau lemari. Kemudian menggunakan kemoceng menghilangkan kotoran ditempat-tempat sulit dijangkau. 

6. Merawat Tanaman

Tugas dan tanggung jawab cleaning service selanjutnya, perlu menjaga atau merawat tanaman di dalam gedung. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kerapihan serta keindahan bangunan tersebut.

Anda juga dapat menyarankan untuk menambahkan tanaman tertentu, agar ruangan bisa terlihat lebih indah atau sedap dipandang.

Dapat disimpulkan menjadi seorang cleaning service, bertugas untuk menjaga kebersihan dengan baik. Baik itu dalam ruangan, luar ruangan, memerhatikan kebersihan dekorasi, menjaga tanaman serta kebersihan lainnya.

Dengan mengetahui tugas dan tanggung jawab dari cleaning service berarti Anda sudah siap bekerja. Serta siap mempraktekkan semuanya tugas dan tanggung jawab cleaning service di atas.

Bagikan Artikel: