10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tugas dan kewajiban pemadam kebakaran

Tugas dan Kewajiban Pemadam Kebakaran di Indonesia

Tugas dan kewajiban pemadam kebakaran adalah hal yang belum diketahui oleh khalayak umum. Ketika terdengar kata pemadam kebakaran, yang terngiang di kepala adalah pemadam api.

Ternyata tugas yang dari seorang pemadam kebakaran bukan hanya itu. Terbukti dengan latihan yang sering dilakukan, ternyata bukan hanya latihan pemadaman. Melainkan melingkupi banyak aspek.

Menjadi seorang anggota pemadam kebakaran adalah sebuah kebanggaan. Selain akan berstatus ASN, ini juga merupakan pekerjaan yang mulia karena tugas yang diberikan tidak lepas dari menolong orang lain.

Untuk Kita yang melihat dari sudut pandang eksternal, menjadi petugas pemadam kebakaran adalah pekerjaan yang merepotkan diri sendiri. Namun bagi mereka mengerjakan tugas dan kewajiban pemadam kebakaran adalah sebuah kebanggaan.

Tugas dan Kewajiban Pemadam Kebakaran di Indonesia

Menjadi seorang petugas pemadam kebakaran bukan hal yang mudah. Tidak semua orang mampu untuk mengerjakan pekerjaan satu ini. Ada banyak sekali resiko dan tantangan yang harus dilalui.

Untuk Anda yang belum mengetahui apa tugas dan kewajiban pemadam kebakaran. Berikut penjelasan singkatnya.

  1. Tugas Pemadam Kebakaran

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tugas pemadam kebakaran tidak hanya sebatas memadamkan api. Ada banyak hal yang Mereka kerjakan, misalnya seperti di bawah ini:

  • Pencegah kebakaran

Pencegahan kebakaran merupakan salah satu tugas dan kewajiban pemadam kebakaran. Pencegahan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan secara sistematis dari tingkat keluruhan sampai tingkat RT.

Hal ini bertujuan agar informasi yang diberikan tersebar secara merata. Biasanya dalam sebuah penyuluhan akan dijelaskan mulai dari penyebab terjadinya kebakaran hingga yang harus dilakukan pertama kali ketika kebakaran terjadi.

Cara penyuluhan ini dirasa sangat efektif untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Mengingat banyak masyarakat yang masih awam terhadap bencana kebakaran. Bahkan masih banyak yang tidak tahu berapa call center pemadam kebakaran.

  • Pemadam kebakaran

Sepertinya ini memadamkan kebakaran adalah tugas inti dari pemadam kebakaran. Ketika pemadam berlangsung petugas pemadam kebakaran biasanya memberikan edukasi dan motivasi kepada korban dan masyarakat sekitar.

Karena ditakutkan akan timbul rasa traumatik khususnya pada korban. Maka dari itu petugas pemadam kebakaran akan memberikan motivasi untuk menenangkan korban.

  • Pemberdayaan masyarakat

Pemberdayaan masyarakat adalah tugas dan kewajiban pemadam kebakaran. Berdaya yang dimaksud ialah memiliki kemampuan dan pemahaman seputar kebakaran. Hal ini biasanya masuk dalam program penyuluhan pencegahan.

Namun selalu ada saja hal unik yang dilaporkan masyarakat pada pihak pemadam kebakaran. Misalnya, susah mencabut cincin, handphone masuk gorong-gorong dan masih banyak yang lainnya. 

  • Evakuasi korban 

Mungkin Anda sering melihat ketika terjadi bencana atau kecelakaan disitu terlihat ada petugas pemadam kebakaran. Jangan aneh, karena itu merupakan bagian dari tugas dan kewajiban pemadam kebakaran.

Oleh karena itu menjadi seorang petugas pemadam kebakaran bukan suatu hal yang mudah. Karena Mereka harus mempunyai banyak keahlian untuk menghadapi kejadian dilapangan.

  1. Kewajiban Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran sendiri memiliki beberapa kewajiban yang perlu dipenuhi. Berikut beberapa kewajiban tersebut.

  • Bertanggungjawab

Seorang petugas pemadam kebakaran wajib memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi dalam bertugas. Apa yang menjadi laporan dari masyarakat harus segera dengan sigap di atasi. Tidak pandang buluh dan membeda-bedakan tugas.

Orang yang memiliki rasa tanggungjawab tinggi akan totalitas dalam setiap mengerjakan tugas. Karena ini juga merupakan tugas dan kewajiban pemadam kebakaran.

  • Memiliki keahlian di bidangnya

Pemadam kebakaran adalah profesi yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Ini juga bukan profesi yang bisa dilakukan secara otodidak. Ini adalah profesi yang menuntut setiap anggotanya memiliki keahlian.

Mulai dari memadamkan api, evakuasi bencana bahkan hingga cara menggunakan gergaji mesin harus dikuasai. Dan semua itu bisa karena dilatih. Bukan otodidak atau terpaksa mencoba karena diperintah oleh atasan.

  • Memiliki keberanian 

Keberanian adalah suatu kewajiban yang harus dimiliki petugas pemadam kebakaran. Karena tugas yang dihadapi akan selalu berbahaya. Mulai dari ketinggian hingga masuk dalam kobaran api yang menyala itu semua memerlukan keberaniaan tinggi.

Menjadi seorang petugas pemadam kebakaran bukanlah hal yang mudah, karena amanah berat melekat sebagai bentuk dari tugas dan kewajiban pemadam kebakaran.

Bagikan Artikel: